5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

Jogja menyuguhkan pariwisata yang beragam banyaknya. Wisata alam, wisata budaya, serta wisata kulinernya, bikin saya dan travelmates selalu pingin liburan ke kota Sheila on 7 ini. Berikut ini 5 tempat wisata di Jogja yang terakhir saya kunjungi bersama travelmates.

Tempat wisata di Jogja
Rekomendasi tempat wisata di Jogja


Apa kabar, teman-teman?


Hidup ini perlu berimbang. Termasuk ketika hari-hari yang dihabiskan untuk cari cuan, tentu saya dan travelmates pun juga perlu mengimbangi diri dengan liburan. Tempat liburan yang terbilang dekat dari Jakarta, serta biayanya pun terjangkau, tentu yang paling menjadi pertimbangan kami.


Kenapa memilih yang dekat? Karena nggak semua dari kami bisa ambil cuti banyak-banyak. Lalu kenapa yang biayanya terjangkau? Karena seringkali kami liburannya dadakan, hahah...


Salah satu yang menjadi incaran kami tentunya Jogja. Karena kami bisa ke sana menggunakan kereta api ekonomi maupun bisnis, dalam waktu semalam aja. Oh ya, saya belum pernah naik kereta api eksekutif, hehe... Tiba di sana, pilihan transportasi pun beragam. Mulai dari bus Trans Jogja, ojek online, hingga menyewa kendaraan.


Lalu untuk tempat wisatanya, Jogja menyuguhkan pariwisata yang beragam banyaknya. Makanya kami pingin balik ke Jogja melulu, haha... Adaaa aja tempat wisata yang baru kami tau, lalu tersusunlah rencana untuk mengunjunginya.


Terakhir kali saya ke Jogja, tempat wisata yang kami kunjungi terbilang mewakili semua. Mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata alam, wisata kekinian, nggak lupa tentunya wisata kuliner.



Berikut ini 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja untuk liburan bersama teman-teman dan keluarga:

 

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti di Jogja

Pantai Pulang Sawal berlokasi di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yang merupakan salah satu dari deretan pantai cantik di Gunung Kidul, di sisi timur Pantai Sundak.


Pantai ini memang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, yang diambil dari nama cafe di dekat pantai itu – milik Pak Indra dan Bu Yanti.


Ombaknya yang rendah, menjadi salah satu alasan bagi pengunjung untuk membawa keluarga berenang di pantai ini. Selain itu, Pantai Indrayanti juga dipercantik dengan adanya perbukitan karang di sisi kiri.


Acara main di Pantai Indrayanti pun kami tutup dengan kulineran makan siang di Pawon Ndeso – kedai makan di tepian pantai yang menyuguhkan kuliner ikan bakar kecap dan menu lainnya.

 


Tebing Breksi


Tebing Breksi
Tebing Breksi di Jogja

Sepulang dari Pantai Indrayanti, capcuss kami ke Tebing Breksi yang berada di Jl. Desa Lengkong, Gunung Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Kala kami ke sana, Tebing Breksi memang lagi booming. Tempat wisata ini merupakan bekas area penambangan batuan alam, yang udah ditutup oleh pemerintah. Lalu sekarang, dijadikan tempat wisata.


Pahatan tebing yang berbentuk wayang, menjadi spot utama untuk berfoto. Kita juga bisa naik ke atasnya, untuk melihat keindahan alam Jogja dari ketinggian. Anginnya cukup kencang, jadi adem.

 


Naik Jeep di Tebing Breksi


What? Jauh-jauh ke Tebing Breksi cuma buat nyari spot foto doang? Mungkin begitu komen orang yang kurang demen berselfie ria macam saya, hahah...


Tenanggg... Kita bisa gila-gilaan dengan naik jeep, hahahah... 1 jeep bisa dinaiki berempat. Mari kita rasakan sensasi jalanan yang menanjak, menurun, berkelok dengan jeep yang melaju kencang.


Wisata jeep ini pun membawa kita untuk melihat 3 tempat wisata lainnya, ada apa aja...


