Resep Gulai Jengkol Masakan Padang

Gulai jengkol - atau orang Minang menyebutnya "gulai jariang", merupakan masakan dari olahan jengkol berkuah santan yang pedas. Berikut ini cara memasak gulai jengkol khas Minang yang empuk, berkuah kental, dan bumbunya pun gurih pedas.

Gulai jengkol
Cara membuat gulai jengkol padang

Apa kabar, teman-teman?


Setelah sebelumnya saya berbagi cara memasak jengkol goreng balado yang dicampur teri tawar padang, selanjutnya tentu gulai jengkol, hahah... Jengkol balado dan gulai jengkol, biasanya ini emang familiar banget ya bagi penggemar masakan padang. Walau ada juga kuliner Minang dari olahan jengkol lainnya.


Resep goreng jengkol balado, bisa mampir ke link ini ya –) Resep Jengkol Teri Balado Masakan Padang


Gulai jengkol, kalau orang Minang menyebutnya gulai jariang. Dulu, kalau kita beli nasi rames di kedai nasi padang, suka dimasukkin sekeping jengkol gulai, layaknya daun singkong dan gulai nangka. Lama-lama mungkin karena jengkol mahal, rasanya udah jarang banget jengkol dimasukkin ke dalam sayuran nasi rames.


Gulai jengkol khas Minang terkenal akan kuahnya yang pekat. Bahkan bisa terus dimasak, hingga menjadi rendang jengkol pun ada. Tentu dengan bumbu yang lebih lengkap lagi, kalau untuk memasak rendang. Tapi kalau mau masak gulai yang nggak kental amat, juga sama enaknya kok. Biasanya di kedai nasi padang gulainya nggak pekat.


Oh ya, kalau teman-teman mungkin mau memasak rendang ayam khas Minang, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Rendang Ayam Menggunakan Ayam Negeri


Kemudian, layaknya kuliner Minang pada umumnya, gulai jariang pun enaknya kalau pedasnya terasa. Tentu disesuaikan lagi dengan kadar pedas yang teman-teman suka.


Saya menggunakan jengkol padang yang baunya nggak menyengat. Jadi untuk merebusnya, saya nggak menambahkan apa-apa ya, untuk menghilangkan atau mengurangi baunya. Cuma dikasih sedikit garam aja biar nggak hambar.


Layaknya gulai khas Minang juga, bumbunya nggak ditumis ya. Jadi dimasak bareng santan hingga mendidih dulu. Udah gitu, masakan padang juga nggak menggunakan tambahan gula.


Oke, kurang lebih ini tipsnya. Kalau misalnya ada yang kurang, boleh ditambahkan aja ya di kolom komentar. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 

Gulai jariang
Cara memasak gulai jengkol khas Minang

Cara membuat gulai jengkol masakan padang, ini dia yang perlu disiapkan:


250 gram jengkol, kupas, belah dua

Secukupnya air untuk merebus jengkol

½ sdt garam

 

1 liter santan dari 1 butir kelapa

2 sdm cabe giling

20 buah cabe rawit ijo, getok atau giling kasar aja

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

 

8 lembar daun jeruk, sobek

1 lembar daun kunyit, sobek

1 batang sereh, geprek

1 sdt garam

 

½ sdt kaldu bubuk

1 buah asam kandis


 

Bumbu gilingnya:


8 siung bawang merah

2 siung bawang putih

½ sdt lada

 

1 sdt ketumbar

½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit

 


Note:


Kalau teman-teman nggak mau yang pedas amat, gunakan cabe giling aja ya. Cabe giling di Jakarta nggak pedas kok.

 


Lalu ini ya cara memasak gulai jengkol khas Minang:


Siapkan panci, lalu masukkan air, jengkol, dan ½ sdt garam. Rebus hingga kurang lebih 15 menit, atau udah agak empuk.


Tiriskan jengkol, lalu geprek pelan aja sampe merekah. Karena gulai atau goreng jengkol khas Minang itu agak tipis dan melebar.


Sekarang kita siapkan kuah gulainya. Siapkan kuali, masukkan santan, bumbu giling, cabe giling, cabe rawit, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, sereh, garam, dan kaldu bubuk. Dididhkan sembari sering diaduk ya, biar santannya nggak menggumpal. Gunakan api pelan aja.


Lanjut terus masak sampe 15 menit dari setelah mendidih ini.


Kalau udah 15 menit, masukkan jengkol. Masak lagi 15 menit sampe jengkolnya empuk ya. Jadi total memasak kuah gulai ini 30 menit sejak mendidih, biar santannya mengental dan rasanya pun menyatu dengan bumbu. Gulai yang dimasak dengan benar-benar matang, nggak akan cepat basi.


5 menit menjelang matang, masukkan asam kandis. Kalau nggak ada, tukar dengan jeruk nipis aja kira-kira 3 ruas, atau cuka 1 sdt. Paling enak tentu pake asam kandis.


Gulai jengkol padang
Gulai jengkol alias gulai jariang khas Minang

Kalau pakai santan 1 liter, kuahnya sedang, nggak pekat banget. Teman-teman bisa tambahkan telur rebus atau ceplok, biar sekalian ada lauknya. Kalau pakai daun singkong, kuahnya jadi agak encer ya. Rebus terpisah aja daun singkongnya, kemudian diguyur kuah gulai.


Mampir juga ya di resep gulai kapau, untuk rekomendasi gulai sayuran lainnya. Klik ini aja ya -) Resep Gulai Kapau


Ini rekaman cara memasaknya ya...



Oke, ini dia resep gulai jengkol masakan padang yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi teman-teman semua ya, terutama penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P