Resep Perkedel Tahu Bayam

 Cara memasak perkedel tahu yang dicampurkan dengan daun bayam.

Perkedel tahu bayam
Perkedel Tahu Bayam

Apa kabar, teman-teman?


Tempe dan tahu, kalau buat saya, tiap hari kedua makanan ini harus ada secara bergantian. Karena baik tempe maupun tahu merupakan protein nabati yang saya doyan, plus harganya juga cukup terjangkau kan. Kenapa harus ada protein nabati? Biar makannya kenyang dong, haha...


Kemarin itu, karena di akun instagram-nya Royco lagi ada lomba recook salah satu resep masakan yang ada di web-nya Royco Nutrimenu, jadilah saya pilih yang ini aja. Karena saya memang suka banget makan tahu, sayur bayam, plus... gorengan, hehe...

 


Manfaat Mengkonsumsi Tahu


Dibandingkan dengan tempe, tahu memang kalorinya lebih rendah. Begitupun kadar lemak dan karbohidratnya. Tapi tempe kadar proteinnya juga lebih tinggi. Bagi teman-teman yang suka belanja tahu, pastinya udah familiar ya dengan jenis-jenis tahu. Ada yang lembut kayak tahu sutra dan ada juga yang agak padat macam tahu Bandung. Kalau saya pas di pasar, sama ibu penjualnya dijelasin satu-satu, hahahah...


Karena jenisnya yang beda-beda ini, jadi makin padat tahu, kalorinya juga makin tinggi. Dalam 100 gram tahu, terdapat 70 kalori, 2 gram karbo, serta 4 gram lemak. Tinggal bagaimana cara memasaknya, baru deh kalorinya bisa berbeda-beda.


Selain mengandung protein nabati, tahu juga mengandung vitamin dan mineral. Dari yang saya baca juga, ternyata tahu juga bagus banget untuk mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, osteoporosis, diabetes tipe 2, serta baik untuk otak dan elastisitas kulit.

 


Manfaat Mengkonsumsi Bayam


Sayur bayam juga salah satu sayuran favorit saya yang harganya juga cukup terjangkau. Bagi teman-teman yang menerapkan pola Isi Piringku dengan ½ piring sayur + ¼ karbo + ¼ protein, tentu kita harus pintar-pintar memilih sayur dengan harga terjangkau tapi gizinya pun tinggi. Karena porsi sayur yang kita makan cukup banyak ya, haha... Sayur bayam inilah salah satunya.


Sayur bayam memiliki gizi yang beragam, rendah kalori juga, plus kaya serat. Ini juga salah satu sayuran yang dianjurkan untuk orang-orang yang lagi program diet beneran ya, bukan diet besok, haha...


Vitaminnya juga cukup banyak nih, ada vitamin A, C, B Komplek, K, serta E. Makan sayur bayam ini bagus banget untuk mengurangi radang, menguatkan imun, mencegah anemia, menjaga mata biar tetap sehat, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi risiko kanker, serta menjaga kesehatan kulit

 


Ya gitu deh manfaat tahu serta sayur bayam dari yang saya baca di web-nya alodokter. Sekarang kita siapkan yuk bahan-bahannya... Oh ya, karena ini memang resepnya dari Royco, tentunya saya pakai Royco untuk penguat rasa. Misal teman-teman terbiasa menggunakan kaldu dari brand lain atau kaldu non MSG, tinggal disesuaikan aja ya.

 

Perkedel tahu bayam
Perkedel Tahu Bayam


Cara Membuat Perkedel Tahu Bayam, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


300 gram tahu, haluskan (+_ 5 tahu kotak ukuran sedang)

100 gram daun bayam, iris (+_ 2 ikat)

4 sdm terigu

 


1 butir telur, kocok lepas

1,5 sdt Royco kaldu ayam (masukkan 1 sdt dulu ya, trus cobain)

1/3 sdt lada bubuk


 

½ sdt pala bubuk (saya nggak pakai ya)

1 sdm bawang putih goreng, haluskan

1 sdm bawang merah goreng, haluskan

 


1 batang daun seledri, iris halus

Secukupnya minyak goreng

 


Lalu ini ya cara membuat Perkedel Tahu Bayam:


Campurkan semua bahan, kecuali minyak goreng. Lalu bentuk bola. Kalau yang saya bikin itu ditimbang 50 gram, biar semuanya sama, hehe...


Siapkan wajan anti lengket, lalu panaskan minyak goreng. Kalau saya dicampur dengan 1 sdm margarin, biar lebih gurih ya.


Kalau minyaknya udah panas, masukkan adonan, lalu apinya turunkan agak pelan aja, biar dalamnya matang dan nggak cepat hangus.


Goreng hingga kuning keemasan ya, angkat, lalu tiriskan.

 

Perkedel tahu bayam
Perkedel Tahu Bayam


Untuk teman-teman atau anak-anak yang kurang doyan makan sayur, ini saya rekomendasikan ya, karena rasa bayamnya ini jadi nggak begitu berasa kok. Nggak kayak makan sayur, hehe... Dibanding makan gorengan yang full tepung, kan lebih baik makan gorengan yang berprotein, ditambah lagi ada sayurannya.


Ini dicocol saus sambal, jadi makin maknyuss untuk cemilan. Atau untuk dijadikan lauk ya, dimakan dengan sambal goreng.


Oke, ini dia resep simple yang saya recook dari web-nya Royco. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang senang makan gorengan tapi nggak asal gorengan.


Makasih banyak ya udah mampir. Mampir juga ya di resep gorengan saya yang lainnya...


Pendukung materi:

https://www.alodokter.com/manfaat-tahu-dan-resep-sehat-olahannya

https://www.alodokter.com/mengolah-manfaat-bayam-menjadi-hidangan-sehari-hari 

4 comments:

  1. Wah, selama ini nggak kepikiran bikin perkedel tahu dan bayam gini, Mba. Cocok banget ini buat sekeluarga, gampang juga bikinnya ya. Bahannya juga mudah didapet.

    ReplyDelete
  2. mbakk ini keliatan yummy gitu, perkedel campuran tahu dan bayam
    selama ini orang rumah kalau buat hanya dari kentang aja

    ReplyDelete
  3. Waaah resepnya gampaaang.. (gaya banget.. haha) asyik nih dpt resep baru lagi buat Abang yg ga dpyan sayur. Ma kasih, ta. Jadi royconya dicoba dulu ya. Kalau 1sdt aja dah pas ga perlu kayak di resep 1,5sdt. Coba ah nanti

    ReplyDelete
  4. Resep mba Nita itu selalu enaaaak diikutin :D. Gampang dan bahan2nya ga susah.

    Slama ini aku bikin perkedel kentang Mulu, oke juga nih tahu dibikin perkedel pake bayam gini. Anak2 jd ga rewel kalo makan sayur. Trutama si Kaka picky banget. Kalo adiknya mah gampang.

    Tx resepnya mba. Mau aku coba besok hahahaha

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P