Kolam Ranang Pasie Katapiang – Rekomendasi Kolam Renang Anak di Pariaman, Sumatera Barat

Kolam Ranang Pasie Katapiang merupakan bagian dari Taman Bamain Pasie Katapiang, dengan spot utamanya yaitu Pantai Katapiang atau Pantai Ketaping. Rekomendasi kolam renang anak dengan permainan air, yang bersih dan menyenangkan di Pariaman, Sumatera Barat.

Kolam ranang pasie katapiang
Kolam Ranang Pasie Katapiang

Apa kabar, teman-teman?


Bagi teman-teman yang punya anak, mungkin berenang merupakan salah satu kegiatan pengisi liburan yang mereka suka ya. Mulai dari karena senang melihat air yang banyak dan bisa main air dengan bebas, hihihi... Sampe ke yang memang udah jago renang, kayak murid saya ada nih yang les renang, dan makin hari berenangnya makin jago.


Begitupun dengan Kakak Giva, yang seneng banget berenang. Kalau pulang kampung ke rumah nenek, salah satu kegiatannya ya renang. Pernah Giva renangnya pagi dan cuma berdua nenek aja, pas lagi nginap di sini. Lalu pas mereka liburan lagi, baru deh saya ikut juga ke kolam renangnya. Biar sekalian lihat Pantai Ketaping juga.


Kolam renang anak di Pariaman
Kakak Giva nungguin ember tumpah - Kolam renang anak di Pariaman

Dari rumah Nenek Giva ke Pantai Ketaping ini terbilang dekat. Lurus aja lewat jalan belakang, sampe akhirnya ketemu Pantai Tiram, belok kiri deh dan ikuti jalannya. Kalau belok kanan, ini ke arah Green Talao Park.


Pantai Ketaping ini juga cukup dekat dari Bandara Internasional Minangkabau. Aihh jadi kangen deh bolak balik BIM, haha... Moga ada kesempatan naik cawat lagi, huhuhu...

 


Alamat dan Jam Operasional Kolam Ranang Pasie Katapiang


Kolam ranang pasie katapiang
Kolam Ranang Pasie Katapiang di Pariaman

Kolam Ranang Pasie Katapiang ini berlokasi di Katapiang, Batang Anai, Pariaman, Sumatera Barat.


Oh ya, Pantai Ketaping ini kan luasss banget, pemirsahhh... Jadi kalau teman-teman mau nanya ke orang sekitar itu, nanyanya kolam renangnya aja ya. Biar dikasih tau, spot utama Pantai Ketaping yang berhadap-hadapan dengan kolam renang ini.


Jadi walau teman-teman mau ke pantainya aja, nanyanya tetap kolam renangnya aja.


Kolam Ranang Pasie Katapiang ini buka mulai jam 9 pagi sd jam 5.30 sore ya.

 


Harga Tiket Masuk Kolam Ranang Pasie Katapiang


Kolam renang anak di Pariaman
Adek nemu aja bungkus mie - Kolam renang anak di Pariaman

Walaupun berada di lokasi tempat wisata, tapi harga tiket masuk kolam renang di Kolam Ranang Pasie Katapiang ini masih termasuk terjangkau kok. Per-anak akan dikenakan tiket masuk Rp. 10 ribu.


Yang bayar tiket ini cuma anak-anak aja. Untuk orang tua atau pengantarnya boleh ikutan masuk kok. Jadilah kami yang cuma bawa 2 anak, tapi yang nungguin ada 5 orang dewasa, hahahah...


Kebetulan waktu itu lagi sepi, dan memang di sana nggak kelewat rame juga.


 

Berenang dan Diguyur Ember Tumpah di Kolam Ranang Pasie Katapiang


Kolam ranang pasie katapiang
Perosotannya ada 2 - Kolam Ranang Pasie Katapiang

Sampailah kami di muka jalan Pantai Ketaping. Kolam renang ini ada di area paling depan, sisi kiri. Saatnyaaa turunnn...


Kolam ranang pasie katapiang
Tugu Taman Bermain Keluarga Pantai Katapiang

Pada area depan kolam renang ini ada Taman Kelinci, taman kecil yang juga dilengkapi dengan kandang kelinci. Lalu ada pula Tugu Taman Bermain Keluarga Pantai Katapiang.


Kolam renang anak di Pariaman
Ada Uda Uni siap menyambut anak-anak yang mau berenang - Kolam renang anak di Pariaman


Kolam renangnya memang nggak begitu besar, cuma dilengkapi dengan permainan kayak perosotan yang di atasnya ada ember tumpah. Ember yang akan menampung air, kemudian kalau udah penuh, embernya tumpah deh. Moment yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, naik perosotan sembari diguyur ember tumpah.


Kolam ranang pasie katapiang
Byurrr... Kolam Ranang Pasie Katapiang

Ember tumpah ini juga yang bikin Kakak Giva senang berenang di sana.


“Kita berenang di pantai aja lah, gratis, luas pula.”


“Enggak, doh! Di pantai nggak ada ember tumpah.”


“Ai guyurin deh, bawa ember dari rumah.”


Hahahahhh...


Kolam renang di Pariaman
Tiang jamur - Kolam renang anak di Pariaman

Lalu dipojokkan kolam juga ada tiang jamur yang menurunkan air, macam lagi hujan. Kalau ini Adek Devin yang senang berdiri di bawah tiang jamur ini. Oh ya, kalau Adek Devin berenangnya masih didampingi sama Bundanya.


Walau area kolam renangnya juga nggak luas, tapi ada beberapa gazebo untuk para pengantar duduk-duduk ngerumpi, sembari nunggu anak-anak selesai berenang. Bawa makanan ke dalam area kolam renang ini juga boleh, yang penting sampahnya diperhatikan yaaaa...


Kolam renangnya bisa terbilang bersih dan sekelilingnya pun aman, nggak licin yang membahayakan anak-anak.


Kalau selesai berenang trus lapar, ada beberapa kedai di sekitar Pantai Ketaping ini untuk jajan mie instant dan sejenisnya. Biasanya adek saya sih bawa nasi untuk suapin anak-anak sehabis berenang. 


Note: saya nggak foto kolam renangnya secara full ya, karena ada anak-anak lain.

 


Tips Berenang di Kolam Ranang Pasie Katapiang


Kolam ranang pasie katapiang
Adek bawa bola dari rumah apa ya? - Kolam Ranang Pasie Katapiang

Karena memang berenangnya di kolam renang, baiknya pakaian pun disesuaikan dengan pakaian yang cocok untuk berenang ya. Giva pun so far nggak punya baju renang khusus kok, cuma biasanya pake kaos dan legging. Lain kalau memang berenang di pantai, mau kita pake jeans pun nggak masalah ya, haha...


Karena selain berenang, anak-anak juga akan naik tangga perosotan, ingatkan pula anak-anak untuk tetap jaga jarak ya, ketika mungkin harus mengantri naik perosotan ini.


Begitupun dengan berenangnya, ingatkan juga anak-anak untuk sebisa mungkin jangan berdekatan dengan anak-anak lain. Karena pandemi yang belum juga selesai kan ya...


Teman-teman juga baiknya menyiapkan bekal atau snack, dari rumah untuk anak-anak ya. Namanya bocah, mungkin jajanan kedai kurang cocok untuk selera mereka.


Sekali lagi, jangan lupa untuk selalu mengangkat sampah sisa makanan dan minuman kita ya, sebelum pulang.

 


Oke, ini dia cerita Kakak Giva dan Adek Devin sehabis berenang di Kolam Ranang Pasie Katapiang. Moga bisa jadi rekomendasi untuk Ayah Ibu, Om Tante, atau Kakek Nenek yang lagi hunting kolam renang anak dengan permainan air di Pariaman, Sumatera Barat. Makasih banyak ya, udah mampir...    

2 comments:

  1. kalau ajak keponakan kesini kayaknya bakalan susah buat diajak pulang
    seru kalau kesini rame rame sama keluarga ya

    ReplyDelete
  2. Hahahahaha ini anak2ku susah ditarik kalo udah kesini 🤣🤣🤣. Kemarin main di hotel yg ada water park nya aja susah bener ngajakin selesai.

    Tapi anakku yg bungsu takut Ama ember tumpah. Tiap diliat ember hampir penuh, menjauh dia biar ga kena 😂.

    Kangeeen ih mba ke Sumbar.. pengen ajakin anak2 kesini

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P