Resep Ketan Srikayo Pandan - Srikaya atau Sarikaya Khas Palembang

Cara memasak ketan dengan srikayo pandan khas Palembang.

Ketan srikayo pandan
Ketan Srikayo Pandan Khas Palembang

Apa kabar, teman-teman?


Dulu kalau pas lebaran, almarhumah nenek itu selalu masak katupek tapai, alias ketupat ketan yang disantap dengan ketan hitam yang difermentasikan menggunakan ragi, biar rasanya asam manis. Lalu setelah nenek meninggal, di rumah kami udah nggak pernah ada lagi katupek tapai, karena bikinnya ribet, haha... Tapi ketan selalu ada, yang kami sebut nasi lamak. Biasanya disantap dengan pisang ambon.


Lalu pas menjelang lebaran entah kapan itu, ada teman yang share ketan dengan srikayo berwarna hijau cerah. Wah kayaknya enak banget nih kalau untuk lebaran nanti, ketannya dimakan pakai srikayo pandan aja. Saya pun baru tau kalau itu srikayo pandan merupakan kuliner dari Palembang.


Di negeri Minang sendiri juga ada srikayo dari gula merah, yang dimasak kental. Tapi saya kurang doyan yang srikayo Minang ini. Lebih suka yang srikayo Palembang aja.


Memasak srikayo memang termasuk simple sih, tapi terkadang ada aja yang gagal. Entah kuning telurnya yang masih terlihat gumpalannya, warnanya yang kurang hijau, atau masih kurang set setelah dikukus. Berikut ini sedikit tips dari saya, untuk memasak srikayo pandan biar hasilnya cantik, hehe...


Ketan srikayo pandan
Ketan Srikayo Pandan Khas Palembang

Tips Memasak Srikayo Pandan Khas Palembang:

 

Tidak Ada Kocokan Telur yang Menggumpal


Walau nggak perlu dikocok menggunakan mixer, tapi pastikan telur udah terkocok merata, dan nggak ada gumpalan kuning telur yang terlihat ketika mau dimasukkan ke dalam panci. Telurnya bisa dikocok menggunakan whisk. Kalau saya karena nggak punya whisk, jadi pakai frother milk aja.

 


Warnanya Kurang Hijau


Warna hijau alami memang bisa didapat dari blenderan daun suji dan daun pandan. Terkadang daun suji ini susah untuk didapat. Jadi biasanya kalau daun pandan aja nggak begitu menghasilkan warna hijau, ditambah aja dengan pasta pandan hingga warna hijaunya sesuai dengan yang kita mau.

 


Hasil Kukusannya Kurang Set


Kalau hasil kukusan yang kurang set, padahal udah dikukus lumayan lama, biasanya karena takaran airnya nggak imbang dengan telurnya. Atau bisa juga karena waktu mengukusnya yang kurang lama. Biasanya saya mengukus mulai dari 15 hingga 30 menit. Tergantung dari cetakan yang teman-teman gunakan. Kalau pakai cetakan yang kecil-kecil tentu akan lebih cepat set-nya.

 


Oke ini kurang lebih tips untuk memasak srikayo pandan khas Palembang ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya. Oh ya, resep srikayo pandannya saya recook dari IG @bundnina_kitchen ya. Kalau sebelumnya dari teman, yang kurang lebih sama lah kayak gini.

 


Cara Membuat Ketan Srikayo Pandan Khas Palembang, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:


Bahan untuk ketan:

2 gelas beras ketan putih

1 gelas santan

¼ sdt garam

2 lembar daun pandan, sobek

 

Bahan untuk srikayo pandan:

9 lembar daun suji

5 lembar daun pandan

100 ml air

300 ml santan

 

5 telur utuh

150 gram gula

¼ sdt garam

¼ sdt pasta pandan

½ sdt perisa vanilla

 

Note:


Takaran beras ketan dan santan ini 2:1 ya. Jadi misal 2 gelas beras ketan, santannya 1 gelas.


Santan yang digunakan nggak usah kental banget. Gunakan dari ½ kelapa parut aja.

 


Lalu ini ya cara memasak ketan sriyako pandan khas Palembang:


Cuci beras ketan hingga bersih, lalu tiriskan.


Campurkan beras ketan, santan, garam, dan daun pandan. Aron hingga airnya udah mau habis, matikan. Tunggu aja sebentar sampai airnya kering. Biar nggak lengket, menjelang airnya habis, matikan aja apinya. Gunakan api sedang aja ya, dan sering diaduk.


Kukus ketan kurang lebih 30 menit dengan api sedang.


Keluarkan ketan ke wadah saji, biar asapnya hilang.

 


Blender daun suji dan daun pandan dengan air, lalu saring.


Campurkan telur, gula, dan garam. Kocok hingga merata dan gumpalan kuning telurnya udah nggak ada. Gunakan whisk atau frother milk  aja biar cepat.


Campurkan adukan telur, air hijau, santan, pasta pandan, dan perisa vanilla. Aduk merata, lihat warna hijaunya ya, apa masih perlu ditambahkan pasta pandannya. Masukkan pasta pandan dikit dulu ya.


Masukkan adonan ke cetakkan, lalu kukus mulai dari 15 hingga 30 menit. Kalau langsung cetakkan besar, lihat pas udah 20 menit aja, tusuk aja pake garpu.


Sajikan ketan dengan srikayo pandan.


Ketan srikayo pandan
Ketan Srikayo Pandan Khas Palembang

Ini fotonya, srikayonya saya aduk dulu sebelum ditata, makanya jadi gumpal-gumpal gitu. Ini pun warnanya kurang merata hijaunya, karena kukusnya agak kelamaan.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi sarapan pagi maupun cemilan sore teman-teman ya...  

2 comments:

  1. Mungkin biar ga ada gumpalan habis dikocok telurnya disaring kali ya, ta? Biar bener2 halus keluarnya.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P