5 Tips agar Terhindar dari Scam saat Liburan

Menghadapi scam ketika liburan, menjadi suatu mimpi buruk bagi para travellers. Bisa mendatangkan trauma bagi yang pernah mengalami, juga menakutkan bagi yang menyimaknya. Berikut ini beberapa tips untuk menghindari scam ketika traveling.

 


Apa kabar, teman-teman? 


Liburan harusnya menjadi momen yang menyenangkan bagi banyak orang, untuk melepas penat. Demi bisa liburan, nggak jarang orang-orang akan mencari tiket promo di Traveloka dari berbagai maskapai, seperti Super Air Jet.


Namun, kadang kala ada aja kejadian nggak mengenakkan yang terjadi saat traveling, salah satunya adalah mengalami scam atau penipuan. Kalau udah gini, liburan yang awalnya menyenangkan, justru menjadi hal yang nggak mengenakkan dan bikin seluruh rencana berantakan.

 

Kita nggak mau kan kalau lagi bersenang-senang saat liburan, tapi mengalami penipuan yang membuat rugi? Nah, biar liburan tetap aman dan nyaman, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal di bawah ini, untuk meminimalisir kemungkinan terkena penipuan. Apalagi, saat ini banyak oknum yang melakukan berbagai trik cerdik untuk menipu korbannya.

 

Lalu, apa aja tips yang bisa dilakukan, biar terhindar dari penipuan saat liburan? Berikut ini ulasannya.


 

Harus Selalu Waspada di Keramaian


Biasanya, modus penipuan banyak dilakukan di keramaian, karena korban cenderung nggak terlalu fokus, akibat banyaknya orang yang berlalu lalang. Modus ini juga sering dilakukan untuk mengecoh perhatian, karena berada di kerumunan, kita akan lengah dengan barang bawaan, sehingga mudah diambil oleh orang yang udah mengamati kita dari tadi.

 

Untuk menyiasatinya, sebaiknya tetap perhatikan barang bawaan dan posisikan tas atau barang lainnya di depan tubuh, ketika melewati keramaian atau tempat-tempat yang padat pengunjung. Kita  juga sebaiknya membawa uang secukupnya aja, dan meninggalkan barang-barang penting, kayak paspor di penginapan dan simpan di tempat aman.

 

Hal ini berguna biar andai terjadi pencopetan atau penipuan, dokumen penting tetap terjaga dan kita bisa pulang dengan selamat. Namun, jika terpaksa harus membawa dokumen penting atau uang yang cukup banyak, pisahkan barang-barang tersebut di tempat berbeda, biar masih punya cadangan lainnya kalau amit-amit dicopet.


 

Cek Harga Pasaran sebelum Membeli Barang atau Oleh-oleh


Penipuan lain yang biasanya banyak dialami wisatawan adalah ketika mereka berada di tempat wisata, dan ingin membeli souvenir khas daerah yang dikunjungi. Nggak jarang, banyak pedagang yang memanfaatkan ketidaktahuan para wisatawan untuk menipu mereka.

 

Biasanya, para pedagang akan menawarkan barang atau souvenir dengan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal, dibandingkan harga di pasaran. Hal ini dilakukan biar para pedagang mendapatkan untung yang besar, dan berkali-kali lipat juga dari wisatawan.

 

Kita pastinya nggak mau membeli barang yang jauh lebih mahal dari harga pasaran, kan? Untuk itu, ada baiknya sebelum membeli souvenir atau oleh-oleh di tempat wisata, kita mencari tau dulu harga pasaran barang tersebut. Dengan begini, kita bisa terhindar dari penipuan, atau bisa menawar barang yang dibeli sesuai dengan harga di pasaran.

 


Jangan Terlalu Percaya dengan Orang yang Baru Dikenal


Saat traveling, nggak jarang kita akan bertemu kenalan baru yang sama-sama lagi berlibur, atau merupakan warga sekitar. Meskipun hal ini baik untuk menambah relasi, tetapi kita juga tetap harus waspada.

 

Ada baiknya jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal. Sebab, penipu biasanya akan mendekati dan mulai sok akrab untuk mengajak berbicara, kayak menanyakan berasal dari mana dan tempat-tempat mana aja yang ingin dikunjungi.

 

Kalau kita udah mulai nyaman berbicara, mereka akan menawarkan bantuan ke tempat atau destinasi yang ingin kita tuju, tanpa meminta imbalan. Namun, setelah sampai tujuan, mereka akan meminta uang jasa, dan bahkan memintanya dengan sedikit memaksa. Untuk itu, kita sebaiknya tetap harus berhati-hati dan memakai jasa terpercaya, kalau memang ingin berkunjung ke tempat yang sulit dijangkau transportasi umum.


 

Cek Biaya Transportasi Umum Daerah atau Negara Setempat


Sebelum memutuskan untuk berlibur dan mengunjungi suatu kota atau negara, ada baiknya kita juga mencari info terlebih dahulu tentang serba-serbi tujuan. Misalnya aja mencari tau biaya transportasi yang kita butuhkan, untuk menuju destinasi yang direncanakan.

 

Hal ini penting, karena kalau nggak mengetahui kisaran harga atau biaya transportasi, kita bisa dikenakan tarif yang mahal oleh oknum nakal. Kita bisa mengecek beberapa website yang menjual tiket kereta api, atau bus yang ingin digunakan.

 

Usahakan untuk memakan operator transportasi yang resmi, biar terhindar dari penipuan atau penjual tiket nakal yang meminta uang lebih.


 

Jangan Memberikan Nomor Kartu Kredit Sembarangan


Terakhir, jangan memberikan nomor kartu kredit ketika liburan. Penipuan modus ini biasanya rawan terjadi di hotel-hotel tempat kita menginap. 

 

Salah satu modus yang biasanya ditemui adalah telepon yang mengaku-ngaku resepsionis hotel. Oknum ini biasanya akan memberikan biaya hotel selama kita menginap, dan meminta untuk membayar menggunakan kartu kredit, dengan menyebutkan nomor kartu kredit kita. Saat inilah kita menjadi korban penipuan.

 


Oke, itu dia 5 tips yang bisa kita terapkan, biar terhindar dari penipuan saat liburan. Ingat, untuk tetap berhati-hati di mana pun kita berada, ya! Moga bermanfaat untuk teman-teman juga. Makasih banyak ya udah mampir.