Nia Ramadhani dan Cerita Ade tentang Menjadi Anak Broken Home

Melalui “Cerita Ade”, Nia Ramadhani berbagi cerita tentang perjalanan hidup - termasuk perjalanan masa kecil sebagai anak dengan kondisi orang tua terpisah. Siapa sebenarnya tokoh Ade, yang membuat Nia begitu nyaman untuk berbagai cerita?

 


Apa kabar, teman-teman?


“Miss, kenapa orang tua itu ada yang bercerai? Memangnya nggak sayang ya sama anak-anaknya?”

 


Kala itu dalam sebuah kelas remaja, setelah selesai liburan semesteran rasanya. Salah seorang murid saya melapor, “Miss, sorry ya, aku belum ngerjain homework-nya. Karena selama liburan, aku nginap di rumah papa, trus buku lesnya lupa dibawa.”


Sama sekali nggak saya nyinggung tentang homework yang belum dia kerjakan. Karena dengar kata “nginap di rumah papa” aja, udah bikin hati senang. Artinya dia bahagia. Itu dulu bagi saya, ketika harus mengajar murid dengan kondisi orang tua terpisah.


“Wah asyik dong. Masak apa aja Ummi-nya?”


Sebelumnya dia memang pernah cerita, kalau Ummi – begitu panggil dia pada istri papanya, senang memasak tekwan, pempek, yah pokoknya kuliner asal kampung halaman ummi-nya di Palembang sana.


Salah seorang temannya pun bingung, hingga keluarlah pertanyaan, “Kok bapaklu istrinya 2 sih?”


Cepat-cepat saya menimpali, haha... “Eh, nggak gitu. Mama dan papa dia udah bercerai, lantas papanya menikah lagi.”


Kemudian keluarlah pertanyaan selanjutnya... Kenapa orang tua itu ada yang bercerai?

 


Perceraian Orang Tua – Kenyataan yang Nggak Mudah Bagi Anak


Beberapa teman saya pun juga ada yang bercerai. Nggak mudah bagi mereka untuk menjelaskan pada anak-anak, kalau dalam waktu dekat, orang tuanya akan hidup terpisah tanpa adanya ikatan pernikahan lagi.


Biasanya, yang jadi alasan orang tua adalah takut urusan sekolah anak-anak terganggu. Cuma mau nggak mau, ya tetap harus dijelaskan.


Nah, kalau orang tua aja rasanya nggak sanggup untuk menyampaikan kenyataan kondisi rumah tangganya, apalagi bagi anak-anak. Perceraian orang tua merupakan kenyataan yang nggak mudah bagi anak-anak. 


Kalau ngomongin tentang anak-anak yang dibesarkan dalam kondisi orang tua yang terpisah, saya jadi teringat akan sosok Nia Ramadhani. Kala itu pas lagi baca sebuah media online, ada ulasan tentang Nia Ramadhani.


Saya mengenal Nia – eh maksudnya kenal di tipi ya, haha... Saya tau Nia Ramadhani ini sewaktu main sinetron bareng Marshanda. Chacha yang cantik dengan look Indonesia, sementara Nia cantik dengan mukanya yang bule-bule gitu.


Pada sinetron yang lain, kembali saya melihat Nia bersama Revalina S. Temat. Pada sinetron itu, akting Nia yang mem-bully Reva sebagai saudara tiri, terbilang cukup menjiwai.


Hingga akhirnya, dari dunia infotainment pun ramai kabar tentang kedekatan Nia dengan Mas Ardi Bakrie, yang berakhir indah dalam sebuah pernikahan.


Nia yang cantik, Nia yang terkenal dalam dunia keartisannya, Nia yang pada akhirnya menikah dengan pengusaha dari keluarga Bakrie. Hemm... bikin banyak perempuan berpikir, “Kok hidupnya Nia Ramadhani indah banget siiihhh...”


Sebenernya dari infotainment juga saya tau, kalau Nia Ramadhani merupakan anak yang dibesarkan dalam kondisi orang tua terpisah. Pas saya baca di media online juga, ternyata orang tua Nia, Pak Priya Ramadhani dan Ibu Chanty Mercia udah berpisah sejak Nia berusia 4 tahun.


Walau masih usia balita, pada Cerita Ade, Nia pun sempat merasakan orang tua yang berantem. Kondisi orang tua yang penuh emosi, bikin Nia jadi merasa terabaikan juga.


Jadi, kalau hidup Nia Ramadhani sekarang terlihat indah penuh kemewahan, ada perjalanan masa kecil yang terbilang kurang indah dan bahagia juga bagi Nia.

 


Hubungan Anak dan Orang Tua yang Udah Bercerai


Setelah perceraian, berbahagialah bagi anak-anak yang orang tuanya bisa meredam ego dan tetap kompak dalam membesarkan anak.


Kayak murid saya yang tetap bisa kesana kemari. Bahkan istri baru papanya pun, bisa mencintai dia dengan tulus. Makanya bukan saya menggampangkan murid yang lupa mengerjakan homework liburan ya, hehe... Tapi bounding dia dengan papa dan keluarga barunya, cuma bisa di saat liburan aja.


Begitupun dengan Nia Ramadhani. Dulu ramai juga infotainment memberitakan, walau udah lama bercerai, orang tua Nia tetap kompak saat menikahkan anak. Pada Cerita Ade, Nia pun bercerita akan kedekatan dengan kedua orang tuanya, termasuk kerinduan saat ini pada sang papa yang udah nggak ada.

 


Ada Luka Batin yang Bisa Mendatangkan Trauma


Tapi nggak dipungkiri, banyak juga orang tua yang setelah bercerai, mendadak amnesia kalau dirinya udah diberi amanah oleh Tuhan. Bahkan anak sekedar mau video call pun udah nggak bisa, Astaghfirullah...


Orang tua yang tetap memberikan kasih sayang aja, bisa mendatangkan luka batin bagi anak. Terlebih pas awal-awal ya. Apalagi yang udah langsung dilupakan. Bisa mendatangkan trauma bagi anak, tentang dunia pernikahan nantinya. Moga jangan ya...


Kalau ini terjadi dengan orang-orang terdekat kita, jangan lupa untuk menolong si anak. Bahkan dulu salah seorang mamanya murid saya cerita, kalau dia dan suaminya lagi proses cerai. “Saya tau pasti berdampak dengan anak-anak. Mohon didampingi ya, Miss. Biar anak-anak tetap semangat...”

 


Cara Anak untuk Bangkit


Kalau kita bisa menonton Nia Ramadhani ada di sinetron ini, sinetron itu, ini juga nggak lepas dari perjuangan mamanya. Lama kelamaan bagi Nia, sibuk berkarya merupakan salah satu cara untuk bangkit dari kesedihan di masa kecil. Begitupun dengan mamanya, yang jadi disibukkan dengan mendampingi Nia.


Masa kecil boleh beda dengan anak-anak dari keluarga yang utuh. Tapi bukan berarti anak-anak dari kondisi orang tua terpisah, nggak bisa hidup sama. Harus bisa - sama-sama bahagia, sama-sama berprestasi, berkarya, dan melakukan hal-hal baik lainnya.


Pada Cerita Ade pula, Nia Ramadhani berbagi perjalanan karirnya hingga menjadi kayak sekarang.

 


Pada Cerita Ade, Nia Ramadhani Bercerita


Ngomong-ngomong dari tadi nulis “Cerita Ade” mulu sih, Nit? Emang “Ade” itu siapa sih? Kok kayaknya dipercaya banget sama Nia Ramadhani untuk jadi teman bercerita?


Hehe... saya pun taunya pas lagi lihat akun instagram-nya Nia. Jadi Nia bareng Ayah Pidi Baiq, kayak lagi punya project  tentang “Cerita Ade”. Saya pun penasaran akan project-nya. Nanti saya berbagi cerita lagi ya, kalau dapet info lagi tentang Cerita Ade ini.

 


Oke, itu dia tentang Nia Ramdhani, Cerita Ade, dan tokoh Ade. Sampai jumpa dalam Cerita Nita selanjutnya ya, haha... Makasih banyak ya udah mampir...


