Catat! Ini Cara Mudah Dapat Tiket Kereta Api Murah untuk Liburan

Tahun 2022 udah berada di penghujung tahun. Artinya, udah waktunya kita dan keluarga berlibur akhir tahun. Nggak cuma perlu menyiapkan budget-nya, kita juga harus tau - pingin berlibur dengan transportasi apa. 

 


Apa kabar, teman-teman?

 

Kereta api bisa menjadi pilihan utama. Nggak kayak dulu, sekarang kereta api makin nyaman digunakan, apalagi kalau kita pingin menikmati perjalanan darat. Rasanya, fasilitas lengkap, jalur tanpa macet, dan jadwal keberangkatan tepat waktu, merupakan alasan kenapa kereta api makin diminati. Selain itu, untuk mendapatkan tiketnya, bisa diperoleh pada banyak tempat, misalnya dengan membeli tiket KAI di Traveloka.

 

Nah, karena kereta api tinggi peminatnya, kita perlu melakukan beberapa strategi untuk mendapatkannya. Pada musim liburan ini, bisa jadi tiket kereta api sulit untuk didapatkan, karena kita akan saling berebutan dengan para pemburu tiket lainnya. Nggak perlu khawatir, kita bisa mencoba tips ini untuk mendapatkan tiket kereta api liburan. Catat, yesss!


 

Tips Dapat Tiket Kereta Api Terjangkau


Mencari informasi


Kita nggak boleh kelewatan untuk mencari informasi terbaru mengenai tiket kereta api. Di Indonesia, kereta api dioperasikan langsung oleh PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. jadi, yang harus kita lakukan adalah memantau mengenai informasi resmi dari PT KAI. 


Salah satunya adalah dengan berlangganan newsletter dari PT KAI. Atau, kita bisa juga berlangganan newsletter travel agent online yang bekerja sama resmi dengan PT KAI. salah satunya, Traveloka yang akan memberikan update mengenai informasi tiket perjalanan dan harganya. Ssst, Traveloka juga punya berbagai promo dan diskon kereta api, lho.

 


Pantau media sosial 


Media sosial juga bisa jadi sumber informasi, bagi kita pemburu tiket kereta untuk liburan. Kita bisa memantau media sosial PT KAI secara resmi, untuk informasi ketersediaan tiket. Misalnya, informasi mengenai ketersediaan tiket untuk libur Nataru yang sudah bisa dibeli. 


Jangan lupa juga untuk mengikuti akun media sosial platform penjualan tiket kereta api seperti Traveloka. Biasanya informasi terkait promo, diskon, dan kode voucher dibagikan melalui media sosial Instagram, Twitter, atau Facebook. 

 


Pastikan jadwal perjalanan


Biar kita lebih gampang mendapatkan tiket, pastikan jadwal perjalanan yang diinginkan. Mulailah dari bikin rencana liburan, seperti tanggal berapa dan berapa lama kita akan berlibur. Hal ini penting kaita lakukan, demi mendapatkan jadwal yang kita inginkan. 


Selain itu, karena kereta api banyak diminati, kita perlu menyiapkan jadwal cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi kita nggak dapat tiket, di jadwal yang awalnya kita inginkan. Pastikan jadwal ini juga cocok dengan tanggal liburan dan jadwal cuti kita, ya. 

 


Beli dari jauh-jauh hari


Sedikit bocoran, biasanya tiket kereta api udah bisa dipesan sejak H-90 sebelum waktu keberangkatan. Kita bisa membelinya lebih awal dari jauh-jauh hari, biar nggak kehabisan kursi. Jangan lupa juga untuk memilih kelas yang diinginkan, baik itu kelas ekonomi, bisnis, atau eksekutif. 


Tipsnya, kita bisa membeli tiket saat penjualannya dibuka secara online. Biasanya, penjualan dimulai sejak jam 00.00 WIB, dan waktu terbaik untuk mendapatkan tiket yang diinginkan adalah sampe jam 04.00 WIB. 

 

Namun, karena banyak pembeli yang akan berburu tiket bersamaan, biar lebih gampang, kita perlu menyiapkan nama lengkap, tempat, dan tanggal lahir serta nomor identitas biar siap ketika sudah bisa memilih tiket. Selain itu, jangan terlalu lama memilih kursi, karena tiket yang kita incar justru udah abis disikat penumpang lainnya. 

 


Segera melakukan pembayaran


Kalo udah mendapatkan tiket yang kita incar, artinya kita sudah siap liburan. Eits, tapi jangan lupa untuk segera melakukan pembayaran, ya. Biasanya, kita akan menunda pembayaran, hingga lupa melakukannya nanti. Akhirnya, tiket pun hangus dan kita gagal untuk berlibur di tanggal yang diinginkan. 


Yang perlu kita lakukan adalah langsung melakukan pembayaran. Saat ini, kita udah bisa memilih berbagai metode pembayaran yang tersedia. Nah, sebagai rekomendasi, kita bisa membeli tiket perjalanan di Traveloka, untuk pembayaran yang lebih gampang dan banyak pilihan. 


 

Traveloka merupakan travel agent online yang menjual tiket kereta api secara resmi. Jadi, dengan mengunjungi aplikasi atau website Traveloka, kita bisa memilih beragam rute tujuan ke destinasi liburan. 

 

Cara memesannya pun cukup gampang, kita cuma perlu menentukan destinasi liburan dan tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang. Lalu, kita bisa dengan mudah melakukan pembayaran untuk tiket lewat berbagai pilihan metode bayar, mulai dari ATM, bank transfer, kartu debit, dan kartu kredit. 

 

Setelah pembayaran tiket sudah terkonfirmasi, Traveloka akan segera mengirim tiket yang kita beli, ke akun dan kita tinggal tunggu sampe jadwal liburan tiba nanti. Nah, gampang kan? Beli tiket kereta api ke destinasi manapun kapanpun kita mau, kita bisa beli di Traveloka, ya. 


Oke, ini dia sharing saya tentang tips membeli tiket kereta api dikala liburan. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments: