Memilih Vitamin untuk Anak, Ini Dia yang Mesti Diperhatikan

Untuk memenuhi tumbuh kembang anak yang optimal, terkadang orang tua berpikir tentang vitamin untuk anak atau multivitamin untuk anak. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum memutuskan untuk memberikan vitamin dan multivitamin tambahan untuk anak-anak.



Apa kabar, teman-teman?


Anak yang sehat dan cerdas, tentunya menjadi keinginan bagi para orang tua. Bahkan sejak program kehamilan pun, besar harapan calon orang tua akan kesehatan dan kecerdasan calon anak-anaknya nanti.


“Tapi harapan terbesar gue mah punya anak yang sholeh dan sholehah, Nit?”


Kalau buat saya, pemahaman agama yang baik pun juga termasuk kecerdasan. Karena ketika kita bisa berpikir akan baik dan buruknya suatu hal, tentang apa yang dibolehkan dan dilarang Tuhan, itu kan karena kita punya akal pikiran yang baik.


Balik lagi pada perihal tumbuh kembang anak. Terkadang, karena membandingkan sana sini, apalagi kalau ada tekanan dari orang-orang sekitar, ini yang bikin orang tua terkadang salah pengertian tentang anak yang sehat.


Sampe sekarang pun, masih ada aja orang-orang yang berpikir kalau anak yang sehat itu haruslah berfisik gemuk. Ditambah lagi kalau orang tuanya juga kurang pemahaman akan tumbuh kembang anak, omongan tersebut tentunya akan langsung diiyakan.


Langkah yang paling awal terlintas biasanya adalah... kasih vitamin nafsu makan aja!


Kemudian ada juga anak-anak terlihat kesusahan menangkap materi pelajaran, atau mungkin obrolan dan instruksi tertentu, langsung lah orang tua berpikir, apa ya vitamin yang bagus untuk menambah daya tangkap anak?


Makin ke sini, vitamin anak memang makin beragam. Lalu, apa iya semuanya dibutuhkan untuk anak-anak, dengan kondisi apapun?

 


Vitamin yang Dibutuhkan oleh Anak-Anak


Untuk tumbuh kembang yang optimal, anak-anak membutuhkan beberapa vitamin. Ada apa ajaaa...


Vitamin A, yang gunanya untuk memperbaiki jaringan dan tulang yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan indra penglihatan.


Vitamin B, berguna untuk menjaga metabolisme dan produksi energi dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf.


Vitamin C, untuk menjaga kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit.


Vitamin D, untuk kesehatan tulang dan gigi.


Vitamin E, untuk melindungi sel-sel serta jaringan biar nggak rusak, sekaligus menjaga kesehatan sel darah merah.


Vitamin K, gunanya untuk mempercepat proses berhentinya perdarahan, misal anak-anak kena luka.

 


Kapan Anak Perlu Diberikan Vitamin?


Vitamin sebenernya cukup dipenuhi dari asupan makanan dengan gizi seimbang. Dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur dan buah, serta susu untuk melengkapi.


Tapi, kalau memang anak-anak ada kondisi atau gangguan kesehatan tertentu, tentunya dibolehkan untuk mengkonsumsi vitamin.


Selain itu, dari vitamin tambahan ini juga, anak-anak juga jadi mendapat suplemen mineral tambahan.


Tapi yang terpenting tentunya, pemahaman orang tua bahwa vitamin dan multivitamin tambahan hanyalah pelengkap, bukan pengganti asupan gizi seimbang.


Terkadang ada juga orang tua yang berpikir, kalau anak udah dikasih vitamin yang bahan bakunya dari sayur atau buah, jadi buat mereka nggak perlu lagi ngasih makan anak dengan sayur dan buah yang cukup.


Jadi tetaplah, makan dengan gizi seimbang yang utama, vitamin anak yang menjadi pelengkapnya, jika memang diperlukan.

 


Rekomendasi Vitamin untuk Anak Serta Multivamin untuk Anak




Vitamin untuk anak atau multivitamin untuk anak, tentunya disesuaikan dengan yang diperlukan oleh anak-anak. Kalau teman-teman lihat web-nya Natural Farm, di sana ada beberapa pilihan vitamin untuk anak maupun multivitamin untuk anak, yang bisa dijadikan pilihan.


Ada baiknya untuk berkonsultasi ke bidan atau dokter anak dulu, berbagi cerita tentang kondisi kesehatan dan tumbuh kembang anak, untuk meminta saran akan vitamin anak atau multivitamin anak yang mana, yang paling tepat diberikan untuk para buah hati.

 


Oke, ini dia sharing saya tentang vitamin anak dan multivitamin anak. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P