Seleksi Jalur Mandiri KIP-Kuliah, Kapan Waktunya dan Apa Persyaratannya?

Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan salah satu bantuan dari pemerintah, untuk para siswa dari keluarga tidak mampu namun berprestasi, untuk melanjutkan kuliah. Saat ini proses Seleksi Jalur Mandiri KIP-Kuliah untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta, masih dibuka hingga Oktober 2022. Mari catat jadwalnya, serta apa aja syaratnya.

 


Apa kabar, teman-teman?


Saat menjelang kelulusan, biasanya anak-anak udah mulai merencanakan langkah selanjutnya. Nggak cuma anak sekolahnya aja lho. Teman-teman saya pun yang anak-anaknya udah di kelas 12, juga ikutan sibuk merencanakan masa depan anak-anak, haha... Walau keputusan tetap pada pilihan si anak.


Kuliah atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, biasanya menjadi pilihan yang cukup besar. Selain langsung mencari pekerjaan setamat sekolah. Karena dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bekal untuk berkarir nantinya pun juga makin bertambah. Mulai dari bekal ilmu, hingga ijazah yang didapat.


Tapi, terkadang ada anak-anak yang mengimpikan sekolah hingga sarjana. Sayangnya, biaya kuliah yang bagi sebagian orang tua teramat besar, mau nggak mau mematikan impian si anak.

 


Berkenalan dengan Kartu Indonesia Pintar


Teman-teman mungkin juga udah sering dengar, atau bahkan mungkin ananda dari teman-teman sendiri yang juga punya. Kartu Indonesia Pintar, atau yang biasa kita kenal dengan KIP, merupakan upaya bantuan dari pemerintah untuk para siswa. Kartu atau bantuan ini bisa digunakan mulai dari tingkat SD hingga SMA.


Ternyata selain KIP, bantuan berupa KIP-Kuliah juga ada. Sebuah lanjutan dari program bantuan pemerintah, untuk para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.


Dengan adanya KIP-Kuliah ini, tentu cukup menolong para orang tua yang ingin menguliahkan anak-anaknya.

 


Beasiswa Apa Saja yang Didapat dari KIP-Kuliah?


Beasiswa yang diberikan dari KIP-Kuliah ini bisa digunakan untuk biaya pendidikan, maupun biaya hidup calon mahasiswa.


Beasiswa pendidikan bisa dimulai dari 2,4 juta hingga 12 juta per-semester. Tergantung dari jenis akreditasi kampus yang dipilih. Lalu untuk beasiswa biaya hidup, ini dilihat dari jenis cluster-nya. Kisarannya mulai dari 800 ribu hingga 1,4 juta per-bulan.

 


Bagaimana Cara Mengurus Pendaftaran KIP-Kuliah?


Untuk mendaftar KIP-Kuliah, diperlukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta berkas lainnya yang nantinya diperlukan.


Info lengkap serta bagaimana cara mendaftar KIP-Kuliah ini, teman-teman bisa langsung mampir aja ya ke web kip-kuliah.kemdikbud.go.id

 


KIP-Kuliah Bisa Digunakan untuk Mendaftar Ke Mana Saja?


Ada beberapa seleksi perguruan tinggi yang bisa diikuti. Mulai dari SNMPN, SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan SBMPN. Tapi untuk di tahun 2022 ini, semua tes tersebut udah selesai jadwalnya.


Tenanggg... Masih ada tes selanjutnya yang bisa diikuti, haha... Yaitu Seleksi Mandiri PTN dan Seleksi Mandiri PTS.


Jadwal Seleksi Mandiri PTN udah dimulai sejak tanggal 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022. Kemudian untuk Seleksi Mandiri PTS juga udah dimulai sejak tanggal 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022.

 


Apa Saja Persyaratan untuk Mendaftar Jalur Mandiri KIP?


Persyaratan untuk mengikuti Jalur Mandiri KIP ini ada 2 jenis, yaitu persyaratan umum dan khusus.

 

Berikut ini beberapa persyaratan umum yang diminta:


Calon penerima KIP-Kuliah ini akan lulus SMA atau sederajat. Atau udah lulus pada tahun ini, dan maksimal lulus 2 tahun yang lalu.


Calon penerima berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun punya prestasi dan nilai akademik yang bagus.


Udah lolos resmi seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi yang dituju.

 


Lalu untuk persyaratan khusus, teman-teman bisa mampir ke web UMN aja ya, bisa langsung klik ini aja -) Seleksi Jalur Mandiri KIP

 


Berkenalan dengan Universitas Multimedia Nusantara


Universitas Multimedia Nusantara, atau yang lebih dikenal dengan UMN. Pertama kali saya tau kampus ini, dari murid privat saya dulu yang pingin mendalami skill design-nya. Murid saya pun akhirnya memilih Design Komunikasi Visual (DKV). Udah lumayan lama juga dia lulus S1 di UMN ini.


Oh ya, UMN ini didirikan oleh Kompas Gramedia, di bawah naungan Yayasan Multimedia Nusantara.


UMN berada di Jl. Boulevard. Gading Serpong. Curug Sangereng. Kelapa Dua. Tangerang. Banten.


Ada beberapa fakultas yang bisa dipilih, mulai dari Fakultas Tekhnik & Informatika, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Seni & Design, serta Continuing Education Department.


Selain kualitas pendidikan serta suasana kampusnya yang juara – begitu cerita murid saya, keunggulan lainnya adalah UMN juga menerima beasiswa, termasuk beasiswa yang berasal dari pemerintah.


Jadi kalau teman-teman, mungkin punya anak atau keponakannya ada yang lagi hunting kampus swasta di Jabodetabek, UMN bisa jadi rekomendasi ya...

 


Oke, ini dia sharing saya tentang KIP-Kuliah beserta persyaratannya. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir... 

2 comments:

  1. Serius baru tau kalau ada jalur kuliah lewat KIP. Bisa segera di ajuin deh tuh ya buat yg semangat kuliah to ga ada biayanya.

    Cuma.. Hmm. Perlakuannya akan sama ga ya sama mahasiswa2 yg lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya membantu banget kan ya. Kalau untuk fasilitas itu sama atau enggak, bisa ditanyakan langsung aja Mi :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P