Pasta Ais Sirap Bandung - Es Bandung Malaysia untuk Menu Buka Puasa Praktis

Ada beberapa pilihan untuk menentukan takjil, alias cemilan berbuka puasa. Salah satunya adalah menu buka puasa praktis. Pasta yang dicampurkan dengan Ais Sirap Bandung, merupakan salah satu rekomendasi menu buka puasa praktis yang segar. Mari simak cara membuatnya, bersama #BPNRamadan2022

 

Pasta ais sirap bandung
Pasta ais sirap bandung

Apa kabar, teman-teman?


Menanti waktu buka puasa tiba, tentu nggak lepas dari pilihan takjil, atau cemilan apa yang akan kita santap saat berbuka puasa nanti. Bahkan sejak pagi pun, terkadang udah kita tentukan ya, pingin buka puasa dengan takjil apa hari ini, hahahhh...


Eh nggak apa-apa dong. Bagi kita-kita yang belanjanya harian, tentunya pagi-pagi harus kita pikirkan. Abis itu baru deh berangkat ke pasar atau warung sayur.


Ada banyak pilihan bagi seseorang untuk menentukan, takjil apa yang enak untuk hari ini. Ada takjil yang rendah kalori, ini biasanya untuk orang-orang yang lagi diet. Adapula takjil yang harus mencakup gizi seimbang, setidaknya takjilnya itu ada protein dan sayurannya.


Lalu ada juga penyuka takjil yang seger-seger. Nggak melulu tentang minuman yang dingin aja. Bisa juga macam asinan sayur atau buah. Ada juga tim takjil manis, misalnya kolak, bubur pacar cina, dan sejenisnya.


Takjil gorengan, nah siapa nih selain saya yang menu buka puasanya lebih sering gorengan? Haha... Mulai dari bakwan toge, bakwan jagung, martabak atau lumpia, risol kampung, dan sejenisnya tinggal diputer aja. Nggak lupa cocolan sambel kacang maupun saus sambalnya.


Kemudian ada juga tim yang pokoknya, menu puasa praktis. Baik bahannya yang gampang didapat, maupun cara membuatnya yang nggak pake ribet. Namanya puasa kan kadang lemes ya, hahah... Atau mungkin teman-teman karyawan full time yang pulang selepas Ashar. Jadi waktu untuk menyiapkan takjilnya kan harus cepat ya.

 


Pasta untuk Minuman


Kalau mendengar kata pasta, biasanya identik dengan makan yang diaduk dengan saus tomat. Padahal pasta itu sendiri rasanya hambar, jadi mau dimasak manis, asin, maupun pedas, sama enaknya kok.


Jadi pasta pun saya masak manis, untuk dijadikan campuran minuman. Semacam es cendol atau es campur yang minumannya ada isiannya.


Kali ini pastanya saya jadikan campuran untuk Ais Sirap atau Ais Bandung. Minuman campuran dari sirup dan kental manis, yang sering ada di food court Malaysia. Uwww... sebagai pengobat kangen liburan ke Malaysia juga kan...


Tinggal tuang-tuang trus aduk-aduk deh. Karena pake pasta, jadi pastanya dimasak dulu sebentar. Cuma tetap kok jadi menu buka puasa praktis yang bikin seger. Yuk kita siapkan bahan-bahannya:


Teman-teman bisa pilih pasta yang sejenis macaroni, fussili, atau cocciolini. Pokoknya pasta yang kecil-kecil aja. Ini saya pake yang cocciolini, yang bentuknya kayak kerang.


Es bandung Malaysia
Es bandung Malaysia

Cara membuat Pasta Ais Sirap Bandung, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:


100 gram pasta

+_ 1 mug air

+_ 2 sdm pewarna makanan rasa mocca atau cokelat

½ sdt margarin

2 sdm gula

 

200 gram kental manis

150 gram sirup cocopandan

50 gram susu evaporasi

500 ml air

Secukupnya es batu

 

Note:

Kalau susu evaporasinya nggak ada, skip aja. Kalau pake susu evaporasi, rasanya jadi makin gurih.

 


Lalu ini ya cara memasak Pasta Ais Sirap Bandung:


Campurkan pasta, air, pewarna makanan, margarin dan gula. Didihkan lalu matikan api. Belum empuk nggak apa-apa. Karena ini pasta manis, jadinya pake margarin ya biar nggak lengket, bukan minyak.


Diamkan selama 30 menit.


Masak lagi pasta sampe empuk dan airnya pun habis. Matikan kompor, diamkan sampe panasnya hilang. Ini biar warnanya melekat dan manisnya pun berasa.


Campurkan kental manis, sirup, susu evaporasi, dan air. Lalu aduk merata.


Pasta yang udah dingin, letakkan pada saringan, lalu cuci, kemudian tiriskan. Ini biar pewarnanya nggak nempel, jadi warna minumannya tetap pink.


Campurkan pasta pada minuman.


Tambahkan es batu. Oh ya, kalau pake es batu, rasa manisnya pas. Misalnya teman-teman mau tanpa es batu, tambahin ya airnya 100 ml lagi, biar nggak kelewat manis.

 


Ini rasanya macam makan cendol, tapi lebih kenyal. Silakan ditambahkan potongan nangka, semangka, pisang, atau tape, biar tambah enak. Tapi dengan pasta aja juga udah enak kok.


Oke, ini dia rekomendasi menu buka puasa praktis yang segar dari saya. Moga bermanfaat untuk teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P