Rekomendasi Jurusan Komputer Universitas di Bandung

Ma’soem University - universitas di Bandung yang memiliki beberapa jurusan. Salah satunya adalah jurusan komputer. Rekomendasi bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah jurusan komputer di Bandung.


Ma'soem University - kampus dengan jurusan komputer di Bandung

 

Apa kabar, teman-teman?


Pernahkah teman-teman mendengar, atau bahkan mungkin ngalamin sendiri, tentang orang-orang yang setelah di perjalanan kuliah atau pas beberapa lama udah lulus, mereka menyesal udah memilih universitas atau jurusan tersebut.


Makanya, penting sekali untuk kita menimbang-nimbang cocok atau enggaknya, sebuah jurusan atau kampus yang kita incar. Mulai dari cari informasi dari mulut ke mulut dan googling sendiri. Begitupun dengan meminta pendapat orang-orang yang mengenal diri kita cukup baik.


Ada beberapa hal, yang menurut saya mesti kita pertimbangkan, sebelum mendaftar kuliah pada sebuah kampus atau jurusan. Ini dia di antaranya:

 


Tentukan Jurusan


Nggak apa-apa kok, kalau misalnya kita punya lebih dari satu pilihan jurusan. Entah sesuai dengan cita-cita kita sedari kecil, atau untuk hal yang realistis juga, misalnya pada jurusan tersebut peluang kerjanya akan lebih besar, di daerah tempat kita tinggal.


Namun pada akhirnya, tetaplah kita harus menentukan 1 aja di antara sekian banyak pilihan tersebut. Mintalah saran dari Tuhan biar nggak salah memilih. Kalau umat Islam bisa dengan melakukan sholat istikharah ya.


Selain itu, nggak ada salahnya juga meminta pendapat dari orang-orang terdekat. Dengarkan pula pendapat orang-orang yang jauh lebih tua dari kita, karena pengalaman kerja dan hidup mereka biasanya jauh lebih banyak, termasuk tentang dunia kerja dan bisnis.

 


Tentukan Universitas


Setelah kita putuskan untuk memilih 1 jurusan, selanjutnya adalah menentukan universitas yang menyediakan jurusan tersebut. Penting sekali bagi kita untuk mencari tau kualitas kampus tersebut.


Cari tau juga informasi, apa kampus tersebut pernah memiliki kasus atau enggak. Misal, kasus ijasah palsu, izin kampus yang udah mati, dll. Begitupun dengan tim pengajarnya. Apa pernah terdengar kena kasus, walau personal sekalipun. Misal, ada dosen yang terkena kasus melecehkan perempuan. Walaupun itu di luaran, tapi kan serem juga kalau kita belajar sama dosen kayak gitu.


Nggak apa-apa juga kalau kita punya beberapa pilihan kampus yang dituju. Datangi aja semuanya, biar kita makin bisa menentukan pilihan. Kalau perlu, ajak seseorang juga untuk sama-sama menyimak penjelasan pihak admin kampus. Biar nantinya bisa berdiskusi juga, untuk menentukan 1 kampus yang dipilih.

 


Lihat Lokasi


Setelah menentukan 1 kampus, pertimbangkan juga masalah lokasinya. Seandainya kita berangkat dari rumah, keburu atau enggak. Pertimbangkan macetnya. Begitupun kalau yang mau ambil kelas karyawan malam hari, pertimbangkan jarak dari kantor ya. Sore pun juga nggak kalah macetnya kan dengan pagi.


Seandainya memang jauh, apa memungkinkan kita untuk memilih kos dekat lokasi tersebut. Survey juga beberapa tempat kos yang tersedia.


Lebih bagus lagi kalau kampus tersebut punya asrama sendiri. Orang tua biasanya akan lebih nyaman melepas anak untuk tinggal di asrama milik kampus.

 


Pertimbangkan Biaya


Rezeki memang pasti Tuhan kasih, apalagi kalau kita punya niat baik untuk menuntut ilmu. Tapi tentu kita mesti realistis juga, dengan mempertimbangkan biaya yang mesti dikeluarkan hingga lulus nanti.


Diskusikan dengan orang tua, apa sekiranya mereka sanggup atau enggak. Kalau yang kuliah dengan dana sendiri, pertimbangkan juga income yang kita dapat, berikut pengeluaran lainnya. Karena jangan sampe, kita milih kampus yang mahal, lalu pengeluaran yang lain jadi terbengkalai.


Termasuk juga biaya harian dan kos atau asrama ya, plus biaya nggak terduga lainnya.

 


Waktu Belajar


Bagi orang-orang yang mengambil kelas karyawan, pemilihan waktu belajar ini tentu sangat penting. Dulu saya pun S1 nya juga ikut yang kelas karyawan. Saya pilih yang weekend, karena kalau kelas malam, saya akan capek banget.


Kelas reguler pun juga perlu kita pertimbangkan waktu belajarnya. Kalau rasanya kelas pagi itu bikin kita bakalan telat melulu, memilih kelas siang atau malam pun juga nggak ada salahnya kan.


Oke, itu dia beberapa tips sebelum memilih sebuah jurusan atau kampus yang dituju. Selanjutnya, saya mau ngasih rekomendasi untuk teman-teman, atau mungkin anak dan keponakan yang sekarang ini lagi hunting jurusan komputer, terutama yang lagi ngincer universitas di Bandung.



Ma’soem University – Universitas di Bandung yang Memiliki Jurusan Komputer


Saat ini, rasanya hampir semua hal dilakukan dengan komputer. Entah di dunia kantoran, bisnis, begitupun dengan dagangan rumahan yang menggunakan jasa aplikasi.


Belajar komputer di lembaga kursus vs memilih jurusan komputer, tentu banyak perbedaannya. Dengan memilih jurusan komputer di sebuah universitas, kita bisa dapat ilmu tentang dunia komputer jauh lebih lengkap.


Selain itu, ilmu pada jurusan komputer tersebut, juga akan diarahkan pada dunia kerja maupun bisnis. So it’s not  just about learning itself.


Lalu nggak dipungkiri pula, untuk dunia kerja, ijazah juga nggak kalah penting. Dengan memiliki ijazah sarjana dari jurusan komputer, bisa jadi pertimbangan HRD juga untuk divisi yang sesuai.


Bagi teman-teman, atau orang tua yang lagi mencari info tentang jurusan komputer pada universitas di Bandung , Ma’soem University bisa menjadi rekomendasi.


Ma’soem University berlokasi di Jl. Raya Cipacing. No.22 Jatinangor. Jawa Barat. Ma’soem University merupakan bagian dari Yayasan Al Ma’soem.

 


Berikut ini beberapa keunggulan dari jurusan komputer Ma’soem University:

 

Ada Beberapa Pilihan Jurusan


Jurusan komputer di Ma’soem University ini juga memiliki 4 jurusan yang spesifik untuk jenjang S1 dan D3, di antaranya:


Sistem Informasi (S1)

Bisnis Digital (D3)

Komputerisasi Akuntasi (D3)

Manajemen Informatika (D3)

 


Ada Kelas Reguler dan Karyawan


Tinggal kita pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya.

 


Ada Asrama Mahasiswa Putra dan Putri


Teman-teman yang tinggalnya jauh, jadi nggak perlu khawatir atau susah-susah nyari kos nih. Karena asrama untuk laki-laki dan perempuan juga udah tersedia.

 


Ada Pendukung Pembelajaran Lengkap


Laboratorium komputer, laboratorium jaringan, studio multimedia, serta pendukung pembelajaran lainnya juga tersedia di Ma’soem University.

 


Fasilitas Olahraga dan UKM Lengkap


Biar imbang antara kegiatan formal dan informal, ada beberapa fasilitas yang disediakan ya.

 


Biaya Kuliah Terjangkau


Biaya kuliahnya cuma Rp. 600 ribu per-bulan nih. Untuk sistem pembayarannya, bisa langsung hubungi admin kampusnya aja ya...

 


Oke, ini dia rekomendasi jurusan komputer dari universitas di Bandung. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir... 

No comments: