MAKUKU SAP Diapers Slim untuk Liburan Anak tanpa Drama Ruam Popok

Mengajak bayi dan balita berlibur, tentu ada banyak hal yang mesti disiapkan. Mulai dari kebutuhan pribadi, hingga menjaga mood anak biar tetap hepi selama liburan. Salah satunya, jangan sampai anak terkena drama ruam popok. Berikut ini tips liburan ala Adek Devin, tanpa drama ruam popok.



Apa kabar, teman-teman?


Liburan akhir tahun udah di depan mata. Layaknya tahun lalu yang kami habiskan di Kebun Binatang Bukittinggi, tahun ini pun kami juga udah merencanakan tempat liburan untuk Kakak Giva dan Adek Devin. Masih capcipcup belalang kuncup, haha... Karena Kakak Giva juga belum nerima raport.


Dibanding adeknya, Kakak Giva memang lebih banyak jam terbang liburannya. Sejak belum usia setahun pun, udah wara wiri naik pesawat. Kalau Adek Devin menghabiskan liburan lokal di Sumatera Barat ini.


Liburan bayi dan balita. Baik wisata lokal yang dekat-dekat, maupun tempat berlibur yang jauh menggunakan transportasi umum, rasanya kebutuhan yang mesti disiapkan tetaplah sama ya. Yang membedakan palingan jumlahnya. Makin lama waktu berlibur, makin banyaklah kebutuhan yang dibawa.


Karena Kakak Giva udah SD, tentu kebutuhannya udah nggak serepot dulu. Jadi tinggal Adek Devin aja yang mesti diperhatikan betul persiapannya, baik kebutuhan pribadi maupun dalam menjaga mood-nya selama liburan.

 


Kebutuhan Pribadi saat Liburan ala Adek Devin



Terkadang kita pergi liburan ke tempat-tempat yang sulit membeli ini itu. Lagipula, kalau udah menyiapkan segala kebutuhan anak sedari rumah, tentu jadi nggak buang waktu, dan bisa fokus menikmati liburan.

 


Berikut ini beberapa kebutuhan pribadi Adek Devin yang mesti dibawa, tiap kali pergi berlibur:


-) Susu Formula, Air Panas, dan Botol Susu


Adek Devin termasuk anak yang susah makan. Makanya susu formula harus selalu dibawa. Begitupun dengan air panas dalam termos kecil dan 2 botol susu – karena belum tentu nanti gampang untuk mencuci botol susu.

 


-) Cemilan dan Air Minum


Adek memang susah makan, tapi ada beberapa cemilan yang dia doyan. Biasanya Adek makan jajanan ini berselingan dengan minum susu.


Air minum botolan juga jangan sampe ketinggalan, karena mana tau susah nyari kedai minuman terdekat. Setidaknya siapkan 1 botol sedang air mineral.

 


-) Mainan


Ini untuk antisipasi rasa bosan di kendaraan. Adek punya education games - semacam tontonan film dan lagu-lagu. Ini harus selalu dibawa tiap bepergian. Begitupun dengan krayon dan buku gambar, karena Adek senang menggambar – lebih tepatnya coret-coret, haha...

 


-) Minyak Gosok dan Plester Luka


Karena Adek selalu liburan seharian aja, jadi nggak harus bawa obat-obatan. Palingan yang disiapkan cuma minyak gosok aja, kalau-kalau Adek batuk, mual, atau terasa kembung.


Namanya masih batita, kalau lagi lari-larian ya kadang suka kesandung. Untuk antisipasi besot-besot, haha... Perlu juga disiapkan plester luka.

 


-) Kantong Muntah, Tisu Basah dan Kering


Adek memang jarang muntah. Tapi biasanya memang disiapkan beberapa kantong plastik, untuk jaga-jaga mana tau mual di perjalanan.


Siapkan juga tisu basah dan kering untuk membersihkan mulut, tangan, maupun untuk bilas ketika ganti diapers, kalau susah nyari toilet.

 


-) Pakaian Ganti


Dalam sehari, terkadang Adek bisa OOTD sampe 3 kali, haha... Bukan untuk gaya, tapi biasanya karena batuk trus keluar sedikit muntah susu. Kadang karena gerah juga, trus minta tukar kaos yang lebih adem. Kalau bepergiannya sehari, biasanya Adek bawa 1 atau 2 pakaian ganti.

 


-) Diapers


Selain pakaian ganti, tentu yang nggak kalah pentingnya harus dibawa adalah diapers. Karena belum tentu bisa ketemu toilet terdekat, sementara Adek belum bisa menahan pee and poop lama-lama, hehe... Dalam sehari, biasanya Adek membawa kisaran 3 - 5 diapers.


