Resep Mie Sagu Riau dan Sambal Ikan Duo Palu – Pangan Lokal untuk Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Mie Sagu Selatpanjang Riau dan Sambal Ikan Duo Palu, merupakan contoh masakan hasil olahan pangan lokal negeri kita. Selain itu, tentu banyak sekali pangan khas Indonesia yang bergizi tinggi, tanpa pengawet, tanpa pemanis buatan, serta tanpa pewarna buatan. Mari kita jadikan pangan lokal yang sehat, sebagai gaya hidup yang lebih sehat. Yuk ikutan tantangan #MasakPanganLokal bersama Panen Raya Nusantara. Mari simak infonya ya...

Resep Sambal Ikan Duo Palu
Mie Sagu Selatpanjang Riau dan Sambal Ikan Duo Palu

Apa kabar, teman-teman?

Saya suka banget makan mie, entah mie siap santap maupun memasak sendiri. Bagi saya keduanya sama-sama menyenangkan. Kalau mie siap santap, jadi tinggal makan aja. Sedangkan memasak sendiri, saya jadi bisa membuat aneka olahan mie yang kadang jarang ada yang jual, haha...


Di Indonesia ini juga ada beberapa kuliner khas daerah yang menggunakan olahan mie. Mulai dari Mie Aceh, Mie Goreng Jawa, saya pun pernah memasak mie lidi yang waktu itu oleh-oleh dari Medan.

Di Selatpanjang Riau juga ada kuliner yang menggunakan olahan mie. Uniknya, mie-nya ini dibikinnya dari tepung sagu. Di Riau, tepatnya di Sungai Tohor merupakan sebuah desa penghasil sagu. Areal kebun sagu yang luasnya mencapai 2.650 Ha ini dikelola oleh masyarakat lokal. Wow, luas banget ya...

Lalu di daerah Selatpanjang, mie sagu merupakan salah satu kuliner yang udah ada sejak zaman nenek moyang, hingga sampai sekarang pun tetap eksis. Yang khas dari Mie Sagu Selatpanjang Riau ini adalah mie-nya juga menggunakan campuran toge. Lalu makannya pakai ikan bilis dan irisan daun kucai.

Mie Sagu Selatpanjang Riau yang saya masak ini menggunakan campuran telur dan bakso. Bahan-bahan lainnya serta bumbunya juga gampang didapat kok. Begitupun dengan memasaknya yang cukup praktis.

Parara.id
Mie Sagu Basah
Oh ya, saya menggunakan mie sagu basah, yang bisa dibeli di akun instagram @parara.id Karena mie sagu basah, jadi ini cukup disiram air aja, lalu tiriskan. Nanti masaknya kan pakai air juga, biar mie sagu dan togenya matang. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat Mie Sagu Selatpanjang Riau dengan campuran telur dan bakso:

300 gram mie sagu
200 gram toge
2 butir telur

5 butir bakso, iris
1 batang daun bawang, iris
3 – 5 sdm kecap manis

200 ml air (+_ 1 gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe merah

2 sdm ebi
Secukupnya garam


Pelengkap:

Secukupnya ikan bilis, goreng dengan api pelan
Secukupnya daun kucai, iris halus


Lalu ini ya cara memasak Mie Sagu Selatpanjang Riau dengan campuran telur dan bakso:

Siram mie sagu basah dengan air biasa, diamkan sebentar, lalu tiriskan.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling dan daun bawang hingga harum.

Masukkan air, kecap, dan telur. Didihkan sembari diaduk.

Masukkan mie sagu, toge, dan bakso. Masak dengan api pelan hingga kuahnya habis.

Sajikan dengan ikan bilis dan irisan daun kucai.

Cara memasak mie sagu Selatpanjang Riau
Mie Sagu Selatpanjang Riau
Mie sagu ini rasanya lebih kenyal dan bikin kenyang juga, haha... Sagu memang terkenal sebagai pangan pengganti nasi yang rendah kalori. Jadi sagu juga bisa untuk menjaga kestabilan gula darah, menurunkan berat badan, maupun untuk menjaga berat badan biar tetap ideal.


Dari Riau Sumatera, lanjut kita berjalan ke Pulau Sulawesi, tepatnya ke Palu. Kalau ngomongin Palu kenapa ingetnya AA Pasha Ungu yak, hahah...

Sebagai penyuka makanan pedas, saya juga senang nyobain sambal khas Indonesia. Salah satu yang cukup unik bagi saya adalah Sambal Ikan Duo, yang merupakan kuliner khas Palu, Sulawesi Tengah.

Parara.id
Ikan Duo atau Ikan Penja Mandar, Sulawesi Barat
Ikan duo atau yang juga dikenal dengan sebutan ikan seribu, berasal dari perairan Mandar, Sulawesi Barat. Kalau masyarakat Mandar menyebutnya ikan penja. Ikan penja ini muncul di akhir bulan aja, yaitu sekitar tanggal 28 s/d 31 berbarengan dengan orang gajian. Makanya, sama nelayan di sana, ikan penja ini dikeringkan, biar bisa terjual setiap waktu.

Ikan duo atau ikan penja ini sekilas mirip teri Medan ya. Cuma ikan duo ini lebih gendut, nggak gepeng macam ikan teri. Makanya disebutnya pun ikan seribu, bukan ikan teri.

