Menjaga Kesehatan Mulut, Hidung, dan Tenggorok Selama (Masih) di Masa Pandemi

Covid-19 yang berkepanjangan, bahkan menghadirkan variant demi variant baru, tentu membuat kita nggak boleh abai terhadap kesehatan mulut, hidung, serta tenggorok. Berikut ini cara menjaga kesehatan selama masa pandemi bersama Betadine Urti Care.

Betadine Urti Care
Betadine Urti Care


Apa kabar, teman-teman?


Waktu itu, saya pernah ikut webinar yang diadakan oleh Betadine. Kalo ngomongin Betadine, yang terlintas di pikiran saya adalah obat merah, hehe... Alias obat untuk ngobatin luka di hati. Sekarang ini, Betadine ternyata udah punya paket untuk menjaga kesehatan mulut, hidung, dan tenggorok juga.


Webinar yang diadakan oleh Betadine tentunya ya seputar menjaga kesehatan mulut, hidung, dan tenggorok ini, yang merupakan salah satu ikhtiar biar kita terhindar dari Covid-19.


Kala itu, Pak Dokternya menjelaskan bahwa saluran pernapasan atas manusia, dimulai dari lubang hidung dan berakhir pada laring. Dan tentunya, saluran pernapasan atas dan bawah ini saling terkait satu sama lain.


Contohnya nih pada Covid-19. Virusnya masuk melalui rongga hidung, lalu parahnya kan setelah tiba di paru-paru ya.


Penyakit pada ISPA ini terjadi karena 70% virus serta 30% bakteri dan jamur. Salah satunya Corona virus ini.


Karena pentingnya menjaga kesehatan mulut, hidung, dan tenggorok, PT. Mundi Pharma yang merupakan induk perusahaan dari Betadine bekerja sama dengan kementrian kesehatan, melalui germas untuk ngasih edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan pernapasan ini.


Bahkan udah sejak 2017, PT. Mundi Pharma melakukan germas untuk sosialisasi tentang Personal Hygine dan Menstrual Hygine. Jadi Respiratory Hygine ini yang selanjutnya. Keren ya...


Sebenernya menjaga kesehatan mulut, hidung, dan tenggorok bisa dimulai dari hal yang sederhana, tapi terkadang kita suka abai nih. Makanya bisa karena hal yang sederhana ini pula, orang-orang jadi terkena Covid-19 deh.

 


Ini dia rutinitas sehari-hari yang harus kita lakukan selama masih di masa pandemi:


 

Cuci Tangan dengan Sabun


Tentu kita udah terbiasa ya untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Namun sejak pandemi tiba, kita pun diminta untuk mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik. Tentunya dengan memastikan telapak tangan dan kuku udah bersih.


Nggak cuma sebelum dan sesudah makan aja, tapi juga ketika abis bepergian dari tempat umum, atau setelah membersihkan hidung, abis batuk, atau bersin.


Kalau misalnya kita lagi berada di tempat yang nggak ada fasilitas cuci tangannya, kita bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70%. Bisa kita gunakan untuk seluruh permukaan tangan ya. Dan jangan lupa, pastikan hand sanitizer yang kita beli, merupakan produk yang benar.


 

Jaga Jarak dan Hindari Kontak dengan Orang Sakit


Terkadang urusan demi urusan bikin kita harus keluar rumah juga kan. Ketika memang mengharuskan demikian, sebisa mungkin kita untuk jaga jarak dengan orang lain. Ingatkan juga orang-orang terdekat, misal rekan kerja untuk selalu bilang, seandainya lagi kurang fit. Biar kita pun terhindar dari kontak dengan orang tersebut.

 


Di Rumah Aja


Kita memang nggak mungkin ya untuk selalu berada di rumah sepanjang waktu. Tapi ketika memang udah nggak ada lagi hal penting yang mengharuskan kita keluar rumah, tetaplah berada di rumah.


Rasanya sekarang ini berada di rumah juga bukan hal yang menjemukan ya. Karena macam kuliner dan nonton series pun bisa dilakukan di rumah aja kan.

 


Tutup Hidung dan Mulut


Ketika kita berada di dalam rumah, tentu kita lepas masker ya biasanya. Nah kalau pas lagi batuk atau bersin, gunakanlah tisu atau siku bagian dalam untuk menutup hidung dan mulut.


Setelah itu jangan lupa buang tisunya ke tempat sampah, lalu cuci tangan deh.

 


Gunakan Masker


Moga kita bukan termasuk orang yang bosan ya untuk menggunakan masker, tiap kali keluar rumah atau menerima tamu. Jangan lupa untuk menggunakan masker yang menutup seluruh hidung dan mulut, bukan masker yang kendor atau cuma mulut yang ditutup.

 


Bersih-Bersih Peralatan


Nggak dipungkiri debu juga bisa bikin kita batuk atau bersin, bahkan hingga flu kalau memang alergi. Ini makanya macam meja, rak, perlu kita bersihkan debunya secara berkala.

 


Jaga Saluran Pernapasan dengan Betadine Urti Care


Betadine
4 variants produk Betadine Urti Care

Saat ini Betadine udah punya 4 produk Urti Care. Yang masing-masing bisa untuk menjaga kesehatan rongga mulut, hidung, dan tenggorok. Ada apa aja...

 


Betadine Mouthwash & Gargle


Ini berguna untuk mengobati bau mulut, sariawan, sakit tengggoran, gusi bengkak, dan napas tidak segar. Cara menggunakannya dikumur hingga kena tenggorok selama 30 detik.

 


Kalau tertelan gimana? Kalau sedikit secara nggak sengaja nggak apa-apa kok, kata Pak Dokternya.

 


Betadine Cold Defence Nasal Spray


Ini berguna untuk mengurangi tingkat keparahan pilek dan flu. Cara menggunakannya disemprot ke hidung ya.

 


Betadine Throat Spray


Ini berguna untuk mengobati sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, serta bau mulut dan napas tak sedap. Pakainya disemprot ke tenggorok ya.

 


Betadine Lozenges


Kalau ini merupakan tablet hisap untuk meredakan sakit tenggorokan.



Untuk lebih lengkapnya, capcuss ke www.betadine.co.id aja ya...

 


Oke ini dia beberapa tips yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut, hidung, serta tenggorok selama masih masa pandemi. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga. Makasih banyak ya udah mampir...

6 comments:

  1. Iya nih kita masih dalam suasana pandemi. Menjaga kesehatan itu wajib banget, terutama mulut dan tenggorokan. Untung ada 4 varain Betadine. Betadine mouthwash and gargle ini mesti dimiliki dan diaplikasikan secara rutin nih. Biar virus menjauh dan napas jadi makin segar.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata banyak ya varian Betadine buat kesehatan mulut dan tenggorokan. Saya taunya cuma betadine mouthwash.. Xixixi. Ini ampuh banget kalau pas lagi gusi bengkak karena ada makanan nyelip ga keangkut atau kebuang. Kayaknya kalau batuk2 pakai semua varian betadine buat kesehatan mulut dan tenggorokan cepet kelar kali yaa batuknya.

    ReplyDelete
  3. Betadine ternyata banyak jenisnya dan lumayan lengkap. Sekarang ini kudu banget jaga kebersihan biar tetap sehat

    ReplyDelete
  4. keren ya banyak jenis betadine untuk kesehatan apalagi masa pandemi ini kita mesti jaga kesehatan, waspada itu perlu bangets ya

    ReplyDelete
  5. penting banget ya mbak menjaga kesehata mulut, dan hidung karena dua tempat ini tempat yang rentan tertular virus karena jalan masuknya bisa juga lewat itu yaa. Suamiku juga rajin gagle mbak, alhamdulillah selama ini dia sehat meski kerja udah mulai normal lagi.

    ReplyDelete
  6. Iyah Mbak, penting banget nih mengajarkan anak untuk menjaga kesehatan hidung, mulut dan tenggorok apalagi dalam masa pandemi ini secara ini sumber penyakit. Betadine harus selalu siap sedia ini di rumah :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P