Resep Ayam Pop

Cara memasak ayam pop – salah satu kuliner khas Minang dari olahan ayam, yang dimasak dengan air kelapa dan beberapa rempah. Ayam goreng dengan warnanya yang masih putih, ini dia tips menggorengnya biar tampilannya tetap putih, glowing, dan nggak berkulit.

 

Ayam pop
Ayam Pop

Apa kabar, teman-teman?


Salah satu kuliner khas Minang yang nggak kalah banyak penggemarnya adalah ayam pop. Mungkin ini juga menu favorit teman-teman ya... Walau memang, kuliner yang satu ini nggak selalu ada di semua kedai atau restoran Padang. Kalau di Jakarta, ayam pop biasa dijumpai di restoran-restoran besar yang memang menunya lebih beragam.


Ayam pop memang kuliner olahan ayam yang cukup unik juga ya. Digoreng, tapi tampilannya nggak kuning keemasan dan berkulit, kayak ayam goreng pada umumnya. Karena digorengnya pun juga emang asal aja. Kenapa kok nggak digoreng beneran aja? Ini dia ceritanya...

 


Asal Usul Menu Ayam Pop


Konon menurut cerita yang beredar, kuliner Ayam Pop ini bermula dari sebuah restoran di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat, yang pesanan ayam gorengnya membludak. Karena pitih udah di depan mato, masa orderan mau dibatalkan ya, haha... Jadi direbuslah ayam dengan bumbu yang lebih simple, kemudian digoreng yang asal goreng doang.


Ternyata, ayam yang digoreng asal berminyak doang itu, malah menjadikan menu baru yaitu Ayam Pop.


Menu baru ini cukup mendapat sambutan dari pelanggan, terutama orang-orang keturunan Tionghoa di Bukittinggi. Karena tampilan Ayam Pop mirip dengan Ayam Hainan kan ya.


Oh ya, kenapa kok dinamainnya Ayam Pop? Ternyata karena di restoran tersebut seringkali memutar live music dengan musik-musik pop. Wow, kok bisa nyambungnya ke situ ya, hahah...


Jadi, begitulah cerita dari asal mula Ayam Pop...

 


Tips Memasak Ayam Pop Biar Tetap Putih dan Glowing


 

Rebus dengan Air Kelapa


Ayam Pop memang terkenal dengan rasanya yang gurih dan agak-agak manis. Bukan dengan ditambahkan gula, karena kuliner Minang itu memang nggak menggunakan gula ya. Tapi merebusnya menggunakan air kelapa. Mau kelapa tua maupun kelapa muda, sama aja. Tapi kalau pake air kelapa muda, rasanya tentu akan lebih gurih manis.


 

Masukkan Daun-Daunan


Ayam Pop memang menggunakan bumbu yang simple. Trus gimana caranya biar tetap menggunakan olahan ayam yang gurih dan enak? Selain menggunakan bumbu, juga ada daun-daunan yang bisa menyumbang percampuran rasa.

 


Ayamnya Nggak Pakai Kulit


Yang khas dari semua kuliner Minang olahan ayam adalah, ayamnya nggak menggunakan kulit. Termasuk juga Ayam Pop.


Ketika ayamnya dicuci, jangan dilepas dulu kulitnya. Tetap direbus sama kulitnya, biar menghasilkan kaldu juga. Jadi ayamnya makin gurih. Nah pas udah diangkat dan mau digoreng, baru dilepas kulitnya.

 


Cara Menggoreng Ayam Pop


Kemudian ini nih yang nggak kalah penting. Gimana caranya menggoreng Ayam Pop biar tetap menghasilkan warna yang putih dan glowing, walau nggak dipakein skincare rutin, hahah...


Biasanya kalau yang tampilannya benar-benar glowing itu ayamnya pake ayam kampung. Tapi karena ayam kampung cukup mahal ya buat sebagian orang, jadi pake ayam negeri pun nggak apa-apa kok.


Lalu gimana cara menggorengnya? Kalau saya, panaskan minyak pada wajan hingga kelihatan mulai berasap, kemudian matikan api. Masukkan ayam satu persatu, kemudian bolak-balik dan siram-siram minyaknya beberapa saat. Lalu angkat deh.


Pastikan minyaknya udah panas ya. Tandanya ketika potongan ayamnya dimasukkan, ada bunyi berisik. Kalau kalem-kalem aja, mungkin minyaknya belum panas banget, atau udah nggak panas lagi.

 


Tambahkan Santan untuk Warna Sambal Biar Oranye


Menyantap Ayam Pop emang udah sepaket dengan sambalnya. Untuk sambal Ayam Pop ini, kita menggunakan sambal tomat yang diblender halus. Nah kalau biasanya teman-teman melihat sambal Ayam Pop yang warnanya oranye, ini bisa ditambahkan santan kurang lebih 1 atau 2 sendok makan. Pake santan instant aja, karena cuma untuk ngasih warna biar agak oranye aja.

 


Cara Memasak Sambal Ayam Pop yang Gurih


Sambal Ayam Pop memang agak berair ya. Karena blender yang saya gunakan, harus menggunakan air, jadi airnya itu dari sisa kuah rebusan ayam aja.


Nah kalau teman-teman menggunakan blender orang kaya, hahah... Yang nggak perlu pake air lagi maksudnya, nanti pas numisnya aja masukkan sisa kuah rebusan ayamnya.


Jangan lupa masukkan juga daun-daunnya. Lalu tumis kurang lebih 10 menit dengan api sedang, sampe udah wangi.


Dengan ditambahkan kuah rebusan dan daun-daunan ini, sambalnya jadi makin gurih deh, dan pedas agak manis ya... Banyakin aja rawit merahnya kalau mau rasa yang dominan pedas.

 


Oke, ini dia tips memasak Ayam Pop yang putih glowing. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya. Oh ya, ini resepnya gabungan dari... aduh maaf saya lupa ini sumbernya, benerannn, huhuhu... Dan 1 lagi tentunya dari youtube-nya Dapur Uni Et. Dengan takaran yang saya sesuaikan ya...


Ayam pop
Cara memasak ayam pop

Cara membuat Ayam Pop, ini dia yang perlu disiapkan:


1 ekor ayam (berkulit), potong 8

400 ml air kelapa

½ ruas ibu jari jahe, geprek

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

 


1 batang sereh, geprek

2 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

Sedikit kayu manis

 


¼ bulatan pala

½ sdt garam

½ sdt penyedap

 


Lalu ini ya bumbu gilingnya:


2 siung bawang merah

3 siung bawang putih

3 siung kemiri

½ sdt lada

 


Pelengkapnya:


Daun singkong, didihkan air lalu rebus dengan api sedang hingga empuk.

 


Kemudian untuk bahan sambal Ayam Pop:


20 buah cabe merah / 15 cabe merah & 5 buah cabe rawit merah

5 siung bawang merah

1 siung bawang putih

1 buah tomat merah


2 ruas jeruk nipis

1 – 2 sdm santan instant

1/2 sdt garam

1/2 sdt penyedap

 


Lalu ini ya cara memasak Ayam Pop:


Masukkan ayam dan semua bahan ke dalam wajan, kemudian rebus dengan api sedang.


Biasanya saya mau masak ayam itu, 45 menit untuk paha, kemudian angkat. Lalu 1 jam untuk bagian dada. Kalau ayam kampung akan lebih lama lagi ya, karena dagingnya lebih keras kan.


Angkat potongan ayam, lalu lepas kulitnya.


Panaskan minyak pada wajan hingga mulai berasap, lalu matikan api. Masukkan potongan ayam, bolak-balik dan siram-siram minyak beberapa saat, kemudian angkat. Pastikan minyaknya udah panas ya, tandanya ketika ayamnya dimasukkan, jadi berisik deh. Kalo diem aja, mungkin dia lagi sakit gigi atau ngambek minyaknya belum panas atau udah nggak panas lagi.


Kemudian kita siapkan sambalnya ya. Blender cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga halus. Kalau blendernya pake air, gunakan kuah sisa rebusannya ya.


Panaskan minyak, lalu tumis sambal dan masukkan jeruk nipis. Kalau teman-teman blender sambalnya nggak pake air, masukkan aja secukupnya sisa kuah rebusannya, karena sambal Ayam Pop ini agak encer ya.


Masukkan juga daun-daunan sisa rebusannya, biar sambalnya makin gurih.


Untuk santan, masukkan dulu 1 sdm, lalu aduk-aduk. Lihat warnanya, kalau masih kurang oranye, masukkan 1 sdm lagi. Jangan banyak-banyak, nanti sambalnya jadi rasa kuah gulai, hahah...


Cobain dulu ya rasa asinnya, baru ditambahkan garam dan penyedap. Karena kuah rebusannya kan udah rasa garam.


Sajikan potongan Ayam Pop dengan sambalnya, plus rebusan daun singkong yang menjadi khas dari sayuran khas Minang.

 


Ayam Pop nya ini rasanya gurih agak manis. Lalu untuk sambalnya pun juga pedas agak manis. Biasanya Ayam Pop jadi favorit anak-anak, karena rasanya yang nggak pedas.


Oke, ini dia cara memasak Ayam Pop yang putih nan glowing. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir...

8 comments:

  1. Ini menu favoritkuuuuu kalo udah ke restoran Padang ❤️❤️❤️❤️. Sayangnya ga semua resto bisa bikin ayam pop enak. Fav ku di resto Garuda dan rm taraso di Bekasi. Itu enaaak sih ayam pop nya. Kemarin sempet beli dari restoran Padang di klp gading, tapi rasanya failed .

    Mau bikin sendiri, tapi kok ga yakin bakal LGS enak mba 🤣🤣. Kayaknya sementara aku beli dulu aja lah hahahaha.

    ReplyDelete
  2. ini menu kesukaan anakku waktu di Padang beli ini buat bekal makan siang, nah sekarang ada resep-nya keren sekali mau nyoba deh

    ReplyDelete
  3. Btw makasih resep ayam popnya, dternyataa pakai air kelapa ya merebusnya. Jadi makin gurih. Noted. Makasih resepnya mbak.

    ReplyDelete
  4. Kalau bicara soal ayam poo, aku jadi ingat saat belum tahu ayam pop. Jadi karena penampakannya putih, aku gak mau makan karena kukira setengah matang wkwkw. Pas anakku pesan sama tetangga yang catering, ternyata enak

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah makan Ayam Pop. Mungkin besok bisa dipraktikkan karena resepnya mudah. Kudu sedia air kelapa juga nih. Kayanya rasanya bakal cocok di lidahku

    ReplyDelete
  6. Ayam pop ini emang andalan banget ya tuk masakan Padang, ternyata sejarahnya seperti itu ya, menu dadakan tapi jadi favorit semua. :)

    ReplyDelete
  7. Wuih.. Baru tau sejarahnya begitu. Jadi sebenernya ayam pop ini ayam goreng asal jadi ya.. Hahaha.. Dan krn di restonya ada live music pop bukan minang ya? Xixixi.. Lucu banget sejarahnya. Tapi krn beda dari yang lain jadi hit malah jadi makanan tradisional Padang yg melegenda ya

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P