Wow penuh dong tasnya, kalau bawa diapers banyak-banyak? Enggak kok, karena Adek pake diapers-nya yang slim. Biar Adek nyaman bergerak, nyaman juga untuk yang bawa gembolannya, haha...


Tapi walaupun diapers-nya slim, tetap dong yang daya tampungnya maksimal. Dan tentunya nggak bikin kulit Adek jadi lembab, takutnya nantinya kena drama ruam popok saat liburan kan.

 


Tips Menjaga Mood Anak Selama Liburan



Selain kebutuhan pribadinya udah disiapkan, menjaga mood bayi dan balita selama liburan juga nggak kalah penting. Jangan sampe, baru sebentar di tempat liburan, eh si anak rewel - yang bikin orang tua pun jadi pingin cepet-cepet pulang aja deh. Kan sayang banget, apalagi kalau liburannya jauh dan mahal.


 

Berikut ini cara menjaga mood Adek Devin, biar selalu hepi selama di perjalanan dan di tempat liburan:


Jangan Sampai Lapar dan Haus


Karena Adek udah bisa diajak komunikasi, jadi gampang untuk ditanya, “Adek mau minum susu? Adek mau jajanan yang mana?”


Kalau bayi yang masih belum bisa berkomunikasi, biasanya langsung berujung rewel ya. Jadi jangan sampai lupa dengan jadwal makan minum anak.

 


Jangan Sampai Bosan


Di tempat liburan, Adek senang jalan sendiri, lari-larian, metik bunga, atau megang suatu hal yang menarik perhatian – yang terkadang bikin kotor tangan juga. Jangan terlalu banyak larangan, yang bisa bikin anak jadi cepat bosan.


Alangkah baiknya kalau tempat liburan yang dipilih, bukanlah area yang terlalu sempit atau terlalu rame. Jadi anak juga bisa leluasa bergerak.

 


Jangan Sampai Gerah dan Drama Ruam Popok


Liburan tentu enaknya ketika hari cerah. Tapi ketika hari cukup panas, biasanya bikin anak-anak jadi gerah, yang kadang berujung kulit merah-merah dan gatal. Pastikan pakaian yang dikenakan itu adem dan ringan. Lalu siapkan juga kipas angin tangan, yang pake baterai atau bisa dicas. Ini cukup menolong ketika anak mulai terasa gerah.


Rasa gerah, kulit kemerahan, serta gatal-gatal nggak cuma karena pakaian aja. Tapi penggunaan diapers yang kurang tepat pun, juga berpengaruh. Anak jadi kena drama ruam popok selama liburan.

 


Drama Ruam Popok pada Bayi dan Balita – Apa Penyebab serta Bagaimana Solusinya?



Dulu murid saya, adeknya pernah area kelaminnya kemerahan dan gatal. Karena digaruk terus, kulitnya jadi kering dan lecet. Mamanya pun konsultasi ke dokter, lalu ternyata kena ruam popok.


Diaper rash atau yang lebih dikenal dengan ruam popok, merupakan iritasi dan peradangan kulit akibat penggunaan popok.


Ciri-ciri ruam popok pada bayi dan balita adalah ketika kulit nampak kemerahan pada area pantat, lipatan paha, serta kelamin. Oh ya, orang dewasa yang menggunakan popok juga bisa mengalami ruam popok nih.


Kemudian, kulit juga bisa jadi bersisik atau luka lepuh. Serta ada rasa perih ketika cebok atau saat ganti popok.

 


Penyebab Ruam Popok Pada Bayi dan Balita


Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ruam popok pada bayi dan balita. Di antaranya berikut ini:


Penggunaan popok yang lembab.


Pengaruh urin dan tinja yang terkumpul dalam popok.


Penggunaan popok yang terlalu ketat.


Infeksi bakteri.


Penyakit kulit, kayak dermatitis seborok atau dermatitis atopik.


Bisa juga dari penggunaan sabun, lotion, atau deterjen yang nggak cocok.

 


Apakah Ruam Popok Berbahaya?


Ruam popok sebenernya nggak berbahaya. Tapi kulit kemerahan, gatal, dan perih tentu bikin bayi dan balita nggak nyaman. Waktu tidur pun juga jadi terganggu.


Ruam popok bisa diatasi sendiri, yaitu dengan menjaga popok tetap kering, serta oleskan salep khusus yang terjual di apotek.


