Resep Udang Kentang Sambal Mangga

Cara membuat goreng udang dan kentang dengan campuran sambal mangga.

Cara memasak sambal mangga udang kentang
Udang Kental Sambal Mangga

Apa kabar, teman-teman?

Siapa yang kalau beli mangga, trus ketika dikupas, eh malah asemmm... Emang gondokin banget ya, haha... Lagi pingin menikmati potongan mangga atau mau bikin jus mangga, elalahh mangganya malah ternyata nggak semanis yang dibayangkan, seperti mulut dia pada awalnya...


Karena memang penyuka masakan dari mangga muda yang asem banget, jadinya kalau pas beli mangga trus dapetnya malah yang asem, langsung aja disiapkan untuk masakan. Entah dibikin gulai mangga campur ikan, asem-asem mangga, maupun sambal mangga.

Salah satu sambal mangga yang senang saya buat adalah sambal mangga yang dicampurkan dengan goreng udang dan kentang. Kalau biasanya ini merupakan sambelan biasa, dicampurkan dengan mangga muda pastinya tambah maknyuss... Ada rasa pedas, asam, serta gurih yang bikin makan jadi makin semangat.

Kalau pas ke warung sayur dan lagi ada mangga muda yang asam, biasanya memang selalu saya beli. Entah untuk dimasak langsung, besoknya, atau malah kadang lupa, haha... Karena di warung ibu sayur kan nggak selalu ada, jadi pas ada ya udah langsung dibeli aja.

Bahan-bahan dan cara memasaknya cukup gampil juga kok, macam sambelan biasa aja.

Cara membuat udang kentang sambal mangga, ini dia yang perlu disiapkan:

250 gram udang
125 gram / 2 kentang ukuran besar
1 buah mangga muda

1 iris jahe
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
3 lembar daun salam

1 batang serai, geprek
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak udang kentang sambal mangga:

Cuci udang hingga bersih, lalu aduk dengan sedikit garam.

Kupas kentang, potong-potong, lalu aduk dengan sedikit garam.

Kupas buah mangga, lalu iris memanjang.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kentang hingga kuning keemasan. Gunakan api sedang.

Lanjut goreng udang hingga kuning keemasan. Gunakan api sedang.

Gunakan sedikit minyak goreng, bekas goreng kentang dan udangnya nggak apa-apa. Lalu tumis bumbu giling, jahe, lengkuas, daun salam, dan serai hingga cabenya matang atau berwarna agak oranye.

Masukkan udang kentang, dan mangga, lalu aduk hingga merata.

Rekomendasi sambal mangga
Udang Kentang Sambal Mangga
Ini rasanya nggak begitu pedas, karena cabenya cuma cabe merah aja. Kalau mau yang lebih pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit aja ya.

Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep masakan udang saya lainnya...

2 comments:

  1. Uuhh.. liat sambel mangganya aja udah ngerasa kecut-kecut seger gimanaa gituu.. haha..

    ReplyDelete
  2. Sambel mangga yg prnh aku coba itu pas makan bebek di salah satu restoran. Sambelnya itu irisan mangga . Awalnya sempet underestimate kirain bakal kayak gimana. Ternyataaaaa, enaaaaakkkk banget dan cocooook dicocolin ke bebek. Memang ga pedes, tp asam seger dr mangga, sedikit pedes, jd kombinasi pas banget sih :D.

    Sejak itu aku suka sambel mangga mba. Kayaknya memang LBH enak kalo ga terlalu pedes. Krn sambel mangga yg bikin enak ya Krn asem segernya itu, bukan pedesnya :D.

    Dicampur Ama udang dan kentang kayaknya LBH enak yaaa ;(

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P