Nyobain Ayam Masak Hitam ala Mandeh Restoran Padang Gading Serpong

Rekomendasi kuliner Minang dari Lantai Dasar Hotel JHL Solitaire – Gading Serpong.

Mandeh
Mandeh - Restoran Padang di Gading Serpong


Apa kabar, teman-teman?


Kala itu seorang teman nanya di akun facebook-nya, apa sih kuliner enak dari kampung halaman teman-teman. Saya pun nggak mau ketinggalan untuk ikut komen, “Lu diri aja di depan kedai nasi Padang. Berjejerlah kuliner Minang yang menggugah hati untuk dicobain semuanya, haha...”


Iyess... Sebagai orang Minang, tentunya saya bangga ketika kuliner dari kampung halaman kami bisa diterima di lidah dan hati masyarakat Indonesia. Terlebih lagi dengan rendang, yang bahkan CNN pun mengakui bahwa rendang merupakan kuliner terlezat.


Sebagai orang Minang yang kebetulan juga tinggal dengan almarhumah nenek, tentunya saya udah familiar banget dengan masakan Padang. Lalu pada tayangan kuliner di sebuah stasiun TV, saya pun melihat sebuah kuliner Minang yang cukup unik – yaitu ayam masak hitam. Wowww... ternyata ada ya semacam gulai ayam tapi warnanya hitam macam rawon gitu.


Karena bukan kuliner dari kampung kami di Pariaman, jadinya saya pingin banget suatu saat nanti bisa nyobain ayam masak hitam ini. Hingga akhirnya keinginan itu pun dipertemukan dengan signature menu-nya Mandeh - Restoran Padang, yaitu Nasi Ayam Masak Hitam. Horeyyy... pokoknya penasaran banget dengan ini masakan. Saking penasarannya, motretnya jadi nggak sabar pingin makan, haha...

 


Nasi Ayam Masak Hitam ala Mandeh – Restoran Padang


Mandeh
Nasi Ayam Masak Hitam Mandeh - Restoran Padang

Ayam masak hitam juga biasa disebut dengan gulai ayam galundi. Ini merupakan kuliner dari Kampung Sulit Air, Solok, Sumatera Barat. Kalau tadinya pikir saya, warna hitamnya itu berasal dari kluwek, ternyata dari buah galundi. Biji buah galundinya ini dipanaskan dalam sebuah periuk tanah liat. Kalau udah gosong, nanti ditumbuk sampai halus. Baru deh bisa digunakan untuk campuran gulai ayamnya.


Ayam masak hitam ini biasa selalu ada di tiap acara besar, misalnya pertemuan keluarga, hari raya, atau acara pernikahan.


Pada Paket Tambo ala Mandeh – Restoran Padang, Nasi Ayam Masak Hitam merupakan salah satu signature menu-nya. Dalam 1 paket menu yang dibungkus dalam sebuah besek cantik, isinya ada nasi yang dibungkus dengan daun pisang, ayam masak hitam, telur balado merah, sambalado hijau, daun singkong, serta kuah gulai ayam. Itu daun singkongnya saya campurkan dengan kuah gulai ya, biar makin maknyusss...


Rasanya gimana? Ayam masak hitam ini ternyata rasanya macam kalio ayam – kalio ini semacam rendang basah, tapi tetap ada rasa khasnya dari bumbu khususnya ini. Pokoknya ayam masak hitam ini buat saya rasanya unik banget, haha...


Ayam masak hitam ala Mandeh – Restoran Padang ini rasanya nggak pedas dan ayamnya juga empuk, karena kalau yang saya nonton di TV itu, proses memasaknya cukup lama biar bumbunya meresap dan makin enak.

 


Nasi Rendang ala Mandeh – Restoran Padang


Mandeh
Nasi Rendang Mandeh - Restoran Padang

Sebagai makanan yang udah mendunia, bikin rendang jadi bertaburan di seluruh Indonesia. Nggak cuma di restoran atau kedai nasi Padang aja, rendang ala warteg dan kedai nasi lainnya pun juga nggak kalah banyaknya.


Dari sisi rasa, biasanya disesuaikan dengan selera masyarakatnya. Terkadang rendang yang kami jumpai itu adalah kalio – yang kuahnya masih mengental, berminyak, dan warnanya pun cokelat muda. Adapula rendang yang terasa gurih agak manis, karena ditambah gula.


Proses memasak rendang memang melewati 3 tahap, yaitu gulai – kalio – hingga menjadi rendang yang bumbunya udah kering dan warnanya jadi cokelat kehitaman. Lalu dari sisi rasa pun juga terasa pedas, khas masakan Padang lainnya.