Tapi kalau selama 2 hari ruam popoknya nggak sembuh juga, atau malah bertambah parah, sebaiknya konsultasi ke dokter ya. Atau ketika anak mengalami gejala lainnya, misalnya demam, ruam berdarah, atau ruam yang mengeluarkan cairan.

 


Tips Perawatan Bayi dan Balita Biar Nggak Kena Ruam Popok


Berikut ini beberapa hal perlu orang tua perhatikan, untuk menghindari ruam popok pada bayi dan balita:


Gunakan popok yang ukurannya pas, jangan yang terlalu ketat.


Cepat ganti popok yang udah kotor.


Cuci tangan ketika ingin mengganti popok anak.


Cebok atau bersihkan kulit, ketika mengganti popok.


Pastikan kulitnya udah kering, sebelum memakai popok.


Hindari taburan bedak bayi.


Hindari sabun dan tisu basah yang mengandung alkohol dan pewangi.


Beri jeda bagi anak untuk enggak menggunakan popok sama sekali. Misalnya menjelang mandi.


Kalau pas lagi kena ruam, gunakan popok dengan ukuran yang lebih besar.

 


Jadi yang paling utama itu memang memilih popok atau diapers yang bisa menyerap pee dengan cepat ya, biar diapers nggak lembab, yang berujung pada ruam popok.

 


Berkenalan dengan MAKUKU – premium diapers anti gumpal



Teman-teman yang senang lihat akun media sosialnya Nikita Willy, mungkin sering juga lihat Baby Issa pake MAKUKU diapers. Premium diapers dari bahan yang lembut, plus anti gumpal. Makanya Baby Issa kelihatan nyaman banget ya, diajak traveling jauh-jauh...


Adek Devin terbilang nggak mengalami drama ruam popok. Tapi untuk makin menjaga, terutama biar Adek makin nyaman selama liburan, kayaknya asyik kalau juga menggunakan MAKUKU diapers. Sebelum beli, tentu harus nyari tau dulu tentang keunggulan MAKUKU ini, yesss...


Lalu pas lihat akun instagram @MAKUKU.Indonesia.Official , ternyata MAKUKU punya variant baru yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim. Yang suka ditunjukkan sama Chelsea Olivia dan Dante juga nih...


Wow... diapers yang tipis dong, tapi bikin bocor nggak, ya...?


 

MAKUKU merupakan brand premium diapers sejak tahun 2020. Lalu MAKUKU hadir di Indonesia setahun kemudian, 11 Mei 2021. Selain diapers, MAKUKU juga punya baby products lainnya.


MAKUKU terus berinovasi untuk ngasih solusi pada ibu-ibu di Indonesia, akan masalah ruam popok. Inovasi terbaru dari MAKUKU adalah mengeluarkan produk diapers dengan SAP Core Structure Technology. Wow, apa itu..?

 


Apa itu Teknologi SAP dari MAKUKU?



SAP (Super Absorbent Polymer) merupakan polimer hidrofilik yang memiliki kemampuan untuk menyerap cairan lebih maksimal.


MAKUKU merupakan pelopor SAP Core Structure Diapers dan Popok Anti Gumpal. Teknologi SAP ini yang terbilang sangat menolong para ibu di Indonesia, yang bayi dan balitanya mengalami ruam popok.

 


Emang apa aja sih keunggulan dari teknologi SAP pada MAKUKU? Ini diaaa...


Bubuk SAP ini akan menyerap cairan secara merata.


Karena cairan terserap merata, jadi diapers-nya anti gumpal.


Diapers-nya juga jadi ringan dan tipis, serasa nggak pake diapers.


Nggak ada osmosis balik, yaitu cairan yang kembali merembes ke atas, yang bikin diapers jadi lembab.

 


dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak juga menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses, yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh, dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama, karena harus kembali menidurkan bayi.”


Nah, jadi manfaat SAP ini nggak cuma bikin nyaman bayi dan balita aja ya, tapi juga untuk para ibu.

 


MAKUKU SAP Diapers Slim – tipis bangettt



Pembalut yang slim aja kadang kita suka kepikiran ya, nanti bikin bocor nggak sih. Apalagi pas denger ada diapers yang tebalnya cuma 1,6 mm. Hahhh... apa bisa nampung pee, haha... Apalagi untuk Adek Devin yang udah batita.


Hayukkk... kita kepoin lebih lanjutttt...


 

Keunggulan dari MAKUKU SAP Diapers Slim Apa Aja?



MAKUKU SAP Diapers Slim ini merupakan diapers anti gumpal, nyaman, dan nggak bocor.  


Berikut ini beberapa keunggulan dari MAKUKU SAP Diapers Slim dari yang saya baca:


Teknologi SAP-nya bikin diapers jadi anti gumpal, karena penyebaran cairannya merata.



