Health Talk tentang Fakta dan Mitos Saraf Kejepit di RS. Premier Bintaro

Seringkali, sakit pinggang diidentikkan dengan saraf kejepit. Lalu, saraf kejepit juga sering dianggap sebagai penyakit nyeri ringan, yang cukuplah diurut atau dikretek aja. Tapi, ada pula yang bilang, saraf kejepit kalau berbahaya, harus dioperasi. Ada banyak fakta dan mitos tentang saraf kejepit. Berikut ini beberapa penjelasan tentang saraf kejepit, beserta fakta dan mitos menurut pakarnya.

RS. Premier Bintaro
Bincang tentang saraf kejepit di RS. Premier Bintaro


Apa kabar, teman-teman?


Duduk yang kelamaan, terkadang bisa bikin punggung atau pinggang terasa nyeri. Begitupun kalau tidur dengan posisi yang nggak berubah sampe pagi. Begitu bangun, leher pun jadi terasa susah digerakkan. Bahkan nengok pun susah. Nah, ini biasanya orang-orang suka bilang, “Kena saraf kejepit nih!”


Kalau udah gini, biasanya sebagian orang akan ke tukang urut atau dikretek kayak yang waktu itu viral di dunia tiktok. Ah, ketahuan nita nongkrongnya di tiktok mulu nih, haha...


RS. Premier Bintaro
Membahas fakta dan mitos tentang saraf kejepit di RS. Premier Bintaro


Minggu, 7 Agustus 2022 lalu, bersama teman-teman bloggers dan vloggers lainnya, kami pun diundang untuk nyimak health talk tentang “Fakta dan Mitos Saraf Kejepit” di RS. Premier Bintaro.


Bersama dr. Omar Luthfi, Sp. OT(K-Spine), kami mendapat banyak ilmu tentang fakta dan mitos dari saraf kejepit.



Sebelum health talk-nya dimulai, bloggers dan vloggers pun diajak hospital tour dulu. Berkeliling melihat ruangan demi ruangan yang ada di RS. Premier Bintaro. Wah, ruangannya mewah banget, udah kayak di hotel atau apartemen aja. Selain mewah, fasilitasnya juga cukup lengkap di RS. Premier Bintaro ini. Nanti kita bahas di bawah lagi ya...

 


Saraf Kejepit – Fakta dan Mitos yang ada


Saraf kejepit, kalau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah pinch nerve. Yaitu sebuah kondisi di mana saraf tertekan oleh jaringan tubuh yang ada di sekitarnya.


Biasanya, orang yang kena saraf kejepit ini kalau melakukan gerakan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. Misalnya mengetik, nah duduk mulu kan dalam waktu berjam-jam. Jadinya nyeri punggung atau sakit pinggang deh.


Saraf kejepit bisa terjadi pada saraf serviks yaitu di area leher dan pundak. Kemudian pada toraks dan lumbal di punggung, serta dada bagian atas. Lalu pada ulnaris di lengan dan siku. Serta saraf pada pergelangan tangan.


Penyebabnya bisa karena cedera saat melakukan olahraga. Lalu postur tubuh yang enggak baik, ternyata bisa kena saraf kejepit juga. Kemudian orang-orang punya rematik nih. Tekanan akibat gerakan berulang, kayak mengetik juga bisa. Lalu carpal tunnel syndrome, yaitu sebuah kondisi yang terjadi pada jari, yang menyebabkan kesemutan.


 

Apa nyeri punggung bawah, atau yang lebih dikenal dengan sakit pinggang, merupakan tanda dari saraf kejepit?


Hemm... ternyata mitos, pemirsahhh... Cuman, kalau misalnya nih, rasa nyerinya itu udah menjalar sampe ke tungkai bawah. Udah gitu, ada kesemutan dan mati rasa atau baal. Gerak tungkai jadi lemah. Kemudian ada masalah dengan gangguan rangsang BAB atau BAK. Nah ini merupakan gejala dari saraf kejepit.

 


Lalu, apa saraf kejepit itu kalau dibiarkan, bisa menyebabkan kelumpuhan?


Eh ternyata, ini fakta loh. Wah, serem juga ya. Makanya sebelum parah, ketika memang udah ada gejala saraf kejepit, mending cepet-cepet check ke dokter ya.

 


Kalau misalnya kena nyeri punggung bawah, boleh nggak sih diurut atau dikretek?


Diurut atau dikretek kayak yang lagi viral waktu itu, emang bikin punggung jadi terasa lebih nyaman ya. Mau pas pegal-pegal aja, atau ketika punggung lagi nyeri.


