Resep Pisang Panggang Kuah Susu dengan Hometown Dairy Fresh Milk

Hometown Dairy – fresh milk atau susu segar dengan rasa yang creamy, tanpa bahan pengawet. Selain enak untuk diminum langsung, Hometown Dairy fresh milk juga enak untuk dijadikan campuran makanan dan minuman favorit kita-kita.

Hometown Dairy fresh milk
Hometown Dairy fresh milk


Apa kabar, teman-teman?


“Nita kok minum susu sih? Emangnya nggak takut gemuk?”


Sebenernya dia mau ngomong tambah gemuk kali ya, haha... Tapi takut miss nita murka :P


Biasanya ini komentar beberapa orang, entah yang kalau datang ke rumah, kulineran atau bepergian bareng, serta yang ngelihat postingan saya di blog maupun instagram, haha...


Ngomong-ngomong, mungkin teman-teman sendiri, terutama yang lagi program diet nih, juga ada yang berpendapat kalau minum susu bakalan bikin gemuk atau tambah gemuk, dan program diet bisa gagal deh. Hemm...

 


Manfaat Minum Susu untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh


Kita-kita tentunya udah tau ya, kalau susu merupakan makanan pertama seseorang ketika lahir. Baik ASI maupun susu formula yang dikhususkan untuk bayi. Jadi manfaat minum susu, bisa untuk membantu tumbuh kembang anak. Sekalipun anak udah beranjak 6 bulan dan mulai mengenal makanan padat, minum susu tetap yang diutamakan.


Susu terkenal kaya akan kalsium, yang tentunya bisa untuk menjaga kesehatan tulang. Kalau anak-anak, kebutuhan kalsium sehari itu mencapai 1.000 mg. Sedangkan orang dewasa mencapai 1.000 – 1.200 mg perhari. Jadi kalsium ini bisa dipenuhi, salah satunya dengan minum susu.


Ternyata bukan cuma wortel aja nih yang membantu kita untuk menjaga kesehatan mata. Tapi susu juga kaya akan vitamin A, yang bagus untuk mata kita, yang hobi banget kepoin akun gosip :P


Minum susu juga membantu kita untuk menjaga kekebalan tubuh, karena susu mengandung vitamin B12.


Dan tentunya, minum susu juga bisa untuk memenuhi kebutuhan protein, untuk meningkatkan kekuatan otot, serta fungsi otak.

 


Dari beberapa manfaat minum susu ini, jadi sayang banget kan kalau kita takut minum susu, cuma karena takut gemuk. Padahal, untuk orang-orang diet pun sangat dianjurkan untuk konsumsi protein yang cukup, yang salah satunya bisa didapat dari minum susu. Biar yang turun itu cukup lemaknya aja, bukan otot yang ikut terbuang. Nanti langsing iya, tapi badan lemes dan sakit-sakitan, karena massa ototnya nggak mencukupi.

 


Pasteurisasi, Benarkah Mengurangi Nutrisi Pada Susu Segar?


Fresh milk atau susu segar biasanya menjadi pilihan banyak orang, termasuk saya juga. Biasanya selain karena praktis tinggal minum, fresh milk dipilih karena tanpa bahan pengawet. Jadi bisa untuk sarapan, santai sore, atau menjelang tidur.


Fresh milk dengan pasteurisasi. Hemm... sebagian orang ada yang bilang kalau susu mentah itu lebih baik daripada susu segar yang udah melalui pasteurisasi, karena nutrisinya nanti bisa berkurang. Bener nggak yaaa...


Pasteurisasi merupakan proses sterilisasi yang tujuannya untuk membunuh kuman, yang dapat mengkontaminasi susu. Caranya dengan memanaskan susu dalam suhu dan durasi tertentu.


Dan ternyata, proses pasteurisasi ini nggak mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada susu. Udah gitu memang lebih disarankan untuk minum fresh milk yang udah melalui  pasteurisasi ya, karena udah aman dari kuman.

 


Hometown Dairy – fresh milk dengan pasteurisasi tanpa bahan pengawet


Hometown Dairy fresh milk
Hometown Dairy fresh milk

Hometown Diary merupakan salah satu susu sapi yang langsung diperah dari ambing atau puting sapi, yang udah melalui pasteurisasi. Begitu yang saya baca infonya.


Selain itu, Hometown Dairy fresh milk ini juga tanpa bahan pengawet dan nggak ada proses penghilangan bahan-bahan dari susunya. Jadi bener-bener Taste Really Good and Fresh!


Yang saya suka dari Hometown Dairy fresh milk ini karena rasanya yang creamy. Jadi nggak perlu saya tambahkan gula lagi, kalau mau minum langsung.


Hometown Dairy fresh milk
Label halal MUI pada Hometown Dairy fresh milk 

Label halal MUI dan izin BPOM-nya ada di bagian bawah depan. Jadi terutama kita-kita yang muslim, udah aman ya untuk mengkonsumsi.


