Resep Fettuccine Bumbu Char Kway Teow Malaysia

Cara memasak fettuccine atau pasta lainnya, dengan bumbu Char Kway Teow khas Malaysia.

 


Apa kabar, teman-teman?


Bagi saya, traveling memang nggak bisa lepas dari kulineran khas daerah tersebut. Begitupun kalau pas ke Malaysia, yang terkenal dengan beragam kulinernya. Mulai dari makanan dan minuman khas Melayu, serta India dan Chinese. Yang terpenting halal, serta harganya pun juga masih terjangkau kalau dihitung dari nominal rupiahnya.


Salah satu yang saya senang icip-icip kalau pas ke Malaysia adalah Char Kway Teow, yang kalau di Indonesia lebih terkenal dengan sebutan kwetiaw. Wah kok makan kwetiaw aja harus jauh-jauh ke Malaysia segala sih, Nit? Haha...


Saya nggak mau bilang, mana yang lebih enak antara Char Kway Teow Malaysia dengan kwetiaw yang biasa dijual di sini. Karena masing-masing juga punya rasa dan tampilan yang khas, dan tentu keduanya pun saya doyan.


Layaknya masakan dari olahan mie di Malaysia, Char Kway Teow pun juga punya tampilan yang kehitaman. Jadi pake kecapnya cukup banyak, serta kecap yang warnanya juga lebih kehitaman. Lalu untuk isiannya itu bisa pakai udang, sosis, serta otak-otak. Bumbunya memang lebih simple ya ketimbang mie goreng mamak. Serta dilengkapi dengan irisan daun kucai.


Karena stok fettuccine masih ada, jadi saya masak dengan bumbu Char Kway Teow ini aja. Untuk isiannya pun, saya cuma pake baso ikan dan otak-otak aja. Nanti teman-teman bisa lengkapi aja ya untuk isiannya.


Lalu kalau teman-teman lihat di foto ada yang ijo-ijo, itu bukan daun kucai ya, hahahhh... Di kampung ini susah cari daun kucai. Jadi itu daun bawang yang saya gunting tipis memanjang, haha...


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya ya. Oh ya, resepnya ini saya dapat dari blog dan youtube-nya Nyonya Cooking ya, dengan takaran yang saya sesuaikan lagi...




Cara membuat Fettuccine Bumbu Char Kway Teow Malaysia, ini dia yang perlu disiapkan:


225 gram fettuccine

2 sdm minyak goreng

Secukupnya air untuk merebus fettuccine

 

1 ikat daun kucai (secukupnya aja), iris

1 genggam toge

12 buah udang

3 buah sosis, iris

 

5 buah otak-otak (saya pakai yang kecil, jadi agak banyak ya), iris

2 buah telur

2 siung bawang putih, iris

1 sdm chilli paste

 

3 sdm kecap manis

½ sdt lada

2 sdm saus tiram

1 sdm kecap / minyak ikan

 

½ sdt garam

½ sdt penyedap

2 sdm minyak goreng

 


Note:


Untuk chilli paste, saya gunakan 1 sdm cabe giling aja yang udah ditumis lebih dulu.


Untuk kecap bisa gunakan Bango atau Kecap Sedaap, atau lainnya yang warnanya lebih pekat.

 


Lalu ini ya cara memasak Fettuccine Bumbu Char Kway Teow:


Rebus fettuccine dengan secukupnya air dan 2 sdm minyak goreng hingga mengembang, angkat dan tiriskan.


Panaskan +_ 2 sdm minyak goreng, lalu tumis udang hingga matang.


Masukkan sosis dan otak-otak, aduk.


Masukkan bawang putih, chilli paste, lada, saus tiram, dan kecap ikan. Aduk merata.


Masukkan toge, tumis hingga layu.


Masukkan fettuccine, aduk merata.


Masukkan kecap manis, lalu aduk merata. Pastikan warnanya udah kehitaman ya. Kalau misalnya belum, ditambahkan sedikit aja kecapnya.


Masukkan telur, lalu aduk merata. Ceplok di atas masakannya aja ya, karena gunanya telur ini bisa untuk ngeringin kalau ada air juga.


Cobain dulu ya rasanya, sebelum ditambahkan garam dan penyedap. Karena biasanya dari saus tiram pun udah cukup rasa gurihnya.

 


Ini jadinya bisa untuk 3 – 4 porsi ya. Rasanya nggak begitu pedas, sih. Kalau teman-teman mau yang lebih pedas, chilli paste-nya bisa ditambahkan lagi aja ya.


Untuk masakan Chinese gini, Chef Willgoz pernah bilang, bawang putihnya memang nggak dimasak duluan, karena gunanya untuk ngasih rasa gurih manis. Beda ya dengan masakan lokal, yang bawang putihnya digoreng duluan hingga kuning keemasan.


Oke, ini dia cerita saya sehabis masak-masak Fettuccine Bumbu Char Kway Teow Malaysia. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya, terutama penyuka Chinese Food. Makasih banyak ya udah mampir...

6 comments:

  1. Kak Nita, kecap ikannya ini apakah wajib ada dalam bumbu char kwee tyow? Jika kecap ikannya aku ganti dengan kecap asin, apakah ada perbedaan signifikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi rasa sih iya beda, cuma gak terlalu sih. Gpp lah Mba Vicky kalo tukar minyak asin aja :D Kalau minyak wijen baru ya punya wangi yg khas banget :D

      Delete
  2. Oh, kwetiau a la Malaysia ini kehitaman ya, kecapnya lebih banyak dan isiannya juga sedikit berbeda dibandingkan dengan kwetiau kita di sini. Tapi teteup aja pasti sama2 enak rasanya hehehe :D Fettuccine bumbu char kway teow ini kudu dicoba ah, anak2 bakalan suka. Buat weekend aja deh mau bikin ngikutin resep Nita.

    ReplyDelete
  3. Rasa char kwe tiaw Malaysia itu memang khas bangettttt ya mba. Beda sih Ama yg versi Indonesia . Tapi 2-2 nya aku suka Krn memang ada ciri khas masing2. Cuma aroma dari char kwe tiaw Malaysia lebih wangi dan menguar kemana2 😄. Dulu tiap kali neglewatin seller yg jual ini, aku pasti LGS tergoda hahahah.

    Ntr resepnya aku coba deh mba. Ngobatin kangen Ama kuliner Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny tentunya lebih terbiasa ya dg char kway teow malaysia :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P