Jajan Kerupuk Kuah Sate

Kerupuk Kuah Sate merupakan salah satu camilan khas Minang, yang bisa jadi rekomendasi kulineran, bagi yang ingin berlibur ke Sumatera Barat.


Kerupuk kuah sate
Kerupuk Kuah Sate

Apa kabar, teman-teman?


Kala itu, saya lagi jalan sore bareng Tante. Lalu tetangga yang juga masih hitungan kerabat, manggil kami untuk mampir. Sembari ngobrol ini itu, si kakak nawarin salah satu dagangannya, yaitu Kerupuk Kuah Sate. Inilah pertama kalinya saya tau cemilan yang 1 ini, hihihi...


“Ambil aja, Nita.”


Ehhh... camana lah ngambilnya, hahahah... Saya aja baru tau yang namanya jajanan Kerupuk Kuah Sate ini.


Di atas meja dagangannya, tersedia tumpukan kerupuk opak yang udah digoreng. Lalu di sebelahnya, ada mangkok berisikan kuah sate Padang. Kemudian juga ada bihun goreng. Si kakak pemilik warung akhirnya bantu ngambilin.


Diambilnya 1 lembar opak, lalu diolesin kuah sate Padang, kemudian di atasnya dikasih topping bihun goreng.


Owww, mantap juga ya, hahahah... Cara nikmatin sate Padang versi super murah meriah, haha... Cukup kuah satenya aja, dimakan pake opak dan bihun goreng.


Besoknya, adek pun ngajak saya dan tante untuk nongkrong sore di Green Talao Park. Berangkatlah kami berempat bareng suaminya juga.


“Kita jajan kerupuk kuah yuk,” ajak adek, setibanya kami di Talao.


Kerupuk kuah sate
Kerupuk Kuah Sate di Green Talao Park

Kerupuk Kuah Sate yang kami makan di Talao, opaknya lebih besar dan dilipat.

 


Kerupuk Kuah Sate – Cara Lain Menikmati Lezatnya Kuah Sate Padang


Kerupuk kuah sate
Kerupuk Kuah Sate yang salah olesin kuah satenya :P 

Selain kerupuk sanjai, di Sumatera Barat juga ada kerupuk lainnya yang nggak kalah maknyusss, dan biasanya dijadikan rekomendasi oleh-oleh juga. Mulai dari kerupuk jengkol, emping, dan juga opak. Tentu ada kerupuk lainnya yang nggak kalah lezatnya ya.


Kerupuk opak merupakan camilan dari singkong kukus dan dicampurkan dengan garam, kemudian dihaluskan. Setelah itu dicampurkan dengan daun kucai, kemudian diambil sebulatan bakso, untuk dipipihkan jadi melebar. Dijemur dulu, baru digoreng deh.


Kerupuk opak singkong ini bermula dari Wonosobo, Jawa Tengah. Kemudian desa-desa lainnya pun juga banyak yang memproduksi opak.  


Biasanya opak digoreng untuk dijadikan pelengkap makan nasi. Ternyata ada cara lain untuk menikmati opak sebagai cemilan atau jajanan, yaitu dengan ditambahkan kuah sate Padang dan bihun goreng.


Teman-teman tentunya udah familiar juga dengan kuah sate Padang ya. Kuah kacang yang dicampurkan dengan tepung beras, cabe giling, serta beberapa rempah. Dimasak hingga kuahnya mengental. Rasanya pun gurih pedas. Tentunya enak banget untuk diolesin di atas opak.


Lalu untuk topping-nya, ada bihun goreng yang dimasak dengan kecap, ada juga yang enggak. Ada juga Kerupuk Kuah Sate yang topping-nya menggunakan mie goreng.


Kalau teman-teman lebih suka topping bihun goreng atau mie goreng?

 


Di Mana Membeli Jajanan Kerupuk Kuah Sate?


Kerupuk kuah sate
Kerupuk Kuah Sate

Kerupuk Kuah Sate ini bisa dijumpai mulai dari warung jajanan sekitar rumah, hingga di kedai-kedai tempat wisata. Kalau saya biasa menjumpai di kedai jajanan di Pantai Tiram dan Green Talao Park.


Ukuran opaknya pun bervariasi. Ada yang opak kecil, ada juga yang opak besar dan dilipat. Jadi harganya pun juga bisa beda-beda ya. Tapi ya ini termasuk jajanan murah meriah kok. Kerupuk Kuah Sate yang menggunakan opak kecil aja, seharga seribu atau 2 ribu.


Sewaktu di Talao, ini opaknya besar dan dilipat. Saya nggak nanya ini harganya, karena adek yang traktir, hahahah...

 

Oke, ini dia cerita saya sehabis jajan Kerupuk Kuah Sate. Moga bisa jadi rekomendasi jajanan atau camilan teman-teman, yang pingin wisata kuliner di Sumatera Barat ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P