Pentingnya Bagi Perempuan untuk Memahami Tanda-Tanda Kehamilan

Ciri-ciri hamil yang harus diketahui oleh perempuan, terutama bagi yang baru menikah atau belum pernah menjalani kehamilan sebelumnya.

Apa kabar, teman-teman?


Bagi orang-orang yang udah menikah dan memutuskan untuk nggak menunda kehadiran anak, kehamilan merupakan salah satu hal yang dinanti ya. Calon anak pertama yang sehat, tentu menjadi harapan bagi para calon orang tua. Makanya, penting banget bagi para calon ayah dan ibu untuk memahami tanda-tanda kehamilan. Khususnya bagi para calon ibu, karena pada tubuh perempuan lah calon generasi penerus itu bertumbuh kembang.


Bagi perempuan yang siklus haidnya selalu lancar, mungkin bisa cepat memahami tanda-tanda kehamilan ini. Jadi ketika haid kok rasanya udah meleset beberapa hari, bisa langsung melakukan periksa kehamilan.


Nah kalau perempuan yang siklus haidnya kadang nggak lancar ini, bisa agak susah juga untuk mengenali tanda-tanda kehamilan. Karena saking terbiasanya dengan jadwal haid yang lebih awal atau mundur, dan emang enggak kenapa-napa.


Kalau menurut saya, ini dia beberapa alasan, kenapa penting banget bagi perempuan untuk memahami tanda-tanda kehamilan. Apa ajaaa...

 


Pola Makan


Kita semua tentu udah belajar, kalau nutrisi untuk anak-anak itu dimulai sejak mereka masih di dalam kandungan. Kalau calon ibu memang udah terbiasa dengan pola makan gizi seimbang, tentu nggak masalah. Nah terkadang ada perempuan yang pola makannya kurang terjaga. Jadi dengan memahami tanda-tanda kehamilan ini, calon ibu bisa langsung menerapkan pola makan dengan gizi seimbang untuk ibu hamil.


Selain pola makan dengan gizi seimbang untuk ibu hamil, ada juga beberapa makanan yang memang cukup berbahaya kalau dikonsumsi oleh perempuan yang lagi hamil muda. Ketika tanda-tanda kehamilan udah dipahami, calon ibu bisa langsung menyetop apa aja makanan dan minuman yang dilarang ketika awal-awal kehamilan.

 


Aktifitas yang Cukup Berat


Ada banyak sekali perempuan yang senang melakukan aktifitas fisik yang cukup berat. Sementara ada beberapa aktifitas fisik juga, yang cukup membahayakan bagi perempuan yang lagi menjalankan awal-awal kehamilan. Jadi kalau perempuan udah memahami tanda-tanda kehamilan, calon ibu bisa menghentikan dulu sementara hobi atau kegiatan tersebut.


Begitupun dengan olah raga. Ada beberapa perempuan yang senang dengan olah raga yang cukup berat juga. Dengan memahami tanda-tanda kehamilan, calon ibu bisa menukar dulu olah raga yang lebih ringan dan aman untuk kehamilan awal.

 


Persiapan Mental dan Dukungan Orang-Orang Terdekat


Namanya juga baru pertama kali, tentu ada banyak hal yang mesti dipersiapkan oleh calon ibu. Termasuk persiapan mental. Ketika perempuan udah memahami tanda-tanda kehamilan, calon ibu jadi bisa mulai untuk mempersiapkan mentalnya dalam menghadapi kehamilan pada bulan-bulan berikutnya, hingga melahirkan dan masa menyusui nanti.


Karena baru pertama kali juga, dukungan dari orang-orang terdekat tentu sangat diharapkan, biar calon ibu merasa nyaman dan bahagia dalam menjalani kehamilan awalnya. Dengan memahami tanda-tanda kehamilan, calon ibu bisa mulai berdiskusi dengan pasangan.  

 


Mengenali Tanda-Tanda Kehamilan Melalui Halodoc


Lalu sekarang gimana sih ciri-ciri hamil atau tanda-tanda kehamilan itu? Untuk mendapatkan info tentang tanda-tanda kehamilan, para calon ayah dan ibu bisa sama-sama belajar dari artikelnya Halodoc aja. Kalau memang ciri-ciri tersebut ada pada diri calon ibu, kan jadi bisa cepat memeriksakan ke dokter atau bidan.


Oh ya, teman-teman tentunya udah tau ya dengan Halodoc – sebuah aplikasi kesehatan yang cukup lengkap. Mulai dari berdiskusi dengan dokter, cari dokter, beli obat, semua bisa dilakukan secara online. Bahkan untuk tes Covid 19 pun juga bisa.


Tim medis dari Halodoc tentunya orang-orang yang memang hebat di bidangnya. Dulu murid saya dapat tugas untuk menonton wawancara tentang Covid 19 di sebuah stasiun TV, narasumbernya juga dari Halodoc.


Selain artikel tentang kehamilan, artikel kesehatan lainnya juga nggak kalah banyaknya. Saya pun kalau belajar tentang gizi seimbang serta nutrisi bahan makanan, lewat baca-baca di web-nya Halodoc.

 


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa ngasih rekomendasi bagi teman-teman yang lagi mempersiapkan kehamilan ya...

No comments: