Resep dan Tips Memasak Bubur Ganepo - Bubur Singkong Santan, Singkongnya Nggak Perlu Diparut

Resep memasak bubur ganepo alias bubur singkong santan. Serta tips memasak bubur singkong yang lembut, tanpa harus memarut singkong.

Bubur ganepo
Bubur Ganepo - Bubur Singkong Santan


Apa kabar, teman-teman?


Selain bubur ayam, saya juga suka banget dengan bubur manis macam bubur sumsum, apalagi bubur sumsum pandan yang berwarna hijau cerah. Nah selain bubur manis yang menggunakan olahan tepung beras, bubur ganepo juga nggak kalah maknyusnya dong...


Bubur ganepo, mungkin teman-teman ada yang baru mengenalnya? Ini merupakan kuliner dari Kalimantan Timur, berupa bubur manis dari olahan singkong, yang dimasak dengan santan serta bahan-bahan lainnya.


Namanya juga bubur, tentunya singkong sekeras itu mesti diparut dulu biar halus. Nah teruntuk teman-teman yang juga sama malesnya kayak saya, kalau marut singkong, hahah... Kita pake cara yang gampil aja, biar tetap bisa memasak bubur ganepo yang lembut, manis, dan bikin kenyang...

 


Tips Memasak Bubur Ganepo – Bubur Singkong Santan


Bubur Ganepo
Bubur Ganepo - Bubur Singkong Santan

 Singkongnya Diblender


Cara utama untuk mendapatkan singkong yang halus, tentunya dengan diparut ya. Nah untuk kita yang males marut, mendingan tuh singkong diblender aja, hahah...


Setelah dikupas kulitnya, cuci singkong hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil. Abis itu diblender deh dengan santan cair. Masukkin ke tabung blender baiknya jangan langsung semua, takutnya susah muternya. Masukkin dikit-dikit biar bisa halus merata, eh macam muka aja dah halus merata, hahah...

 


Masak dengan Api Pelan


Ketika memasak adonan singkong, gunakan api pelan aja ya, biar nggak hangus. Baiknya memang menggunakan wadah masak anti lengket, biar kalau udah mengental, jadi nggak lengket. Tapi saya masak pakai panci biasa aja kok, yang penting sering diaduk ya biar nggak lengket.

 


Jangan Lupa Diaduk


Biar bubur singkong nggak lengket dan hasilnya juga halus merata, nggak gumpal-gumpal, ini tentu harus sering diaduk. Terutama kalau udah mau meletup, harus selalu diaduk biar nggak hangus dan lengket.


Begitupun dengan santan. Biar hasil santannya nggak menggumpal, ini harus selalu diaduk hingga mendidih. Santannya kan cuma sedikit, jadi sebentar aja kok nunggu mendidihnya.

 


Oke, ini kurang lebih tips untuk memasak bubur ganepo biar lembutnya merata dan nggak hangus, serta lengket. Resepnya saya dapat dari akun IG-nya Mba @nophy_nophy ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

 


Cara Membuat Bubur Ganepo – Bubur Singkong Santan:

600 gram singkong

700 ml santan cair (1 mug bisa +_ 300 ml)

50 gram gula pasir

½ sdt garam


2 lembar daun pandan, sobek

250 gram gula merah

300 ml air

 


Bahan Santan:

700 ml santan kental

1 sdt garam

2 lembar daun pandan, sobek

 


Note:


Untuk santan ini bisa gunakan dari ½ kelapa parut aja.

 


Lalu ini ya Cara Memasak Bubur Ganepo – Bubur Singkong Santan:


Kupas singkong lalu cuci bersih, kemudian potong-potong. Blender dengan santan cair secukupnya.


Rebus gula merah dengan air hingga mendidih, gunakan api pelan aja. Lalu saring.


Campurkan blenderan singkong, sisa santan cair, gula pasir, air gula merah, garam, dan daun pandan. Aduk merata.


Masak adonan bubur singkong dengan api pelan, hingga meletup sembari sering diaduk. Cobain dulu ya, entah mungkin perlu ditambahkan gula lagi.


Lanjut kita masak santannya. Campurkan santan kental, garam, dan daun pandan. Rebus hingga mendidih menggunakan api pelan, sembari sering diaduk.


Sajikan bubur singkong dengan kuah santan.  


Bubur ganepo
Bubur Ganepo - Bubur Singkong Santan

Ini rasanya perpaduan dari bubur singkong yang manis, dengan gurih asinnya santan. Jadi pas. Buat teman-teman yang lagi mengurangi santan, mungkin bubur ganeponya bisa disantap tanpa kuah santan.


Ini kurang lebih resep dan tips cara memasak bubur ganepo ya. Moga bisa jadi rekomendasi sarapan atau cemilan sore teman-teman, yang simple dan bikin kenyang juga. Makasih banyak ya udah mampir...

1 comment:

  1. Aku inget2 tadi, apa pernah makan bubur ganepo ini, tapi kayaknya belum, Krn ga inget samasekali.

    Liat dari penampakan aku yakin pasti suka ama rasanya. Sebenrnya apapun yg berbau singkong aku doyan mba :). Ntr ah, kalo dapet singkong lagi dari tetangga, yg suka ngasih tiap kali panen, aku mau bikin jadi bubur ini aja. Selama ini paling sering dimasak ketimus :D.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P