5 Tips Tetap Fit di Masa (Masih) Pandemi

Pandemi yang belum juga berakhir, malah mendatangkan virus dengan variant terbaru. Tentunya hidup memaksa kita harus tetap sehat. Berikut ini 5 tips dari saya untuk tetap fit, di masa yang masih pandemi kayak sekarang ini.

Apa kabar, teman-teman?


Kalau ngomongin tentang pandemi, iya... udah boseeennn banget ya rasanya. Tapi ya mau gimana, emang neng corona-nya masih belum mau beranjak juga, baik di negeri ini maupun di banyak negara lainnya. Terlebih lagi, tahun baru 2022 ini diisi dengan virus variant baru. Luar biasa memang ujian Tuhan untuk hal yang 1 ini. Moga kita semua bisa lulus ujian dari-Nya, dengan penuh kesabaran dan berpasrah diri ya.


Berpasrah diri, tentu bukan berarti kita nggak melakukan ikhtiar apa-apa kan. Sejak 2 tahun yang lalu rasanya, dengan penuh antrian kita melakukan vaksin sebanyak 2 kali. Moga teman-teman pun juga udah berkesempatan untuk menerima vaksin secara lengkap ya. Saya pun juga lagi siap-siap untuk vaksin yang ketiga.


Lalu sejak Covid datang ke Indonesia pula, kita mulai diwajibkan untuk mengenakan masker ketika keluar rumah, atau berada di dalam rumah pun sekalipun, sesuai kondisinya. Begitupun dengan aturan kesehatan lainnya, macam cuci tangan, tukar pakaian sepulang dari luar, dan sebagainya.


Alhamdulillah, hingga saat ini saya belum pernah terkena Covid-19. Moga teman-teman yang belum pernah terkena pun, Tuhan jaga kita dari segala penyakit berbahaya ya. Bagi teman-teman yang udah pernah kena, moga itu yang terakhir. Tuhan sehatkan selalu setelahnya.


Sebenernya nggak banyak yang saya lakukan. Cuma memang bisa dibilang, sejak Covid-19 tiba di Jakarta, saya udah lebih banyak di rumah aja. Lalu kalaupun keluar – ke warung, minimarket, atau pasar, harus banget pake masker.


Selebihnya, ini dia beberapa hal yang saya lakukan, sebagai ikhtiar saya biar tetap fit, dalam menghadapi pandemi ini.

 


5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Pandemi:


Berdoa


Kenapa berdoa ditempatkan yang paling utama? Karena Allah lah yang menentukan sehat dan sakit saya, kita semua. Selalu saya minta Allah, biar saya sehat terus dengan memudahkan ikhtiar yang saya lakukan.


Saya punya autoimun yang walau kadarnya paling rendah. Ini makanya, doa dan ikhtiar saya pun harus lebih.

 


Makan dengan Gizi Seimbang


Saya masih ingat betul, ketika awal Covid tiba di Jakarta. Rame orang menawarkan minuman ini itu, yang katanya bisa untuk menjaga imun tubuh. Saya sendiri nggak tertarik untuk mencobanya, karena emang nggak doyan, hahah...


Bukannya nggak yakin ya. Saya tau kok minuman itu memang dari rempah-rempah yang baik untuk kesehatan tubuh. Cuma ya nggak doyan, haha...


Saya lebih ke makin meningkatkan pola makan dengan gizi seimbang aja. Konsumsi sayur dan cemilan buahnya makin saya tingkatkan. Terutama yang berkenaan dengan Vitamin C. Pola makan gizi seimbang nggak mahal kok. Yang penting tercukupi karbo, protein, sayur, dan buah aja. Pilih yang terjangkau untuk kita masak tiap hari.

 


Olahraga


Saya memang bukan orang yang olahraga banget, sebisa mungkin tiap hari gerak badan dengan melakukan jalan kaki pagi atau sore. Di daerah rumah dulu memang masih bisa wara wiri berjalan kaki, yang penting nggak ada kerumunan atau duduk rapat untuk ngerumpi.


Kalau hari lagi hujan, saya melakukan sit up aja menggunakan tummy trimmer. Yang penting badannya ada gerak dan keluar keringat tipis-tipis.

 


Tidur Cukup


Pola tidur saya bisa dibilang buruk. Saya baru bisa tidur kalau udah di pergantian hari. Tapi sebisa mungkin saya usahakan untuk tidur di jam 10. Karena tidur yang cukup juga bagian dari menjaga kesehatan tubuh kan.


 

Minum Vitamin


Nah karena nggak doyan dengan minuman rempah-rempah itu, haha... Makanya asupan lainnya selain makan dengan gizi seimbang adalah... ya minum vitamin.


Vitamin isoman yang bisa menjadi rekomendasi adalah dari paket Pyfahealth. Eh kok vitamin isoman sih, Nit? Iya, vitamin isoman bukan berarti untuk orang-orang yang harus melakukan isolasi mandiri, karena lagi terkena Covid kan. Isoman ya cara kita untuk berada di dalam rumah, enggak banyak interaksi dengan orang-orang di luar.


Balik lagi ke paket vitamin isoman dari Pyfahealth. Dalam 1 paketnya udah lengkap, ada masker dan juga vitamin C yang bisa menjadi antioksidan untuk menjaga imun tubuh, serta Vitamin D untuk mencegah autoimun juga.


Ini dia paket lengkap dari vitamin isoman Pyfahealth:


1x masker KF94 sebanyak 4 Ply

1x Pyfahealth D3-1000 Suplemen Vitamin D3 1000 IU

1X Pyfahealth C-1000 Vitamin C 1000 MG

 


Vitamin untuk menjaga imun tubuh dari Pyfahealth ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, maupun anak-anak yang umurnya udah lebih dari 12 tahun. Minumnya 1 tablet sehari setelah makan ya...

 


Oke, ini dia 5 tips dari saya untuk menjaga tubuh biar tetap fit di masa yang masih pandemi ini. Moga bermanfaat untuk teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...

6 comments:

  1. Selama pandemi, aku jadi rutin mba minum suplemen, becomzet, vit D, vit E, minyak ikan dan madu Manuka. Makanan juga jadi lebih sehat dan olahraga rutin, 6x seminggu. Bisa jadi Krn itu, aku sekeluarga jadi juaraaaaaaang banget sakit selama pandemi. Pernah positif, tapi OTG. Kayaknya memang ngaruh sih Yaa kebiasaan sehat yg dilakuin.

    Krn sebelum pandemi , aku boro2 olahraga, minum multivitamin aja jaraaang. Dan bisa dibilang tiap bulan pasti ada sakit 😅..

    Jadi ada BGS nya sih pandemi ini. Maksa kita utk hidup lebih sehat

    ReplyDelete
  2. Iya meski aku udh ga isoman lagi tapi tetap mengkonsumsi vitamin ini supaya badan tetap vit

    ReplyDelete
  3. Yup, rutin minum vitamin penting juga ya biar tetap fit. Sehat selalu ya!

    ReplyDelete
  4. Udah pernah denger tentang vitamin pyfahealth ini, tapi belum pernah konsumsinya. Ini dikasih atau beli sendiri sih 😂

    ReplyDelete
  5. Setuju Miss... jangan lupakan juga minum Vitamin sebagai tambahan nutrisi yang mungkin tidak kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi...

    ReplyDelete
  6. thanks buat tips nya mbak.... asupan vitamin penting banget yaa di masa seperti sekarang

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P