Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing Kurban Biar Tetap Segar

Cara menyimpan daging sapi dan kambing kurban Idul Adha, biar nggak busuk ketika mau dimasak, serta gizinya pun tetap terjaga.


Tips menyimpan daging kurban
Tips menyimpan daging sapi dan kambing kurban Idul Adha


Apa kabar, teman-teman?


Pas pembagian daging kurban, terkadang kita menerima beberapa kantongan. Atau mungkin, daging hewan kurban itu dibagikannya udah sore. Mau masak kok rasanya udah males aja, haha... Mendingan besok pagi aja deh.


Daging kurban yang nggak langsung dimasak, tentunya harus simpan dulu di dalam kulkas maupun freezer. Biar daging nggak busuk pas mau dimasak keesokan hari, atau beberapa hari kemudian kalau lagi nggak males.


Selama ini saya pun taunya, daging cuma boleh disimpan di dalam freezer atau chiller. Ternyata daging pun juga boleh disimpan di dalam kulkas aja. Tergantung berapa lama kita mau menyimpannya.


Karena isi kulkas biasanya ada segambreng banyaknya, begitupun dengan freezer kan ya. Makanya, perlu ada beberapa yang mesti diperhatikan sebelum menyimpan daging sapi maupun daging kambing kurban di dalam kulkas atau freezer.


Jangan sampe, karena masuk kantongan daging, terutama kalo nyimpannya di kulkas bawah nih, malah bikin isi kulkas yang lain jadi bau, bahkan tersebar bakteri.

 


Bolehkah Menyimpan Daging Sapi dan Kambing di dalam Kulkas (Bawah)?


Penyimpanan daging sapi dan kambing dalam waktu singkat, dibolehkan aja sih kalau kita mau menyimpan di kulkas bawah.


Untuk daging sapi bisa disimpan di dalam kulkas selama 3 hari. Sementara untuk daging kambing, kalau misalnya dalam potongan besar, bisa disimpan selama 2 – 4 hari. Lalu untuk bagian paha, bisa disimpan selama 5 hari.


Sementara daging kambing yang udah dicincang, cuma bisa 1 hari aja. Karena kalau dicincang itu kan, daging semakin lama berada di luar dan kena udara suhu ruang, makanya jadi nggak bisa lama.


Pastikan juga kulkas kita memang pengaturan suhunya masih bagus, biar daging tetap segar.

 


Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing di Dalam Kulkas


Pisahkan Jenis Daging


Ketika menerima kantongan daging kurban, sebaiknya pisahkan dulu daging sapi dan daging kambingnya. Ini untuk memudahkan kita kalau mau dikeluarkan dari kulkas maupun freezer.


Seandainya teman-teman masih bingung cara membedakan daging sapi dan daging kambing, bisa mampir ke post ini aja ya -) Cara Membedakan Daging Kambing dan Sapi Kurban Idul Adha

 


Bungkus dengan Plastik Wrap


Biar nantinya nggak bikin bau dan mendatangkan bakteri ke seisi kulkas, daging kurban yang mau disimpan, harus dibungkus rapat. Sebaiknya gunakan plastik wrap aja biar aman.


Bisa juga kita simpan dalam wadah yang tertutup rapat ya, kalau nggak pingin menggunakan plastik. Sebaiknya daging disimpan per-porsi masak aja, untuk menghindari daging dikeluarkan kemudian disimpan lagi.

 


Beli Label dan Tanggal Penyimpanan


Kalau misalnya kita simpan daging sapi dan kambing sekaligus, biar nggak membingungkan, sebaiknya dikasih keterangan aja. Jadi pas mau dimasak, nggak perlu kita cek satu-satu kan.


Kalau diberi tanggal simpan pun juga akan semakin baik. Kita jadi tau, udah berapa lama daging tersimpan. Atau kalau misalnya ada beberapa, jadi bisa menggunakan yang lebih dulu dimasukkan.

 


Beri Alas Pada Plastik


Pas mau narok di kulkas, kasih wadah ya di atas kantongan dagingnya, misalnya piring atau mangkok besar. Jadi plastik daging ini nggak langsung melempel dengan rak kulkas.