Pendukung materi:

https://www.viva.co.id/siapa/read/431-nia-ramadhani

7 comments:

  1. Aku jadi penasaran mau baca bukunya mba. Apalagi penulisnya pidi. Kdg aku bersyukur, dulu cerai pas kami belum Diksh anak. Jadi jujur gampang. Walopun kalo dipikir2, aku toh tipe yg ga akan mikir lama kalo udh urusan perselingkuhan atau kdrt, langsung say good bye, ga peduli aku ada anak atau ga 😂😂.

    Pernah ada yg bilang , bahagiakan diri kita dulu, baru kita bisa bahagiain orang lain. Toh terkadang berpisah tapi ttp kompak urusan anak, jauh lebih baik drpd ttp satu tapi ribuuut trus. Anaknya kasian, stress juga pasti.

    Kalo ttg Nia, ini salah satu artis fav ku. Sejak main bawang putih bawang merah. Sukaaa bgt Ama mukanya, tipe cantik yg ga bosenin. Gayanya memang agak nyeleneh, terutama pakaian, tapi yg terpenting dia sayang anak2nya dan keluarga 👍. Makanya sedih juga pas kemarin Nia dan suami kepleset narkoba.Tapi ya sudahlah Yaa, kita ga bisa judge alasan Nia kenapa bisa jatuh. Yg penting dia mau bangkit ❤️. Mungkin melalui buku ini, pembaca jadi lebih tahu ttg masalalu dan seperti apa Nia Ramadhani itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga masih terbilang saudara jauh. 6 bulan nikah, suaminya ketahuan masih jalan dg mantan. Sama, "mumpung belum ada anak", gas cerai langsung.

      Nah itu juga yg saya sampaikan ke murid2, "Ada kondisi bagi orang tua, kalau perpisahan merupakan solusi terbaik,daripada serumah tapi berantem melulu." Apalagi kalau masalahnya karena selingkuh, kdrt, males, dan kesalahan fatal lainnya ya. Naudzubillah...

      Masalah narkoba, ya intinya seseorang itu kan kadang ada aja "lengahnya". Alhamdulillah Nia sekarang lebih sibuk marathon. Ntar kalo udah launching, kita berkabar lagi ya, Mba :D

      Anyway makasih Mba Fanny untuk berbagi cerita juga ya... Moga langgeng selalu dg Mas Raka.

      Delete
  2. Dari masih sekolah, sudah ngefans sama Nia Ramadhani, dia cantik banget dan sudah tau kalau dia dari anak broken home. Tapi salut banget dia tetap semangat membangun karirnya sejak kecil dan akhirnya menjadi selebriti terkenal hingga sekarang. Perjalanan Nia ini sebenarnya sangat menginspirasi dan sampai sekarangpun aku masih ngefans sama Nia ♥️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya, emang bener2 terkenal karena punya karya ya. Bukan maaf, kayak kebanyakan orang sekarang yg tenar karena sensasi viral gitu.

      Delete
  3. perkawenan itu kayak proyek usahasama suami dan istri ya mbak., kalo suami salah, istri jugak salah, dua2 salah gituu.,

    ps. salam kenal jugak dari sy asli malaysia, kerjaan kuli kantor aja di jaksel ya mbak.,
    matur nuwun

    ReplyDelete
  4. Kamu nanya? Kamu bertanya2 ade itu siapa? Ente kadang2 ente.. (Ala dilan cepmek) hahahaha...

    Kenalis saya Ade... Hahaha.. Btw emang dampak perceraian pasti ada disetiap orang yang mengalaminya. Baik itu anak, ibu dan ayah. Bersyukur Nia Ramadhani nih dampaknya bagus ya.. Sampai dia bisa seperti skrg ini.

    ReplyDelete
  5. Salut banget buat Nia yang tetap semangat menjalani hari2 terbarunya bersama anak2 dan suami tercinta. Meskipun pernah masuk ke dalam 'kubangan', namun kini dia dan suaminya makin rajin berolahraga dan mengukir prestasi. Jangan menyerah!

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P