Pas nyobain paket Nasi Rendang ala Mandeh – Restoran Padang, rasanya kayak rendang yang “otentik”. Sepotong rendang daging sapi yang warnanya cokelat kehitaman – karena bumbunya udah kering dan nggak ada minyak lagi, empuk, dan pedasnya terasa tapi kelewat pedas kok, jadi tetap enak menikmatinya.


Kalau untuk isi menu lainnya sih sama ya dengan paket Nasi Ayam Masak Hitam.

 


Kalau teman-teman mau nyobain Paket Tambo dengan menu lainnya, cuss tengok foto di bawah ini aja yaaa...


Mandeh
Paket Tambo Mandeh - Restoran Padang

 

Sambalado Hijau ala Mandeh – Restoran Padang


Mandeh
Sambalado Hijau Mandeh - Restoran Padang

Siapa yang kalau jajan nasi Padang selalu minta ditambahin sambelnya? Haha... iyess, baik sambalado merah maupun hijau, keduanya memang enak banget. Terlebih sambalado hijau yang nggak semua orang bisa bikin, dengan rasa yang sama.


Selain menyajikan menu kuliner Minang, Mandeh juga menyediakan sambalado merah dan hijau botolan. Disimpan dalam botol kaca, pas dicobain ini sambal memang fresh banget. Kalau untuk rasanya sih, karena yang saya cobain ini sambal hijau, pedasnya terasa tapi nggak over. Sambalado hijau memang pedasnya biasanya di bawah sambalado merah ya. Sehabis dimakan, jangan lupa disimpan di dalam kulkas aja biar lebih awet.


Mandeh – Restoran Padang Asli


Bertempat di Lantai Dasar Hotel JHL Solitaire Gading Serpong, di sinilah Mandeh memanjakan para pecinta kuliner Minang yang senang dengan cita rasa Padang asli. Karena sekarang lagi pandemi, jadi bagi kita-kita yang mengharuskan di rumah aja, juga bisa tetap bisa menikmati kuliner Minang dari Mandeh – Restoran Padang.


Menu enak-enak yang saya cobain di atas itu diantar langsung sama crew Mandeh-nya, wowww... Biar steril masakannya tetap terjaga. Oh ya, pas saya keluarin isi shopping bag-nya, juga ada catatan nama 3 Chef yang lengkap dengan laporan cek suhunya. Pokoknya mulai dari proses memasak hingga pengantaran, protokol kesehatannya sangat terjaga, muantappp...


Kalau teman-teman juga mau order nasi Padang dengan rasa yang otentik, cuss kepoin Uni atau Uda Admin IG-nya aja ya di @MandehPadangAsli

 


Yeayyy... Ini kurang lebih cerita saya yang abis nyobain 2 menu Paket Tambo dan Sambalado Hijau ala Mandeh – Restoran Padang ya. Kuliner Minang dengan cita rasa Padang asli. Yang bisa jadi pengobat rindu kulineran di kampung halaman, sekaligus mungkin bisa menambah wawasan kuliner kita-kita juga, karena ada menu kuliner Minang yang unik pula. Tentunya dengan selezat masakan Mandeh alias Ibu.


Makasih banyak ya udah mampir...

 


Mandeh – Cita Rasa Padang Asli

Lantai Dasar Hotel JHL Solitaire

Gading Serpong

 


Buka setiap hari: 10 pagi – 10 malam

4 comments:

  1. Duuuh mbaaaaa, liat ayamnya yg hitam legam itu aku pengeeeen :D. Orang kalo ga tau mungkin dikira gosong yaaa :p.

    Blm prnh coba nih yg ayam hitam. Tapi ini lokasinya jauuuuuh amaaaat wkwkwkkwk. Eh tapi JHL Solitaire itu aku prnh mau staycation di sana, tp batal Krn anak2 LBH milih hotel lain. Kyknya hrs aku jadikan nginep di sanaaaa hahahahah. Sekalian bis mampir ke Mandeh :D.

    Masakan Padang sih ga ada matinya memang. Aku slalu sukaaaa, tp aku LBH doyan dendeng balado ato paru mba, drpd rendang ;) . Ato ayam pop hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paket Nasi Dendeng Batokok-nya juga ada nih, Mba, hihi... Iya kalau pas sekalian staycation mantep ini ya :D

      Delete
  2. Menunya bikin ngiler Mbak.
    Kalo saya penasaran ama ayam masak hitam itu, di sini belum pernah ketemu.

    ReplyDelete
  3. Hahaha bener banget. Berdiri di depan resto padang bikin menggila utk makan. Ini ayam masak hitamnya menggoda banget pengen nyobain. Kalau masak sepertinya blm sanggup hahaha.. rendang aja cuma batas kalio. Ga sampe jadi rendang dah habis.. xixixi. Btw, galindo tuh kek gimana bentuknya ya? Baru denger. Cari ah di google.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P