5 Jenis Buku Bacaan Mahasiswa Baru untuk Persiapan Karir

Selain buku pelajaran mata kuliah, ada beberapa rekomendasi buku mahasiswa baru yang bisa membantu untuk persiapan karir selepas kuliah nanti. Jenis buku apa aja? Mari simak ulasannya...

 


Apa kabar, teman-teman?


Nggak dipungkiri, dunia googling memang sangat memudahkan sebagian besar masyarakat, dalam mencari informasi. Bahkan bisa dibilang, majalah dan surat kabar yang dulunya dalam bentuk fisik, sekarang hadir dalam tampilan digital. Walau tentu masih ada satu persatu yang tercetak.


Lalu gimana dengan sebuah buku? Di tengah kehidupan yang apa-apa “googling aja”, ya mending googling aja nggak sih, daripada baca buku? Apalagi, kalau buku yang kita inginkan itu harganya mahal. Sementara dalam ranah google, apa sih yang nggak ada? Hemm...

 


Buku, Menyajikan Informasi Secara Menyeluruh


Misalnya saya mau mencari informasi tentang “Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan dari Rumah”. Ketika membacanya dalam sebuah buku, biasanya saya akan mendapatkan informasi yang lengkap.


Mulai dari jenis-jenis karir yang ada, apa aja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi pekerjaan dari rumah, jenis-jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, sistem upah, masalah-masalah yang biasa dihadapi oleh para pekerja dari rumah, dan segala hal yang terkait. Semuanya bisa kita baca dalam sebuah buku.


Sementara dalam googling, biasanya informasi yang kita dapat ya cuma 1 tema. Sementara untuk tema yang lain, kita harus googling lagi.


Jadi alangkah baiknya untuk membaca buku yang kita perlukan, lantas googling-lah untuk melengkapi wawasan.

 


Ada Sumber yang Jelas


Bukan berarti informasi yang kita dapat dari google itu sumbernya nggak jelas. Toh saya pun kalau menulis tentang informasi, dari hasil membaca sana sini juga. Nggak boleh lah kita nulis seenak udel, haha...


Cuma kalau dalam sebuah buku, ada sumber kutipan yang terkumpul dalam daftar pustaka. Jadi akan lebih jelas dari mana informasi yang didapat.


Bukan berarti nggak ada buku yang hoax, tapi dalam internet rasanya lebih banyak ya hoax bertebaran. Karena distribusinya jauh lebih mudah ketimbang mencetak sebuah buku.


Jadi baik membaca buku maupun googling, bijaklah dalam mencari informasi.

 


Dari Mana Saja Mahasiswa Bisa Menambah Koleksi Buku Bacaan?

 

Membeli


Buku yang sangat kita perlukan informasinya, atau sangat menarik sekali ceritanya, tentu pingin kita baca berulang-ulang. Dengan membeli sebuah buku, kita jadi bisa membacanya kapan aja.


Membeli buku pun nggak melulu yang baru. Buku preloved pun juga nggak kalah banyaknya. Ada juga buku-buku yang saya beli preloved, dengan kemasan yang bagus. Harganya jadi lebih murah.

 


Menyewa di Perpustakaan


Terkadang buku yang kita inginkan terasa mahal harganya. Kalau memang demikian, cobalah pergi ke perpustakaan. Mana tau buku tersebut tersedia, dan kita bisa menyewanya. Jauh lebih murah, bukan, ketimbang membeli? Kalau masih diperlukan, kita bisa memperpanjang masa sewanya.

 


Sistem Barter Meminjam


Beruntunglah kalau kita punya circle yang juga senang membaca buku. Kita jadi bisa saling tukar meminjam. Yang terpenting jagalah kepercayaan teman, jangan sampe mereka kapok untuk barter pinjam dengan kita, haha...


Bertukar buku juga bisa dilakukan. Mana tau memang ada dari circle kita yang mau. Bergabunglah dengan komunitas buku, untuk mendapatkan circle yang lebih luas.

 

 


Jenis Buku yang Sebaiknya Dibaca oleh Mahasiswa Baru


Buku apa yang paling bagus dibaca oleh mahasiswa? Tentu jawabannya disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa itu sendiri. Tapi kalau untuk menunjang karir setelah lulus nanti, berikut ini 5 jenis buku yang menurut saya bagus, untuk dibaca oleh mahasiswa baru. Mempersiapkan karir sejak awal masuk kuliah, tentu jauh lebih baik, bukan?

 


Buku Berbahasa Inggris


Makin mahir bahasa Inggris kita, tentu akan menjadi nilai plus bagi perusahaan yang ingin meng-hire kita nanti. Jadi perbanyaklah bacaan buku berbahasa Inggris, baik fiksi maupun nonfiksi. Pilih tema yang ringan-ringan aja, biar nggak mumet bacanya, haha...


Yang terpenting kita jadi makin terbiasa melihat grammar, writing in English, serta menambah vocabulary baru.

 


Buku tentang Karir


Sekalipun teman-teman punya niat, mau jadi ibu rumah tangga aja selepas kuliah nanti, saran saya tetap bacalah buku-buku yang berhubungan dengan karir. Misalnya jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Mana tau nantinya dibutuhkan.

 


Buku tentang Cerita Kesuksesan Seseorang


Ada banyak sekali orang-orang yang berbagi cerita kesuksesannya dalam sebuah buku. Nggak melulu orang-orang terkenal ya. Ini juga menambah wawasan kita, akan suka dukanya seseorang dalam menjalani pekerjaan tersebut. Apalagi kalau itu juga karir yang kita inginkan.

 


Buku tentang Hobi


Nasib hidup nggak ada yang tau. Adakalanya di kemudian hari, ketika ijazah atau ilmu dari bangku kuliah nggak bisa dijadikan modal untuk mencari cuan, mana tau dari sebuah hobi, Tuhan memberi jalan.


Misalnya kayak saya yang hobi masak dan menulis, sementara kuliah saya adalah Sastra Inggris. Dari buku tentang How to Monetize Blog lah pada akhirnya saya bisa mencari cuan lewat kedua hobi, melalui wadah blog ini.

 


Buku tentang Psikologi Populer


Buku-buku tentang psikologi populer atau yang berhubungan dengan mental, ini juga nggak kalah pentingnya. Mindset jadi bisa lebih terbuka. Andai kita bekerja nggak sesuai jurusan, menghadapi dunia kerja, dll. Bisa juga tentang cerita-cerita gagal seseorang, untuk menguatkan mental karena hidup nggak selamanya lurus-lurus aja kan.

 


Lalu, untuk rekomendasi judul buku yang bagus untuk dibaca oleh mahasiswa baru, teman-teman bisa mampir ke link ini aja ya -) Rekomendasi Buku Bacaan Wajib Bagi Mahasiswa Baru

 


Oke, ini aja sharing saya tentang buku bacaan yang bagus untuk dibaca oleh mahasiswa baru. Moga bermanfaat bagi teman-teman ya. Atau mungkin untuk ayah ibu dan kakak yang ingin menghadiahkan buku untuk ananda, saudara, atau teman terdekat. Makasih banyak ya udah mampir.

1 comment:

  1. Beneer mba, apalagi yg namanya mahasiswa, seharusnya tiap saat pasti berkutat dengan buku2 juga. Atau e-book. Tapi toh sama2 fungsinya utk membaca dan memperluas pengetahuan. Dengan banyak membaca buku2 jenis di atas, setidaknya bisalah membuka pandangan baru apa yg akan dia lakukan selulusnya kuliah nanti. Mau kerja di rumah atau kantoran, apa aja bagus, yg penting tetep bisa menghasilkan.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P