Resep Mie Aceh Telur Bakso

Cara memasak mie Aceh dengan campuran telur dan bakso.

Cara memasak mie aceh telur bakso
Mie Aceh Telur Bakso
Apa kabar, teman-teman?

Rasanya, pertama kali saya tau tentang mie Aceh itu pas diajak teman untuk makan di sebuah warung tenda dekat rumah. Wangi bumbu kari begitu menguar, ketika si bapak mengaduk. Lalu ada beberapa sayatan tipis daging sapi yang dicampurkan, kemudian dimasukkan toge dan mie.

Nggak lama kemudian, sepiring mie Aceh pesanan kami pun siap disajikan, dengan irisan acar bawang merah, timun, dan emping di sekeliling. Nggak lupa taburan bawang goreng di tengahnya.

Mie goreng dengan rasa bumbu kari yang begitu terasa, begitu dulu awalnya mengenali mie Aceh ini. Sejak itu saya jadi suka dengan masakan berbumbu kari, asalkan tetap light alias sedikit aja.

Karena memang doyan menyantap mie Aceh, dulu saya sempat kepingin memasaknya sendiri. Tapi dulu ada yang bilang kalau masak mie Aceh itu susah, pake bumbu kari, haha... Memang, dulu untuk kita belajar memasak maupun beli bahan-bahannya, nggak semudah sekarang. Kalau sekarang, resep masakan bertabur di ranah google dan sosial media, termasuk di nitalanaf.com ini, ehcieee...

Begitupun dengan bahan-bahan makanannya. Mau bahan makanan impor sekalipun, tinggal ceki-ceki di aplikasi belanja online, ada aja yang jual.

Pas lagi kepikiran mau masak mie Aceh lagi, saya pun mendapati resep di Endeus. Oh ya, sebelumnya saya nyoba resep di portal kuliner lain yang biasa saya tengok-tengok resep masakan di sana juga, tapi rasanya kok ya kurang pas. Akhirnya pas resep di Endeus ini, dengan beberapa bahan yang jumlahnya ada yang diubah – untuk menyesuaikan selera aja, baru deh rasanya bisa dibilang cukup pas.

Mie Aceh, biasanya dimasak dari mie kuning dengan campuran daging sapi, daging kambing, maupun seafood. Ada mie Aceh yang disajikan dengan kepiting yang gede banget, wow. Nah kali ini, saya mau bikin mie Aceh yang murah meriah aja, hehe... Yaitu dengan campuran bakso dan telur. Selain murah meriah, bahannya juga bisa didapat di warung ibu sayur dekat rumah ya. Mie yang saya gunakan juga mie telur aja. Jadi kita gunakan bahan-bahan yang ada aja ya...


Cara membuat Mie Aceh Telur Bakso, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 bungkus mie telur
Secukupnya air untuk merebus mie
1 genggam toge, cuci, tiriskan

1 batang daun bawang, iris
1 sdt bumbu kari
½ sdt jinten

3 sdm kecap
5 – 10 butir bakso, iris
2 butir telur

100 gram air (+_ ½ gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya (diblender aja):

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe merah

4 siung kemiri
1 buah tomat merah
Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasak Mie Aceh Telur Bakso:

Rebus mie hingga matang, tiriskan, lalu aduk dengan kecap.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, bumbu kari, jinten, dan daun bawang hingga harum.

Masukkan telur, orak-arik.

Masukkan air, bakso, dan toge.

Togenya udah menjelang matang, masukkan mie, lalu aduk merata.

Cara membuat mie aceh telur bakso
Mie Aceh Telur Bakso
Ini karena lagi nggak ada emping, jadi saya pakai kerupuk udang aja, dan acarnya juga pakai timun aja, karena saya nggak suka acar bawang merah, hehe... Rasanya nggak begitu pedas kok. Nanti bisa ditambah aja ya cabenya, kalau pingin pedas. Bisa juga ditambahkan 1 sdt lada.

Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya.

Mampir juga ya di resep olahan mie saya lainnya...

2 comments:

  1. Pas di Aceh dulu, bisa dibilang ini makanan fav keluarga :). Aku paling suka mie Aceh yg nyemek mba, ga terlalu banyak kuah. Tp jujur di Aceh aja susah nyari mie Aceh yg bnr2 enak. Ini tipe makanan yg kliatan gampang, tp eksekusinya ga semudah itu hahahaha. Jd ga banyak toko mie Aceh yg aku suka di sana.

    Di JKT juga cm beberapa doang yg mie Aceh ya menurutku otentik kayak di Aceh :D. Mau bikin sendiri, rasanya aku LBH milih beli mba. Ga yakin bakal sukses kalo aku yg masak hihihihi

    ReplyDelete
  2. eh minggu lalu liat food blogger makan mie aceh sama daging kambinya yg masih anget
    dih ngiler
    tapi sama telur bakso ini juga enak deh
    khasnya emang kecapnya lumayan banyak ya mbak

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P