Sharing Memotret Menggunakan Alas Foto Hitam – Behind the Cekrek

Memotret dengan alas foto warna hitam, biasa kendalanya antara foto jadi gelap atau alas foto jadi nggak hitam pekat. Berikut ini bukan tips, tapi sharing saya dalam memotret makanan menggunakan alas foto hitam.

 


Apa kabar, teman-teman?


Sebelumnya saya seneng ngelihatin foto-foto di instagram yang menggunakan alas foto berwarna hitam. Kalau buat saya, fotonya jadi terkesan elegan dan classy. Alas foto yang gelap, tapi bisa bikin object utamanya terang. Hemm... susah nggak ya, belajar motret kayak gitu...


Lalu saya menyiapkan alas foto yang dibeli gulungan. Bahannya kayak terpal gitu, tapi tipis. Cuma ketika digelar di lantai, terbilang tebal juga, nggak bikin bawahnya jadi kelihatan.


Alas foto gulungan enaknya jadi leluasa menata ini itu, ketimbang pake alas foto lipat. Cuma karena gulungan, tentunya jadi bikin ada lipatannya. Ya sama sih, alas foto lipat kan juga ada lipatannya, tapi cuma garis tengah doang kan.


Harusnya memang digantung pake tiang untuk gantung hanger baju. Cuma karena nggak punya, ya udah saya gulung aja. Lagipula, saya suka dengan bekas lipatannya itu yang bikin alas fotonya jadi kayak ada motif, haha...


Alas foto berwarna hitam, bikin object makanan jadi gelap. Yang jadi masalah bagi saya itu ya cara set lighting.


-) Kalau lighting-nya dikurangi, fotonya jadi gelap.


-) Kalau lighting-nya tetap atau dinaikkin, alas fotonya jadi nggak hitam pekat lagi. Udah gitu warna object-nya jadi nggak natural lagi. Kalau misalnya yang difoto itu sebuah produk, warnanya jadi berubah itu kan kurang oke. Terkadang client-nya jadi nyuruh revisi deh, haha...

 


Sekali lagi ini bukan tips, haha... Saya takut kena tampol mastah food blogger, kalau sok ngasih tips, haha... Jadi sharing aja ya, selama memotret menggunakan alas foto berwarna hitam.

 


Cara Memotret Makanan Menggunakan Alas Foto Hitam:


https://vt.tiktok.com/ZS8edf3Lt/


Alat Cekrek Saya


Kamera yang saya gunakan ini mirrorless Fuji X-A3 sejak hampir 3 tahun yang lalu. Awalnya karena kamera sebelumnya mati mendadak, dan udah nggak bisa dibenerin lagi. How sad... Lalu saya pinjam kamera adek sepupu, mirrorless Fuji juga, jaman pertama kali Fuji ngeluarin mirrorless.


Lighting-nya Fuji yang bikin saya jatuh cintaaa... Cuma kekurangannya kamera adek ini, belum ada fitur touch screen. Ini merepotkan bagi saya yang gaptek, hahahah... Kalau mau fokusin ke 1 object.


Jadilah pas udah ada duit, saya beli mirrorless Fuji juga, kurang lebih dengan fitur yang saya butuhkan, dan harganya pun nggak mahal-mahal amat.


Lalu untuk memotret di rumah, saya harus menggunakan tripod. Ini sangat membantu untuk menghindari blur, serta posisi foto pun bener-bener kayak yang saya mau. Makanya bisa dibilang, hampir semua editing foto saya (setelah ada tripod) cuma cek lighting aja.

 


Ada Sinar Matahari atau Lampu yang Terang


Mau menggunakan alas foto apapun, saya memang menghindari matahari yang lagi nyorot-nyorotnya. Ini bisa bikin gelap object karena silau.


Kalau memotret menggunakan alas foto hitam ini biasanya selepas Ashar, di teras. Bisa juga pagi sampe jam 9. Matahari udah nggak kelewat nyorot. Karena saya nggak blocking light and shadow.


Kalau di Jakarta dulu motretnya di dalam rumah, selurusan dengan pintu dan dibuka. Jadi cuma menggunakan lampu rumah aja yang putih terang. Mau motret malam pun bisa. Bukan lampu tambahan ya, lampu dari ruangan aja.

 


Set Lighting Kamera


Semua foto saya, menggunakan mode SR+ SR Auto Lanjutan. Karena yang saya butuhkan itu untuk fokusin ke 1 object. Udah gitu, object yang difokusin ini warnanya juga jadi brighter. Misal foto dendeng balado, cabenya bisa jadi merah merona, haha... Apalagi kalau menggunakan alas foto hitam. Object utamanya jadi lebih terang.


Kemudian untuk lighting-nya, saya set di -1.


“Lah kok foto udah gelap, malah set lighting-nya lebih gelap sih, Nit?”


Iyess, karena saya maunya alas fotonya tetap hitam pekat, bukan jadi abu-abu tua. Udah gitu warna object fotonya juga look natural, tapi gelap tentunya. Nanti kita atur berikutnya, haha... 


Jadi cahaya matahari atau lampu ruangan, gunanya untuk object jadi terang, sedangkan lighting kamera diturunkan biar alas fotonya tetap hitam pekat. 


Kalau udah diatur semua ini itu nya, mari kita cekrekkk...

 


Cek Lighting di Snapseed


Semua foto saya yang masuk instagram, harus melewati cek lighting di Snapseed dulu. Apalagi foto yang gelap dari alas foto hitam, ini untuk blog pun harus dari Snapseed.


Saya hampir nggak pernah mengatur atau edit lighting sendiri. Jadi cuma klik otomatis aja. Saya patuh-patuh aja, haha... Kemudian save.

 


Cara Mengedit Lighting Menggunakan Snapseed: 

 

Buka snapseed, kemudian upload fotonya. Lalu klik tools.


Klik Tune Image


Klik lambang otomatis yang dilingkari


Klik Checklist

Btw kalau memang bagi teman-teman rasanya belum pas, ditambahkan atau dikurangi aja. Kadang saya juga ada kok yang begitu...


Tinggal export deh

 


Before – After


Before

After

Ini sebenernya belum kayak yang saya mau, karena alas foto dan piringnyanya jadi agak-agak navy gitu. Oh ya, piringnya bukan hitam pekat. Kayaknya karena hitam ketemu hitam. Tapi setidaknya, warna bungkus Mie Sedaap-nya dan tampilan mie-nya look natural, menurut saya, haha... Cahaya mataharinya ada di sisi kanan, cekrek sore.


Maunya saya kayak gini:


Before

After

Yang Greenfield ini foto sewaktu di Jakarta. Menjelang siang di dalam rumah, lampu kurang lebih tepat di atas, dengan selurusan pintu yang terbuka. Ini edit lighting-nya +8 


Gimana menurut teman-teman, kedua foto before after ini? Masih too dark, nggak?


Makanya saya bilang, ini bukan tips, just sharing, haha... Kadang beda kamera, beda cahaya, bisa beda pula setting-nya. Cuma mungkin ada teman-teman yang mau nyoba juga, let’s learn together...

 

Oke ini dia sharing saya tentang memotret makanan menggunakan alas foto hitam. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P