 

Candi Banyunibo


Candi Banyunibo
Candi Banyunibo di Jogja

Candi Banyunibo merupakan candi umat Buddha yang dibangun pada abad ke 9, zaman Mataram Kuno. Candinya cukup besar, tapi kami cuma lihat dari luar aja sih


 

Watu Payung


Watu Payung
Watu Payung di Jogja

Perjalanan pun lanjut menanjak ke Watu Payung. Ini pokoknya cukup menantang pas ke Watu Payung ini, haha... Di sini ada semacam hutan pinus dan area bebatuan. Pemandangan Jogja dari ketinggian di sini Masya Allah cantiknyaaa... Udah gitu adem banget. Dari ketiga tempat ini, saya suka banget ke Watu Payung.

 


Candi Ijo


Candi Ijo
Candi Ijo di Jogja

Ini yang terakhir dikunjungi, yaitu Candi Ijo yang merupakan candi umat Hindu, yang dibangun pada abad ke 10-11. Candi Ijo ini ada di atas, jadi kita naik tangga. Nggak besar sih, tapi area rerumputannya luas. Ke atas candi ini dikenakan tiket masuk ya.

 

Pokoknya kalau ke Tebing Breksi, rugiii... kalo nggak wisata jeep juga, hahah...


 

Puncak Becici


Puncak Becici
Puncak Becici di Jogja

Ini merupakan rute wisata kami di hari berikutnya. Puncak Becici berada di Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Puncak Becici merupakan hutan pinus yang adem banget, di tengah Jogja yang panasnya ampun-ampun, haha... Kita menanjak dan berkeliling melihat pemandangan Jogja dari ketinggian pula.

 


Tempo Gelato


Tempo Gelato
Tempo Gelato - gelato enak di Jogja

Bagi saya, traveling juga harus dilengkapi dengan wisata kuliner. Kala itu lagi booming juga gelato-nya Tempo Gelato ini. Alhamdulillah pas ke Jogja lagi, kami pun juga punya waktu untuk mampir jajan gelato di Tempo Gelato yang terkenal ini.


Tempo Gelato berlokasi di Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Di sini ada gelato dan sorbet dengan bermacam-macam rasa. Saya beli yang rasa buah naga dan original yogurt. Pingin yang asem-asem, hehe... Rasanya beneran buah naga yang dihaluskan, trus dibekukan. Yogurt-nya juga asem seger.


Teman saya beli yang coffee dan vanilla. Ya ampun, rasa kopinya ini macam kita minum es kopi premium deh, hehe... Enak-enak banget, pantesan rame ya...

 


Liburan Nyaman ala Miss Flashpacker


Tebing Breksi
Sama Teh Endah, Mba Mar, dan Mba Piet di Tebing Breksi - Jogja

“Kita liburan ke sana yuk. Nanti nginapnya di rumah sodara gue aja, biar nggak keluar duit buat bayar hotel.”


Biasanya kalimat itu diucap oleh orang yang enggak tau gaya traveling saya – si miss flashpacker ini, hahah...


Traveling merupakan cara saya untuk sejenak istirahat dari rutinitas. Saya pingin relax dan berleha-leha. Jadi menginap di rumah orang, lantas saya mesti sungkan-sungkan, mesti mencuci piring selesai makan, uwww kagak dah, hahahah... Eh kecuali kalau menginap di hostel yang meminta tamunya untuk mencuci piring sendiri ya, saya nggak apa-apa.


Lagipula, menginap di hotel nggak semuanya mahal kan. Tentunya ada banyak pula hotel yang nyaman dengan biaya terjangkau. Biasanya sebelum capcuss traveling ke Jogja, kami udah ceki-ceki beberapa hotel di Jogja kemudian mem-booking yang dirasa paling cocok.


Uww jadi pingin cepet-cepet liburan ke Jogja lagi deh, hehe...

 


Oke, ini dia 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang udah pernah saya kunjungi. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

 

 

2 comments:

  1. hai salam kenal.. singgah dan follow sini.. menarik tempat di jogja.. sy dari Malaysia

    ReplyDelete
  2. Setujuuuu mba nit. Aku juga sebisa mungkin ga nginep di rumah orang lain, ga enak, ngerepotin. Apalagi kalo semisal rame yg datang. Ga deh. Mending aku book hotel. Setidaknya tenang dan nyaman, ga kuatir repotin juga. Beda cerita kalo itu rumah ortu atau adek sendiri. Kalo statusnya cuma sepupu, om Tante atau temen, Duuh kapan2 aja 😅

    Btw, wisata Jogja memang bikin kangen. Tiap kesana ADAAAA aja yg baru. Nth wisata atau kuliner. Ga abis2 memang 😄

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P