Kata dr. Omar, diurut atau dikretek itu boleh-boleh aja, alias ini fakta ya. Tapi, nggak semua nyeri punggung bawah itu boleh diurut atau dikretek. Nanti yang ada, malah bikin cedera jadi tambah parah.


Hemm... bikin bingung juga ya. Makanya memang lebih baik langsung check aja ya...

 


Trus, kalau misalnya kena saraf kejepit gitu harus dioperasi, nggak, sih?


Hemm... mungkin bayangan kita, karena ini organ dalam tubuh ya. Jadi ketika rasanya kok sakit banget, apa perlu dilakukan operasi. Mungkin ada yang mesti dibenerin, gitu.


Ternyata ini mitos ya. Tapi terkadang operasi juga diperlukan, kalau gagal melakukan terapi konservatif. Jadi nyerinya itu udah menetap selama lebih dari 6 minggu. Selain itu, bisa juga kalau udah terjadi kelemahan anggota gerak, terdapat gangguan instabilitas atau gangguan bentuk  tulang belakang, serta berpotensi menyebabkan kelumpuhan.


Jadi bukan yang begitu kena saraf kejepit, langsung ambil tindakan.

 

 


Nah, kalau misalnya udah melakukan operasi tulang belakang, ini berisiko menyebabkan kelumpuhan tinggi, nggak, sih?


Ternyata ini mitos juga ya. Karena sekarang itu kan ilmu pengetahuan udah makin maju. Udah gitu, keterampilan para dokter juga udah semakin tinggi, serta alat-alatnya kan juga udah semakin canggih.


Kalau dari saya, yang terpenting, carilah rekomendasi rumah sakit yang memang benar-benar bagus untuk menangani masalah ini.

 


Penanganan Awal Ketika Terkena Saraf Kejepit


Ketika rasanya terkena saraf kejepit, bisa melakukan bed rest maksimal selama 2 hari. Setelah itu andai belum pulih juga, tentu sebaiknya melakukan check ulang ya. Sembari bed rest, juga dilakukan analgetik, atau pemberian obat untuk pereda nyeri.


Selanjutnya bisa juga dibantu dengan menggunakan korset. Perbaiki juga gaya hidup kita ya. Misalnya banyak gerak, jangan duduk terlalu lama, dan segala yang berkenaan dengan saraf kejepit ini.


Tentunya, untuk pulih secara total, bisa dengan melakukan program rehab medik oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

 


Berkenalan dengan RS. Premier Bintaro


RS. Premier Bintaro
RS. Premier Bintaro

Adakah teman-teman yang juga pernah menjadi pasien dari RS. Premier Bintaro? Saat melahirkan misalnya.


RS. Premier Bintaro ini berada di Jl. M.H. Thamrin No. 1. Sektor 7 Bintaro Jaya. Tangerang Selatan.


RS. Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group. Rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas lainnya, di Australia, Inggris, Perancis, Malaysia, dan Indonesia.


Indonesia keren juga, bisa ada rumah sakit yang bertaraf internasional begini.


Sejak tahun 1998, RS. Premier Bintaro ini diakui keahliannya di bidang layanan ortopedi. Dengan salah satu layanan terbaiknya, yaitu Ramsay Spine Center, untuk mengatasi semua masalah tulang belakang.


Jadi untuk mengobati saraf kejepit, serta masalah tulang lainnya, RS. Premier Bintaro tentu bisa menjadi rekomendasi.


Untuk info lengkap akan fasilitas lainnya, teman-teman bisa mampir ke https://www.ramsaysimedarby.co.id/selamat-datang-di-rs-premier-bintaro aja ya, atau cuss ke akun instagram @RSPremierBintaro

 

RS. Premier Bintaro
Bersama bloggers dan vloggers di RS. Premier Bintaro


Oke, ini dia keseruan selama di RS. Premier Bintaro dalam health talk tentang fakta dan mitos saraf kejepit. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

4 comments:

  1. Aduuuh, ngeri amaaat kalau dikretek2 sama tukang urut. Konsultasi ke dokter tentu pilihan terbaik dan masuk akal dong ya 😊 Alhamdulillaah pelayanan kesehatan dan fasilitas di RS. Premier Bintaro ini canggih dan lengkap sekali. Pengobatan secara berkala dan berkelanjutan penuh kesabaran bisa lekas menyembuhkan pasien 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walau gimanapun memang mesti ke ahli medis aja ya :D

      Delete
  2. Ternyata di kretek itu kudu sama ahlinya ya, ta ga boleh sembarangan. Emang enak sih kalau udah di kretek.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P