Resep Gulai Hati Sapi Padang Pakai Nanas

Cara memasak gulai hati sapi campur nanas dengan bumbu gulai masakan Padang.

Gulai Hati Sapi Nanas
Gulai Hati Sapi Nanas

Apa kabar, teman-teman?


Dibanding daging sapi, saya memang lebih suka menyantap hati sapi. Selain nggak bikin nyelip, haha... hati sapi juga punya rasa yang khas. Jadi kalau rendang pun, saya lebih suka rendang hati sapi, walau nggak nolak makan rendang daging sapi, haha...


Kali ini, saya pingin berbagi cerita tentang memasak gulai hati sapi, yang dicampurkan dengan nanas. Kalau gulai, bumbunya tentu nggak sebanyak kayak memasak kalio atau rendang. Memasaknya pun juga terbilang cepet ya.


Walau memang kalorinya cukup tinggi, tapi hati sapi juga punya beberapa manfaat nih. Yah yang namanya makanan, tentu harus kita konsumsi dengan bijak ya. Makanya dianjurkan kalau makan itu mesti dituker-tuker, biar kebutuhan gizinya pun lengkap.


Balik lagi ke hati sapi, ini dia beberapa manfaatnya bagi tubuh kita...


Gulai Hati Sapi Nanas
Gulai Hati Sapi Nanas

Manfaat Mengkonsumsi Hati Sapi


Hati sapi merupakan protein yang cukup tinggi. Ini tentunya baik untuk menjaga massa otot kita, memperbaiki jaringan yang rusak, menjaga kulit tetap sehat, begitupun dengan kesehatan rambut ya.


Lalu vitamin A, B Kompleks, serta asam amino pada hati sapi juga berperan sebagai antioksidan, yang bisa melindungi tubuh kita dari penuaan dini, arterioklerosis, serta kanker. Ternyata makan ati bisa bikin awet muda, pemirsahh, hahah...


Kemudian vitamin B-nya juga bisa untuk meredakan stres. Wah pas banget nih saya emang doyan hati sapi.


Mineral tembaga pada hati sapi juga baik untuk menjaga kesehatan otak. Oh ya, mineral ini juga bisa untuk menjaga kepadatan tulang.


Vitamin A-nya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Lalu vitamin B2-nya berperan sebagai sumber energi.


Ini ya beberapa manfaat dari menyantap hati sapi. Sekali lagi, konsumsi dengan bijak ya, biar nggak malah mengganggu kondisi kesehatan kita.

 


Membeli hati sapi di pasar pun juga mesti hati-hati, karena tentunya kita pingin hati sapi yang segar, biar nggak berkurang kadar gizinya. Berikut ini beberapa tips sebelum membeli hati sapi di pasar, maupun di supermarket...

 


Tips Membeli Hati Sapi


Yang pertama perhatikan teksturnya. Hati sapi yang bagus, permukaannya akan licin dan nggak ada uratnya. Biasanya kalau yang ada garisnya gitu, merupakan jalannya cacing. Jadi perhatikan baik-baik ya...


Hati sapi yang segar, warnanya juga akan merah yang terangnya merata. Kemudian baunya juga nggak bau anyir yang menusuk, tapi lebih ke bau daging segar.

 


Bagi teman-teman penyuka nanas, selain diminum, nanas juga biasa dijadikan masakan ya. Kayak sambal nanas juga enak. Begitupun dengan digulai. Nanas yang kaya akan vitamin C ini, emang baik untuk kita konsumsi ya. Ini dia beberapa manfaat nanas bagi kesehatan tubuh kita...

 


Manfaat Mengkonsumsi Buah Nanas


Dalam 1 cangkir buah nanas, atau kurang lebih 150 gram, ini bisa lho untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita. Biar kita fit terus, terutama di masa pandemi yang belum usai ini.


Nanas juga bisa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan juga mencegah sembelit. Kandungan mangan, vitamin B, dan vitamin C-nya juga bermanfaat sebagai antioksidan.


Kemudian, nanas juga bisa mengurangi peradangan, nyeri, serta membantu untuk menurunkan berat badan.

 


Oke, ini dia manfaat dari menyantap buah nanas bagi kesehatan tubuh kita. Yuk sekarang kita siapkan masak-masaknya. Kembali saya menggunakan cara memasak gulai yang ibu saya ajarkan, yaitu bumbunya nggak ditumis. Pernah saya tengok Amak Youtuber kece, yaitu Dapur Uni Et, juga cara memasak gulainya kayak gini. Jadi rasa gulainya akan lebih segar.

 

Gulai Hati Sapi Nanas
Gulai Hati Sapi Nanas

Cara Membuat Gulai Hati Sapi Padang Pakai Nanas, bahan-bahannya adalah:

500 gram hati sapi

150 gram nanas asam

1 buah kelapa parut (untuk 1 liter santan)

 

3 sdm cabe giling

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

8 lembar daun jeruk, sobek

1 lembar daun kunyit, iris halus

 

1 batang sereh, geprek

1 sdt garam

½ sdt penyedap

1 buah asam kandis

 

Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

 

½ ruas ibu jari kunyit

½ sdt lada

1 sdt ketumbar

 


Lalu ini Cara Memasak Gulai Hati Sapi Padang Pakai Nanas:


Potong hati sapi ukuran rendang. Biasanya ½ kilo ini jadinya 10 potong. Cuci bersih, kemudian tiriskan.


Pilih nanas yang asam ya, lalu potong-potong agak kecil aja.


Kalau teman-teman menggunakan kelapa parut, bagi 4 aja airnya (1 liter), kemudian peras santan 4x.


Masukkan santan, bumbu giling, cabe giling, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, sereh, garam, dan penyedap. Garamnya boleh masukkan ½ sdt dulu aja.


Nyalakan kompor, lalu didihkan santan sembari sering-sering diaduk ya. Gunakan api sedang aja.


Kalau udah 5 s/d 10 menit santan mendidih, masukkan hati sapi dan nanas. Masak hingga hati sapi empuk, sembari sesekali diaduk. Gunakan api pelan aja.  


Kalau udah menjelang matang, cobain ya rasa kuahnya. Kalau rasanya nggak begitu asam, karena mungkin nanasnya manis, masukkan asam kandis aja. Cobain juga rasa garamnya.

 


Mulai dari hati sapinya dimasukkan, ini proses masaknya bisa 45 menit s/d 1 jam, makanya apinya pelan aja. Kalau nanasnya agak manis, pakai cabe gilingnya 3 sdm aja, tapi kembali lagi ke selera pedas teman-teman ya. Bisa juga teman-teman tambahkan cabe rawit ijo atau merah yang digiling kasar, biar pedasnya makin maknyuss... Kalau ini sih pedasnya sedeng aja.


Rasanya perpaduan dari gurih dan asem-asem seger dari nanas. Makanya nanasnya dimasukkannya bareng dengan hati sapi, biar resap ke kuah gulainya.


Oke, ini dia kurang lebih sharing saya tentang cara memasak Gulai Hati Sapi Padang Pakai Nanas. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman pecinta gulai Minang atau gulai Padang ya. Makasih banyak ya udah mampir..


Pendukung materi:

 https://www.sehatq.com/artikel/intip-manfaat-hati-sapi-sajian-lebaran-favorit-banyak-orang

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/03/200500775/cara-pilih-hati-sapi-yang-segar-bekal-bikin-masakan-jeroan-lezat

https://www.alodokter.com/jangan-salah-kandungan-dan-manfaat-buah-nanas-ada-banyak

2 comments:

  1. Ooo baru tau kalau yang ada garisnya buat jalan cacing. Waah kudu hati2 klo gt ya. Niat sehat malah jadi ga sehat karena salah pilih hati sapinya.

    ReplyDelete
  2. Wah,makasih tipsnya mbak.. aku belum pernah beli hati sapi, seringnya dapet aja terus langsung masak huhu

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P