Kalau yang saya punya ini kemasan 1 liter. Kemasan lainnya juga ada yang 2 liter dan 3 liter. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan atau anggota keluarga teman-teman aja, karena memang susu ini bisa dijadikan minuman seluruh anggota keluarga, kecuali bayi ya, hehe...

 


Hometown Dairy Fresh Milk Tahan Berapa Lama?


Hometown Dairy fresh milk
Hometown Dairy fresh milk

Karena memang nggak pakai pengawet, jadi ketika sealed-nya dibuka, bisa tahan maksimal 3 hari, dalam kulkas atau suhu 0-4 derajat C.


Sedangkan kalau sealed-nya belum dibuka, bisa tahan selama 7 hari, tetap disimpan di dalam kulkas ya.


Sealed-nya ini dabel ya. Di dalamnya pun ada penutup alumunium. Jadi benar-benar aman kok.

 


Hometown Dairy fresh milk ini biasanya saya beli di hypermarket atau supermarket. Bisa di Hometown Dairy tersedia di Lulu Hypemart, Aeon, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, Hero, Hypermart dan Rumah Buah.

Lalu kalau untuk belanja online juga bisa di nih. Cuss kepoin ke...


Shopee: GGF Official

Tokopedia: GGF Mart

 


Resep Pisang Panggang Kuah Susu dengan Hometown Dairy Fresh Milk


Pisang panggang kuah susu
Pisang Panggang Kuah Susu dengan Hometown Diary fresh milk

Selain untuk diminum langsung, atau untuk campuran makan oatmeal, biasanya Hometown Dairy fresh milk ini suka saya jadikan campuran makanan atau minuman juga.


Kali ini saya mau berbagi ide cemilan atau mungkin sarapan yang simple, yaitu Pisang Panggang Kuah Susu. Terinspirasi dari Pisang Bakar Kuah Santan campur susu, yang merupakan salah satu kuliner di sebuah kedai di Bukittinggi, Sumatera Barat.


Kalau yang saya buat ini susunya lebih banyak ya, dan santannya untuk penggurihnya aja. Here it is... Pisang Panggang Kuah Susu ala miss nita, hehe...

 


Cara membuat Pisang Panggang Kuah Susu, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


4 buah pisang ambon, atau 6 buah pisang baranang

200 ml Hometown Dairy fresh milk / +_ 1 gelas sedang

1 sdt santan instant, aduk dengan air, total 100 ml atau +_ ½ gelas sedang

 


2 sdm gula pasir

Seujung sendok perisa vanilla

Biskuit gabin atau Crackers

 


Lalu ini ya cara memasak Pisang Panggang Kuah Susu:


Siapkan wajan anti lengket, letakkan pisang yang masih dengan kulitnya, panggang dengan api pelan hingga wanginya menguar atau kelihatan udah lunak.


Sekarang kita buat kuahnya ya. Campurkan Hometown Dairy fresh milk, air santan, gula, dan perisa vanilla. Didihkan dengan api pelan sembari diaduk.


Kalau pisangnya udah nggak begitu panas, kupas kulitnya ya...


Siapkan mangkok. Letakkan pisang yang udah dikupas, lalu siram dengan kuah susu. Tarok deh biskuit gabin atau crackers di pinggirannya.

 

Pisang panggang kuah susu
Pisang Panggang Kuah Susu dengan Hometown Diary fresh milk

Fungsi crackers ini bisa ngasih rasa gurih juga untuk kuahnya. Jadi crackers-nya dimakan bareng kuahnya ya, hehe... Kalau mau tanpa santan, bisa menggunakan full susu aja, dan gulanya bisa diatur aja.


Oke, ini kurang lebih review saya tentang Hometown Dairy fresh milk, beserta resep cemilan simple-nya ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman yang lagi hunting fresh milk tanpa bahan pengawet ya...

3 comments:

  1. Ooo pisangnya harus pisang ambon ya. Kalau pisang uli gitu bisa juga ya, ta? Pas kebetulan ada uli nih di rumah. Ini kuahnya pasti gurih dan creamy banget ya. Soalnya campuran santan plus susu hometown. Susu hometown itu aja dah crwamy, ditambah santan.. makin gurih banget ya. Jadi mau coba deh.

    ReplyDelete
  2. Ya ampun ini resepnya simple tapi penuh gizi banget, ketika pisang dengan gabin dicampur sama susu hometown yang pastinya menambah kesegaran ya Miss. Duhh emang di tangan cheff mah, apa aja bisa jadi bahan yang menarik untuk disajikan.

    Btw, semoga hometown dairy fresh milk ini sudah tersedia juga di supermarket Superindo ya, biar enak ga usah jauh belinya hehe.

    ReplyDelete
  3. Pisang bakar kuah susu bikin ngiler uy, keliatannya enak banget. 🤤

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P