Di Palu, Sulawesi Tengah, ikan duo ini dijadikan kuliner Sambal Ikan Duo. Ikan duo yang rasanya asin ini digoreng hingga garing, lalu dicampurkan dengan sambal. Bahan sambal serta cara memasaknya pun cukup gampang. Yuk kita siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat Sambal Ikan Duo Khas Palu:

50 gram ikan duo / +_ 1 genggam
1 buah tomat, iris
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

15 buah cabe merah / 10 cabe merah + 5 cabe rawit
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih


Lalu ini ya cara memasak Sambal Ikan Duo Khas Palu:

Karena bagi saya ikan duo ini nggak terlalu asin, jadi cukup saya cuci 2 kali aja. Nggak perlu rendam air garam untuk mengurangi rasa asinnya.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan duo dengan api pelan hingga kuning keemasan, atau udah garing. Angkat.

Gunakan sedikit minyak (bekas ikannya nggak apa-apa), tumis gilingan cabe dan jeruk nipis hingga matang / warnanya terlihat agak oranye.

Masukkan tomat, tumis hingga layu.

Matikan kompor, lalu masukkan ikan duo, kemudian aduk merata.

Sambal ikan penja
Sambal Ikan Duo Khas Palu
Karena ikan duo ini asin, jadi saya nggak menggunakan garam lagi. Untuk saya rasanya udah pas. Teman-teman nanti dicobain dulu ya, mungkin masih perlu tambahan garam lagi.

Walaupun ikannya cilik-cilik gini, tapi dimakannya juga berasa kok, dengan rasa gurih dan asin yang pas. Oh ya, ikan duo atau ikan penja ini juga bisa dibeli di akun instagramnya @parara.id ya.

Menjadikan Pangan Lokal Sebagai Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Kuliner negara luar yang terus berdatangan ke negeri ini, tentu nggak ada salahnya untuk kita cicipi. Selain enak, ya untuk memperkaya wawasan kita juga. Tapi jangan sampai kuliner khas Indonesia yang berasal dari pangan lokal, lantas terlupakan.

Bagi yang lagi menjalani program diet, untuk menjaga barat badan yang ideal, serta mungkin untuk alasan kesehatan, biasanya akan mengurangi makan nasi. Pangan lokal pengganti nasi, kayak sagu, singkong, dan lainnya juga bisa menjadi pilihan.

Parara.id
Rebung Kering
Begitupun dengan pemanis, penyedap, maupun pewarna yang alami, juga bisa didapat dari pangan lokal. Biar kita bisa menikmati kuliner yang beragam dan tetap sehat. Bahkan beberapa pangan lokal juga ada yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, disamping memiliki gizi yang beragam.

Saat ini, pangan lokal juga makin mudah didapat. Bahkan dari pekarangan rumah pun juga bisa, kalau rumahnya memang punya pekarangan dan rajin tanam-tanam ya. Apalah saya yang rumahnya nggak punya pekarangan. Jadilah cuma tanam-tanam di sh**** tanam, hahahah...

Parara.id
Mie Sagu Kering
Pangan lokal di suatu daerah biasanya akan menciptakan kuliner yang khas di daerah itu. Kuliner Indonesia bisa mendunia, tentu harus dimulai dari kita yang senang menyantap kuliner daerah.

Bagi teman-teman yang senang memasak kuliner Indonesia dari pangan lokal, yuk kita ikutan tantangan #MasakPanganLokal

Tantangan #MasakPanganLokal
Infonya bisa disimak ya di akun instagramnya @PanenRayaNusantara @ntfpepIndonesia dan @Parara.id

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan khas Indonesia dari pangan lokal ya, dan jangan lupa ikutan lombanya...


Pendukung Materi:

http://mismaanas.blogspot.com/2017/07/makanan-tradisional-mandar-penja.html
https://www.youtube.com/watch?v=uPFAxg5QG-0
https://lestariweb.com/Indonesia/MieSaguGoreng.php
https://carabuatresep.blogspot.com/2018/09/cara-membuat-duo-sale-sambal-teri-khas-palu.html



4 comments:

  1. Salfok sama ikan duo, baru tahu juga ini dari Mandar dan uniknya hanya muncul diakhir bulan wkwk persis ya seperti waktu gajian miss :p

    ReplyDelete
  2. Baca mie sagu, akutu lgs keinget tekstur papeda yg kenyal2 mba. Blm prnh coba sih mie sagu. Pgn jg beli trus masak pake resep ini :D. Tapi ga doyan kucai, ganti daun bawang enak juga kali yaaa.

    Eh td aku sempet kebaca, ga perlu rendam air garam untuk ngurangin asinnya. Baru tau, kalo utk ngurangin asin dari ikan begini ato ikan asin, direndam air garam ya? Aku mikirnya malah tambah asin g mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak usah dipakai aja mba daun kucainya :D

      Oh iya, untuk mengurangi rasa asin di ikan asin memang dikasih air, garam, dan didiamkan sebentar. Abis itu dicuci lagi dg air biasa. Entah kenapa asin ketemu asin malah jadi berkurang ya rasa asinnya, haha...

      Delete
  3. Wah, jadi kepengen bikin mie sagu juga kayak Nita nih. Ada ga sih di supermarket2? Kayaknya resepnya sederhana dan gampang bikinnya. Itu teri sekilas emang mirip kayak teri medan ya ternnyata bukan hihihihi. Pangan tradisional mesti dilestarikan. Jadi kapan aku diundang makan di rumhamu? :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P