Resep Mie Goreng Padang

Cara memasak Mie Goreng khas Minang.

Resep mie goreng padang
Mie Goreng Padang

Apa kabar, teman-teman?


Setelah berbagi cara memasak Mie Rebus Padang yang khas dengan pedas-pedas cabe gilingnya, kali ini saya mau berbagi kebalikannya, yaitu cara memasak Mie Goreng Padang.


Yang unik dari Mie Goreng Padang ini adalah campuran bumbunya juga menggunakan udang rebon. Nggak kaya mie olahan pada umumnya ya, yang menggunakan udang ebi sebagai salah satu bumbunya.


Teman-teman tentunya juga udah tau ya, bedanya udang ebi dengan udang rebon. Kalau udang ebi tampilannya lebih besar daripada udang rebon yang halus-halus banget. Lalu lagi segi kegunaan, udang ebi ini gunakannya untuk penggurih alami. Sedangkan udang rebon gunanya untuk campuran makanan, biar rasa makanannya ada asin-asinnya.


Untuk bahan-bahan lainnya serta cara memasaknya sama simple-nya kok dengan Mie Rebus Padang. Yuk kita siapkan bahan-bahannya...


Oh ya, ini fotonya saya pakai foto pasta ya, karena waktu itu ada kerjaan di instagram. Kalau teman-teman mau pakai pasta juga bisa. Atau kalau mau pakai mie instant bisa gunakan 2 kemasan langsung ya. Biasanya kalau Indomie itu 2 kemasannya seberat 140 gram.


Mie goreng padang
Mie Goreng khas Minang

Cara Membuat Mie Goreng Padang, ini dia yang perlu disiapkan:


125 gram mie telur atau 2 kemasan mie instant

Secukupnya air untuk merebus mie

 

+_ 3 sdm minyak goreng

4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris

1 sdm cabe giling

 

1 sdm udang rebon, cuci dulu lalu tiriskan

1 batang daun bawang, iris

1 sdt kecap manis

¼ sdt garam

 

¼ sdt penyedap

¼ bonggol kecil kol, iris

1 butir telur

 

Topping:


Telor ceplok

Tomat dan mentimun, iris

Kerupuk merah

 


Lalu ini ya Cara Memasak Mie Goreng Padang:


Rebus mie dengan secukupnya air, lalu tiriskan.


Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.


Masukkan cabe giling dan udang rebon, tumis hingga wangi. Api pelan aja ya.


Masukkan daun bawang, kecap, garam, dan penyedap. Aduk sebentar.


Masukkan kol, aduk hingga layu. Api pelan aja ya.


Masukkan mie, aduk hingga merata.


Masukkan telur, langsung ceplok di atas masakan, lalu aduk. Gunanya telur ini untuk mengeringkan kalau masih ada air. Jadi jangan diceplok atau diorak-arik terpisah ya.


Cobain dulu ya rasa garamnya.


Sajikan mie goreng dengan telor ceplok, irisan tomat dan timun, serta kerupuk merah. Bisa dilengkapi dengan emping juga.


Mie goreng padang
Mie Goreng Padang

Ini tampilannya agak merah ya, makanya kecapnya dikit aja. Rasanya lebih ke dominan pedas, bukan pedas manis kayak mie tek tek. Tapi kalau cabe gilingnya 1 sdm gini nggak terlalu pedas kok.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi sarapan atau santap sore teman-teman ya, terutama bagi yang penyuka mie goreng.  

2 comments:

  1. Wah laper pagi2 baca resep ini :D Saya penggemar mie, sukanya eksplorasi aneka olahan mie biar gak bosen. Next coba ini ah
    Thanks for sharing mbak :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P