Resep Tongseng Daging Sapi Tanpa Santan

 Cara memasak tongseng daging sapi tanpa santan.

cara memasak tongseng daging sapi tanpa santan
Tongseng Daging Sapi Tanpa Santan

Apa kabar, teman-teman?


Sama kayak Idul Fitri kemarin, pada moment Idul Adha di tahun ini pun, di masjid daerah rumah masih belum mengadakan sholat Eid. Nggak cuma itu, kalau biasa setelah sholat Eid, diadakan pemotongan hewan kurban, kali ini semua hewan kurbannya cukup dititipkan pada peternakan, hingga pemotongan pun dilakukan di sana aja. Dikantong-kantongin oleh panitia masjid yang pergi ke sana, baru deh dibawa lagi ke depan masjid untuk didistribusikan pada ketua RT.


Agak ribet memang, tapi ya karena corona belum juga beranjak dari negeri ini, masjid dekat rumah ya terpaksa melakukan pemotongan hewan kurbannya kayak gini. Ada juga di masjid lainnya yang tetap mengadakan pemotongan, ini pun nggak seramai biasanya dan yang menonton pun harus pakai masker, plus nggak boleh berkerumun.


Hingga pada akhirnya, daging kurban pun dibagikan. Kalau teman-teman pada dimasak apa dagingnya kemarin? Karena ada kantongan daging sapi juga, jadi saya masak aja dengan bumbu tongseng tanpa santan.


Tongseng - dari infonya yang saya dapat di Wikipedia – merupakan kuliner khas Solo, Magelang, dan sekitarnya. Lalu ada juga tongseng daging suwir yang merupakan kuliner dari Kebumen.


Tongseng bisa menggunakan daging sapi, daging ayam, maupun daging kambing. Selain itu, adanya irisan kol dan juga tomat, bikin tongseng jadi tambah mantap untuk dihajar bersama nasi yang buanyaggg...


Tongseng daging sapi yang saya masak kali ini, nggak menggunakan santan. Kalau teman-teman mau pakai santan, bisa ditambahkan 1 bungkus Kara yang segitiga aja. Tanpa santan gini rasanya jadi lebih segar aja sih. Yuk kita siapkan bahan-bahannya:


Cara membuat tongseng daging sapi tanpa santan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


500 gram daging sapi

1 liter air, bagi 2

¼ - ½ kol, iris tipis

 


1 buah tomat merah, belah empat lalu iris

1 batang daun bawang, iris

5 buah cabe rawit merah, belah dua

 


1 batang serai, geprek

2 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk

 


1 ruas ibu jari lengkuas

1 sdt gula

1 - 2 sdm kecap manis

Secukupnya minyak goreng

 


Bumbu gilingnya:


8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

½ ruas ibu jari kunyit

 


½ ruas ibu jari jahe

½ sdt lada

1 sdt ketumbar

 


4 butir kemiri

Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasak tongseng daging sapi tanpa santan:


Rebus daging sapi dengan 500 gram air. Gunakan api pelan, rebus hingga airnya menyusut sembari dibuang busanya. Tiriskan, potong-potong.


Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling bersama daun bawang, cabe rawit merah, serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis hingga harum.


Masukkan sisa air dan kecap manis, lalu didihkan. Kalau air kaldu untuk merebus daging masih kelihatan bening, gabungin aja.


Masukkan daging sapi, lalu masak hingga empuk. Gunakan api pelan aja dan ditutup ya.


Menjelang matang, masukkan gula.


Matikan kompor, masukkan kol dan tomat, lalu aduk dan diamkan sebentar sembari ditutup biar kolnya empuk. Kecuali kolnya mau dimakan mentahan aja juga enak ini.


Cara membuat tongseng daging sapi tanpa santan
Tongseng Daging Sapi Tanpa Santan

Ini rasanya nggak pedas, karena cabenya cuma “hiasan” aja. Kalau teman-teman senang tongseng yang lebih pedas, cabenya bisa digiling sekalian aja.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama bagi yang penyuka daging sapi.


Mampir juga ya di resep olahan daging sapi saya lainnya...

1 comment:

  1. Pas idul adha itu aku jg msk tongseng mbaaaa ;). Lagi kangen aja, keinget Ama tongseng solo. Cuma kmrn aku bikin pake santan dan pedeeees hahahaha. Walopun cabe yg gendut2nya ttp ada diceburin, biar makin mantep :D.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P