Menyantap Daging Sapi Busuk, Kenali Bahaya yang Mengintai

Menyantap daging sapi tentu ada beberapa manfaatnya bagi tubuh. Tapi ketika yang disantap merupakan daging sapi busuk, yang ada malah mendatangkan bahaya – baik secara langsung maupun perlahan. Makanya penting bagi kita untuk mengenal ciri-ciri daging sapi yang segar, maupun yang udah mulai membusuk.


Daging sapi busuk
Menyantap daging sapi busuk, kenali bahaya yang mengintai

Apa kabar, teman-teman?


Sebagai orang Minang, kami memang cukup familiar dengan rendang daging sapi. Walau rendang bisa dibuat dari olahan apapun, tapi tetaplah pada moment tertentu, rendang yang kami santap merupakan rendang daging sapi.


Ada beberapa orang yang menghindari konsumsi daging sapi. Bahkan dulu almarhumah nenek setelah kena darah tinggi, bertanyalah beliau pada dokternya.


“Dok, saya masih boleh makan rendang sapi, nggak?”


Dokternya pun menjawab sembari becanda, "Ya kalau ibu makannya langsung sekilo, ya nggak boleh.” Haha...


Jadi walau orang yang udah kena darah tinggi pun, menyantap sepotong daging sapi dalam sesekali, ya enggak apa-apa kata dokternya. Asalkan, tensi lagi normal.


“Lagipula, biasanya daging sapi yang digunakan untuk rendang itu kan daging sapi tanpa lemak,” lanjut penjelasan dokternya.


Selain karena kondisi kesehatan, adapula yang karena alasan diet, jadi nggak mau mengkonsumsi daging sapi. Walhasil, mungkin berat badat bisa menuju pada yang diinginkan, tapi badan malah jadi lemes dan sering pusing. Hemm... salah satunya ya bisa karena kurang atau enggak mengkonsumsi daging sapi sama sekali.

 


Manfaat Mengkonsumsi Daging Sapi


Saya tau kalau daging sapi memang lebih mahal. Makanya kami pun memasak rendang dan segala jenis kuliner daging sapi lainnya, ya nggak setiap hari pula, haha... Lagipula makan itu kan juga harus bermacam-macam setiap harinya ya, biar nutrisi yang diperlukan tubuh kita terpenuhi.


Moga Allah selalu melancarkan rezeki kita, biar keluarga kita pun bisa menyantap daging sapi untuk kebutuhan gizi. Karena daging sapi juga menyumbang nutrisi untuk tubuh kita.


Dalam 100 gram daging sapi giling yang dipanggang, terdapat lemak 10%, 217 kalori, 26 gram protein, 11,5 gram lemak, vitamin B12, B3, B6, serta nutrisi lainnya.



Berikut ini 5 manfaat menyantap daging sapi:


Mencegah Anemia


Daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik, terutama dalam bentuk heme – zat besi yang cuma terdapat dalam protein hewani. Zat besi inilah yang dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi hemoglobin. Bagi orang yang zat besinya kurang, bisa terkena risiko anemia defisiensi besi, karena tubuh kekurangan oksigen dalam darah.


Ciri-cirinya itu badan jadi cepat lelah, lemah, lesu, serta gampang pusing. Mirip dengan gejala kalau lagi nggak punya duit.

 


Untuk Kekebalan Tubuh dan Membantu Proses Penyembuhan


Daging sapi juga merupakan sumber zinc atau seng yang tinggi, untuk menghasilkan antibodi. Ini gunanya untuk melindungi tubuh dari infeksi, membantu menyembuhkan jaringan yang rusak, serta mendukung sistem kekebalan tubuh biar selalu sehat.

 


Meningkatkan Fungsi Otot


Daging sapi merupakan sumber protein yang mengandung semua asam amino esensial. Ini diperlukan oleh semua orang, terutama para lansia. Protein pada daging sapi juga bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas otot.


Biasanya orang-orang yang rajin workout atau nge-gym, rutin mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak juga. Karena daging sapi juga bisa membangun lebih banyak otot, terutama untuk yang rutin melakukan latihan kekuatan.

 


Meningkatkan Performa Latihan


Beta-alanine yang terkandung dalam ikan dan daging, akan menghasilkan carnosine dalam tubuh. Kalau kadar carnosine dalam tubuh kita cukup baik, ini bisa untuk mengurangi rasa lelah.

 


Mempercantik Kulit dan Rambut


Pingin punya kulit dan rambut yang sehat, biasanya ciwi-ciwi pada berfokus pada skincare dan haircare nih, hehe... Selain perawatan dari luar, jangan lupa dilengkapi dengan mengkonsumsi daging sapi juga yhaa... Karena daging sapi mengandung tokoferol dan vitamin E yang tinggi, yang berguna untuk mencegah penuaan kulit.

 


Bahaya Mengkonsumsi Daging Sapi Busuk

Terkadang daging sapi yang udah mulai membusuk, terjual lebih murah. Tentu ada aja yang tertarik untuk membeli, dengan alasan, “Ah belum busuk banget kok.” Apalagi kalau udah dimasak dengan bumbu macam-macam, rasanya bisa jadi tetap enak.


