Mau Investasi? Yuk Financial Check Up Dulu

Pentingnya melakukan financial check up sebelum memutuskan berinvestasi. Ini dia beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam melakukan financial check up.

 

FWD Insurance
Financial check up bersama FWD Insurance


Apa kabar, teman-teman?


Saya dibesarkan oleh seorang nenek, "orang dulu" yang bahkan SD pun enggak tamat. Tapi almarhumah nenek merupakan perempuan yang senang belajar. Hingga bisa merantau ke Jakarta pun, bukan karena modal jutaan atau emas sekian genggam. Tapi karena keahlian beliau yang pintar memasak dan menjahit.


Pontang panting mencari uang di rantau, yang mesti diimbangi dengan disiplin menabung dan berinvestasi, di tengah apa-apa yang semuanya mesti dibeli dan dibayar. Hingga akhirnya nenek bisa beli tanah, bukan dengan uang, tapi dengan menyerahkan sekian gram emas yang dikumpulkan sebagai investasi.


Dari pengalaman hidup beliau pula, saya pun diajarkan tentang pentingnya menabung emas. Bukan emas yang dibeli ketika gajian, lantas dijual kembali 2 minggu kemudian. Tapi emas sebagai investasi yang cuma boleh dijual kalau ada keperluan yang harus dibeli, atau dibayar dengan biaya besar.


Misalnya untuk melahirkan, anak sekolah, begitupun ketika anak-anak menikah. Bisa juga ketika mau membeli tanah, rumah, atau mobil. Tapi bukan untuk berganti-ganti mobil ya. Karena nenek juga mengajarkan, belilah kendaraan sesuai dengan kebutuhan.


Karena emas ini semacam investasi, yang nggak boleh dijual-jual sembarangan, makanya nenek pun mengajarkan beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli emas.


Jangan sampe, emas kita banyak, tapi kita makannya nggak bergizi. Atau, emas kita banyak, tapi biaya ini itu nggak sanggup bayar. Bukan pula membeli emas di sisa uang, tapi gimana cara mengatur porsi income dengan tepat.


Jadi ya financial check up memang sama pentingnya dengan melakukan medical check up, biar sehat badan, sehat keuangan pula, hehe...


Sampai akhirnya, FWD Insurance pun juga berbagi tips tentang melakukan financial check up sebelum memutuskan berinvestasi. Tips yang kurang lebih kayak yang diajarkan nenek dulu. Ada apa aja...

 


financial check up yang perlu dilakukan sebelum memutuskan berinvestasi:

 


Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran


Bagi yang punya penghasilan tetap harian, mingguan, maupun bulanan, tentunya akan lebih mudah untuk mengatur berapa biaya pengeluaran kita untuk kebutuhan. Untuk kebutuhan wajib ya, bukan untuk gaya hidup.


Karena nenek dulu nggak punya penghasilan tetap (nenek dulu berdagang), ini yang bikin beliau jauh lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang dan harus lebih disiplin dalam menabung. Namanya juga dagang. Hari ini rame, besok belum tentu. Jadi jangan sampe, makan modal dagangan karena ngikutin gaya hidup. Boro-boro mau nabung dan investasi ya.

 


Lebih Handal dalam Mengendalikan Keuangan


Dulu nenek selalu berpesan, ketika kita pingin membeli suatu barang, kalau misalnya barang tersebut pas dijual lagi harganya jadi berkurang – bahkan nggak ada harganya lagi, belilah sesuai kebutuhan aja.


Misal, nggak usahlah tiap kali kondangan pake baju baru. Atau kalau beli kendaraan, nggak perlulah harus dari brand yang dibilang mewah.


Simpanlah uang dan belilah emas untuk investasi. Bukan berarti kita nggak boleh mencicipi nikmatnya pizza, segarnya es kopi, atau serunya main di Dufan dan mall. Tapi jangan pula uang cuma dihabiskan untuk itu.

 


Merencanakan Kehidupan di Masa Depan


Menabung dan membeli emas juga bagian dari perencanaan masa depan. Tapi ada lagi yang juga nggak kalah pentingnya, yaitu membeli paket asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan. Karena kita nggak pernah tau, entah di masa mendatang punya kondisi kesehatan tertentu, yang mengharuskan kita untuk rawat inap maupun rawat jalan.


Apalagi nih, misal kita kena sakitnya pas lagi di negeri orang, yang bisa modarlah kalo hitungannya dollar, hahahah...


Bagi teman-teman yang lagi hunting asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan, FWD Insurance juga punya produk asuransi kesehatan, yaitu FWD Critical First Protection.


Produk ini ngasih solusi proteksi yang nggak cuma gampang dipahami dan terjangkau preminya, tapi juga mudah diklaim, serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan.


Selain itu, kalau misalnya nasabah nggak pernah mengajukan klaim, kita nggak perlu khawatir, karena uang preminya bisa balik 100% di akhir masa asuransi.


Saat ini FWD Insurance lagi punya promo gajian, pemirsahh... Jadi jangan sampe ketinggalan nih!


Ada diskon hingga 30% untuk setiap pembelian atau kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, dan Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei 2022.


Untuk informasi lebih lanjut, capcuss ke fwd.co.id aja ya....

 


Oke, ini dia sharing saya tentang financial check up bersama FWD Insurance, based on apa yang saya pelajari juga dari keluarga dulu. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P