 


Jauhkan dari Jenis Makanan Lainnya


Karena isi kulkas biasanya seabreg banyaknya, atau setidaknya kita menyimpan makanan dan bahan makanan lainnya, jadi kalau mau menyimpan daging kurban, jauhkan dari jenis makanan lainnya ya. Biar nggak terkena bakteri atau bikin rusak.


Simpan daging di area kulkas yang paling dingin.

 


Perhatikan Suhu Kulkas


Untuk daging sapi, bisa disimpan di dalam kulkas dengan suhu -1 s/d 5 derajat celcius. Sementara untuk daging kambing bisa disimpan dalam suhu 2 – 4 derajat celcius.


Nah kalo naroknya berbarengan daging sapi dan kambing? Mending pasang suhu yang paling rendah aja ya.

 


Itu dia beberapa tips menyimpan daging kurban di dalam kulkas. Untuk penyimpanan yang lebih lama, tentu sebaiknya disimpan di dalam freezer. Kalau teman-teman punya chiller, tentu akan lebih aman lagi.

 


Berapa Lama Daging Sapi dan Kambing Bisa Disimpan di dalam Freezer?


Untuk daging sapi, ternyata bisa disimpan di dalam freezer selama 1 tahun lamanya.


Sementara untuk daging kambing potongan kecil, bisa disimpan selama 3 - 4 bulan, kemudian yang potongan besar bisa mencapai 6 – 9 bulan.


Tapi kembali lagi, baiknya jangan kelewat lama gitu lah kita menyimpan daging dan bahan makanan lainnya ya.

 


Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing di dalam Freezer

 

Menyimpan daging kurban di dalam freezer, langkah awalnya sih sama ya. Pisahkan daging sapi dan kambing terlebih dahulu, nggak usah dicuci dulu, dan sebaiknya potong-potong aja ke ukuran lebih kecil.

 


Bungkus dalam Plastik Wrap Lapis Alumunium


Untuk menyimpan daging kambing kurban yang lebih lama, jadi setelah dibungkus dengan plastik wrap, sebaiknya dilapis lagi dengan alumunium foil ya. Biar udara benar-benar nggak masuk.


Jangan bungkus daging dengan ditumpuk juga, serta jangan lupa dikasih keterangan serta tanggal penyimpanannya ya.

 


Perhatikan Suhu Freezer


Daging kambing bisa disimpan dalam freezer dengan suhu -17 derajat celcius. Kalau daging sapi bisa disamakan aja ya, apalagi kalau kita menyimpannya bersamaan kan.

 


Ini dia beberapa tips untuk menyimpan daging sapi dan kambing di dalam freezer. Lalu selanjutnya, gimana cara mengeluarkan daging kurban kalau pingin dimasak?

 


Cara Mengeluarkan Daging Sapi dan Kambing dari dalam Kulkas dan Freezer


Untuk daging kurban yang disimpan di dalam kulkas, keluarkan daging dalam suhu ruang kalau emang udah mau dimasak. Misal masih mageran, haha... diemin dulu aja di kulkas.


Lalu ini nih, kalau dagingnya disimpan di dalam freezer, jangan langsung dikeluarkan dalam suhu ruang. Tapi pindahkan dulu ke kulkas bawah. Jadi untuk menghilangkan beku pada daging itu mesti pelan-pelan.


Dalam 450 gram daging kambing, untuk menghilangkan bekunya ini bisa selama 6 jam. Jadi baiknya kalau mau masak pagi-pagi, pas mau tidur dipindahin dulu aja kali ya dagingnya, dari freezer ke kulkas bawah.


Jangan hilangkan beku daging dengan cara direndam, karena ini bisa bikin daging jadi cepat busuk dan menyerap air juga.

 


Kalau nanti udah mau dimasak, dan teman-teman masih belum ada ide menu masakannya, bisa mampir aja ya ke -) 5 Rekomendasi Masakan Padang dari Olahan Daging Sapi Kurban Idul Adha


Oke, ini dia beberapa tips menyimpan daging sapi dan kambing di dalam kulkas dan freezer. Persiapan untuk menerima daging kurban Idul Adha nanti. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P