Diapers-nya tipis banget, pemirsahhh... Cuman 1,6 mm ajahh... Jadinya ringan dan nyaman banget untuk bayi, apalagi balita macam Adek Devin yang aktif.


Walau tipis, tapi bisa menampung cairan hingga 500 ml. Wow, banyak juga ya...


Cairan yang keluar itu langsung terkunci, jadi nggak ada osmosis balik yang bikin diapers jadi lembab dan menyebabkan ruam popok.


Ada struktur 3D yang bisa mengurangi kontak langsung dengan kulit. Jadi nggak bikin iritasi.


Permukaan rongga udaranya punya sirkulasi 2 arah, jadi nggak bikin gerah atau terasa panas.



Ada indikator urin. Jadi kalau cairannya udah penuh, warna kuningnya akan berubah jadi biru.


Khusus untuk new born size, diapers-nya ini berbentuk U-Shape. Jadi bisa melindungi tali pusar bayi.


Lalu untuk yang tipe celana, ada tape pembuangnya juga.


Untuk yang tipe celana juga didesain membulat di lingkar paha, biar bayi dan balita jadi lebih nyaman bergerak.



Ada heat-press side khusus untuk tipe celana, yang dibuatnya menggunakan alat ultrasonik atau termokompresi, bukan dari lem ya. Jadi lebih lembut dengan karet yang elastis juga, untuk mengurangi gesekan pada pinggang yang bikin iritasi. Udah gitu juga gampang disobek pas ganti diapers.

 


Setelah Adek Devin Mencoba MAKUKU SAP Diapers Slim



Setelah baca segala keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim ini, Adek Devin pun dicobain pake. Karena slim, jadinya kalau Adek jalannya nggak kelihatan gembol-gembol lagi, haha... Pake celana yang agak ketat pun jadi cakep bentukannya dan nggak sesak.


Diapers yang slim, anti gumpal, dan anti bocor gini, ngebantu banget ketika Adek diajak liburan. Jadi lebih leluasa aja jalan-jalan dan lari-lariannya. Daya tampung cairannya yang cukup banyak, juga bikin Adek nggak kesal, karena tiap bentar harus diperiksa diapers-nya, haha...


 

MAKUKU SAP Diapers Slim Punya Ukuran Apa Aja?


MAKUKU SAP Diapers Slim ini punya 2 tipe, yaitu tipe perekat dan tipe celana.


Tipe perekat untuk ukuran New Born (NB), S, dan M.


Kemudian tipe celana mulai dari M, L, XL, hingga XXL.


Tabel berat badan anak ini, mungkin bisa membantu para ibu dan ayah juga untuk menentukan diapers yang tepat untuk ananda.



 

MAKUKU Bekerja Sama Memberikan Konsultasi Dokter Gratis tentang Ruam Popok


Nggak dipungkiri, ada banyak hoax yang beredar tentang ruam popok. Bahkan ada yang bilang, “Makanya anak yang dipakein diapers!”


MAKUKU bekerja sama dengan 10 rumah sakit di Indonesia, untuk memberikan konsultasi ibu dan anak mengenai masalah ruam popok, langsung pada ahlinya.


Selain itu, bagi para ibu datang berkonsultasi, bakalan dikasih MAKUKU juga. Uwww... aciknyaaa... Udah bisa tanya dokter gratis, eh dikasih hadiah MAKUKU.


Acaranya ini diadakan pada tanggal 16-18 Desember 2022. Moga MAKUKU juga mengadakan di banyak kota dan daerah lainnya ya...

 


Di Mana Bisa Membeli MAKUKU SAP Diapers Slim?


Kalau Adek Devin belinya di sebuah swalayan di Kota Padang nih. MAKUKU Diapers Slim bisa dibeli di supermarket dan baby shops favorit teman-teman.


Lalu toko online-nya juga bisa dijumpai di 


Shopee: MAKUKUStore


Tokopedia: MAKUKU

 

Info lebih lengkapnya, capcuss aja ya ke:

www.makuku.co.id

www.instagram.com/makuku.indonesia.official

www.tiktok.com/MakukuIndonesia.Official

 


Oke, itu dia sharing saya tentang tips liburan ala Adek Devin tanpa drama ruam popok. Moga bermanfaat untuk ayah ibu yang lagi hunting diapers anti ruam popok, atau om tante yang lagi hunting kado untuk bayi dan balita. Makasih banyak ya udah mampir.


Pendukung materi:

https://www.alodokter.com/ruam-popok

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P