Resep Gulai Pakis Udang Padang – Bumbunya Nggak Ditumis

Cara membuat gulai pakis khas Minang atau masakan Padang dengan campuran udang.

Gulai Pakis Udang
Gulai Pakis Udang Padang

Apa kabar, teman-teman?


Bagi teman-teman penggemar ketupat sayur Padang, biasanya salah satu sayurnya ada gulai pakis ya. Walau di Jakarta, belakangan itu saya udah jarang nemuin. Selain untuk sayur ketupat, gulai pakis masakan Padang - atau yang kalau di sini disebutnya “gulai paku” -  juga nggak kalah enak untuk disantap dengan nasi. Apalagi kalau dicampur dengan udang, biar sekalian masak lauk dan sayur dalam sekali masak aja.

 


Manfaat Menyantap Sayur Pakis Bagi Kesehatan


Pakis, salah sayuran dari jenis tumbuhan paku. Kalau di luar negeri, pakis ini disebutnya fiddlehead fern. Pakis biasa dikonsumsi di beberapa negara, kayak di Perancis Utara, India, Nepal, Jepang, Korea, China, dan Taiwan. Indonesia dan Malaysia tentu juga nggak ketinggalan.


Selain enak, pakis ternyata juga memiliki beberapa kandungan gizi nih. Pakis yang kaya akan vitamin A dan juga riboflavin (vitamin B2), ini bagus banget untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah timbulnya katarak.


Lalu kandungan niasin pada pakis, ini bisa untuk menjaga kesehatan otak. Vitamin C-nya juga bisa untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Nah penting banget kan ketika pandemi belum juga usai ini.


Pakis juga punya kandungan kalium, yang baik banget untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin B1-nya bisa untuk mencegah alzheimer. Ada juga zat besi biar nggak kena anemia. Serta ada antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Wah yang terakhir ini saya baru tau. Jadi saya harus banyak-banyak makan pakis juga nih, biar repigment kulitnya makin cepet.

 


Tips Memilih Sayur Pakis yang Bagus


Gulai Pakis Udang Padang
Gulai Pakis Udang Masakan Padang

Karena udah tau banyak manfaatnya, tentunya kita pingin juga dong beli sayur pakis yang bagus. Biar nutrisinya dapet, plus dimakannya juga enak. Ini dia beberapa tips untuk memilih sayur pakis yang segar:


Pilih pakis yang berwarna hijau tua segar. Kalau makin pucat warnanya, ini biasanya pakisnya udah lebih lama.


Kemudian lihat batang pakisnya. Pilih pakis dengan batang yang masih muda, dan belum mengeluarkan daun. Kalau yang udah berdaun ini biasanya pahit.


Dan yang terakhir, jangan simpan pakis terlalu lama, walau di kulkas. Jadi begitu beli, baiknya langsung dimasak aja kali ya.


Oke, ini kurang lebih tips membeli sayur pakis yang bagus. Kalau teman-teman ada tips yang lain, boleh ditambahkan aja ya...

 


Lalu sekarang, yuk kita siapkan bahan-bahan untuk memasak gulai pakis campur udang khas masakan Padang. Ngomong-ngomong saya baru lihat, kalau ibu saya bikin gulai pakis udang ini nggak pake ditumis dulu bumbunya. Jadi rasanya lebih segar. Yuk mari dicoba...

 


Cara Membuat Gulai Pakis Udang Padang:

1 ikat pakis

250 gram udang

1 buah kelapa parut

800 ml air

 

2 sdm cabe giling

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

8 lembar daun jeruk, sobek

1 lembar daun kunyit, sobek

 

1 batang sereh, geprek

Secukupnya garam

½ sdt Royco

1 buah asam kandis

 


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah

 2 siung bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

 

½ ruas ibu jari kunyit

½ sdt lada

1 sdt ketumbar

 

Note:


Untuk gulai yang kemerahan, ini pakai cabe giling. Kalau mau gulai yang warnanya kuning, pakai kurang lebih 10 cabe rawit ijo yang digiling kasar.


Penggunaan garam bisa dimasukkan per-1/2 sdt dulu aja.


Kalau di sini pakisnya dijual 1 ikat gede. Jadi daun pakisnya disesuaikan aja ya...

 


Lalu ini ya Cara Memasak Gulai Pakis Udang Masakan Padang:


Siangin daun pakis dan batang yang nggak keras. Lalu cuci bersih, tiriskan.


Siangin udang, lalu cuci bersih, tiriskan.


Bagi 3 airnya, lalu peras santan. Jadi total 3x peras santan ya...


Nyalakan kompor, lalu masukkan santan, bumbu giling, cabe giling, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, sereh, garam, dan Royco. Aduk sering-sering hingga mendidih. Gunakan api sedang.


Kalau udah kurang lebih 5 - 10 menit mendidih, masukkan daun pakis dan udang. Lalu masak hingga daun pakisnya empuk, udangnya juga udah matang. Gunakan api sedang aja ya.


Menjelang matang, masukkan asam kandis. Cobain ya rasa garamnya...

 

Gulai Pakis Udang Minang
Gulai Pakis Udang Padang

Ini jadinya lumayan pedas sih, apalagi kalau teman-teman masak yang gulai kuning pake cabe rawit ijo yang digiling kasar. Rasanya akan lebih pedas lagi, tapi nggak pedas banget kok.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya, bagi teman-teman penyuka kuliner Minang atau masakan Padang.

 

Pendukung materi:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daun-pakis/

https://www.fimela.com/lifestyle/read/3953084/4-tips-memilih-dan-membeli-sayur-pakis-yang-bagus

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P