Maksud hati pingin makan enak dan bernutrisi, tapi karena daging sapi yang kita konsumsi itu udah nggak segar lagi, yang ada malah mendatangkan bahaya. Mulai dari muntah-muntah karena keracunan, hingga penyakit yang tertimbun secara perlahan.

 


Daging Sapi Bisa Terkena Bakteri Patogen


Daging sapi yang terkena atau terkontak dengan udara di sekitar, ini bisa mendatangkan bakteri. Lalu, bakteri pun akan makin berkembang biak dalam daging busuk, karena pendinginan yang nggak cukup.


Bakteri macam E-Coli, H7, Salmonella, Stophylococcus Aureus, Campylobacter Jejuni ini bisa tumbuh dalam suhu ruangan, yang bisa menyebabkan keracunan.

 


Daging Sapi Bisa Terkena Bakteri Pembusukan


Daging sapi yang segar harus disimpan dalam suhu 1,5 derajat Celcius. Lalu daging sapi yang terlalu lama disimpan pun, apalagi dengan suhu yang kurang pas, juga bisa terkena bakteri listeria monocygenes. Gejalanya awalnya itu mirip dengan flu, jadi susah juga ya deteksi awalnya.


Jadi walau daging sapi yang disimpan dalam freezer atau chiller itu awet, tetap ya semua ada kadaluarsanya.

 


Berikut ini 6 Bahaya dari Mengkonsumsi Daging Sapi Busuk:


Muntah-Muntah


Daging sapi yang udah membusuk, bisa bikin seseorang jadi keracunan. Gejala awalnya bisa muntah-muntah.

 


Gangguan Pencernaan


Selain muntah-muntah, bakteri E-Coli pada daging busuk juga bisa bikin seseorang jadi terkena diare.

 


Tipes


Seringkali kita dengar ya, kalau orang-orang yang terkena tipes ini karena makanan yang kurang terjaga. Bakteri salmonella typhi pada daging busuk, bisa bikin seseorang terkena tipes juga.

 


Gangguan Saraf atau Meningitis


Daging kalengan atau daging yang diawetkan, tapi nggak dalam proses yang tepat, bisa mendatangkan bakteri clostridium batulinum. Bakteri ini menyerang sistem saraf yang bisa menyebabkan meningitis. 



Ciri-Ciri Daging Sapi yang Segar dan yang Busuk


Mengingat bahaya mengkonsumsi daging sapi busuk ini cukup parah, makanya penting sekali bagi kita untuk paham cara memilih daging sapi yang segar.


Karena saya juga kurang paham akan daging sapi yang segar, makanya saya pun harus banyak belajar tentangciri-ciri daging sapi yang segar, serta kayak gimana pula ciri-ciri daging sapi yang busuk itu.

 


Steak Hotel by Holycow – Rekomendasi Menu Steak Siap Santap


Holycow
Menu di Steak Hotel by Holycow

Bagi kita-kita yang pecinta steak, tentunya kita pingin menyantap steak dari daging yang segar, juicy, serta diolah dengan bumbu dan proses memasak yang bikin steak-nya jadi maknyusss...


Steak Hotel by Holycow bisa menjadi rekomendasi bagi kita-kita penyuka steak nih. Berawal dari Ibu Wynda Mardio – sang founder Holycow, seorang ibu rumah tangga yang ingin menyajikan steak dari daging wagyu dengan harga terjangkau.


Kalau yang namanya ibu-ibu, biasanya paham banget deh cara memasak yang enak dengan biaya terjangkau, hehe...


Oh ya, teman-teman tentunya udah tau ya, kalau wagyu merupakan potongan daging dari berbagai ras sapi terbaik di Jepang. Ciri-ciri daging wagyu ini punya corak macam marmer gitu. Selain rasanya yang lebih juicy, daging wagyu ini juga punya asam lemak omega 3 dan 6 yang lebih besar. Nutrisi lainnya pun juga lebih banyak.


Steak Hotel by Holycow menyajikan berbagai macam menu daging sapi, mulai dari sirloin, tenderloin, hingga rib eye. Bagi teman-teman yang ingin menyantap daging yang lebih gurih lemak, bisa memilih sirloin steak. Lalu bagi yang lagi diet, bisa memilih tenderloin steak yang rasa lemaknya lebih sedikit. Rib eye tentu ditujukan bagi penggemar iga.


Selain beef steak, menu lainnya pun juga ada. Mulai dari chicken, fish, nggak lupa dilengkapi dengan menu salad dan sayuran lainnya juga.


Steak Hotel by Holycow bisa jumpai di beberapa restoran di Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, Pekanbaru, dan Surabaya. Moga nanti Holycow juga hadir di kota-kota lainnya ya...

 


Oke, ini dia sharing saya tentang daging sapi segar dan busuk, serta rekomendasi kulineran steak daging sapi premium di Steak Hotel by Holycow. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P