Apa Saja Makanan yang Mengandung Protein Tinggi?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, serta berat badan yang ideal, diperlukan asupan gizi seimbang. Salah satunya adalah protein. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung protein tinggi, yang bisa kita dapatkan di kedai sayur maupun supermarket langganan.



Apa kabar, teman-teman?


Memiliki tubuh yang sehat tentu harapan setiap orang. Bahkan sejak memutuskan program kehamilan pun, para ibu sangat menjaga asupan gizinya.


Gizi yang seimbang mencakup 2 hal, yaitu gizi makro dan gizi mikro. Gizi makro merupakan nutrisi yang diperlukan dalam jumlah besar – ada karbohidrat, lemak, serta protein. Jadi sekalipun kita lagi program diet, jangan pernah musuhan dengan yang namanya karbohidrat ya, haha... Gizi makro diperlukan untuk menambah energi saat kita beraktivitas, termasuk saat tidur.


Lalu gizi mikro merupakan nutrisi yang diperlukan dalam jumlah kecil – ada vitamin dan juga mineral. Walau diperlukan dalam jumlah yang enggak banyak, tapi kekurangan gizi mikro juga bisa bikin badan jadi kurang fit. Bukankah kita sering mendengar, orang yang kena flu karena kurang vitamin C.

 


Manfaat Protein Bagi Tubuh


Salah satu dari gizi makro adalah protein. Kebutuhan akan protein bagi tiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia maupun jenis kelamin.


Berikut ini daftar kebutuhan protein harian bagi tiap orang:


Anak-anak usia 1 – 3 tahun: 13 gram

Anak-anak usia 4 – 8 tahun: 19 gram

Anak-anak usia 9 – 13 tahun: 46 gram

Perempuan remaja usia 14 – 18 tahun: 46 gram

Lelaki remaja usia 14 – 18 tahun: 52 gram

Perempuan dewasa usia lebih dari 19 tahun: 46 gram

Lelaki dewasa usia lebih dari 19 tahun: 56 gram

 


Protein juga terbagi 2, yaitu protein lengkap dan protein tidak lengkap. Protein lengkap merupakan protein yang memiliki 20 asam amino. Ini biasanya ada para produk hewani, kedelai, dan quinea. Sementara protein tidak lengkap, tentunya protein yang nggak mengandung 20 asam amino, contohnya pada kacang-kacangan dan biji-bijian.

 


Protein memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Ini dia di antaranya...


Menjaga kesehatan tulang, otot, serta jaringan dalam tubuh


Membantu proses pembekuan darah


Menjaga keseimbangan cairan


Menjaga respon sistem imun tubuh


Membantu pembentukan hormon


Membantu pembentukan enzim


Memperbaiki kemampuan penglihatan


Apa Akibatnya Bila Tubuh Kekurangan Protein?


Asupan gizi yang nggak seimbang, tentu akan berpengaruh pada tubuh. Begitupun kalau tubuh kita kekurangan protein. Berikut ini dampak dari kekurangan protein pada tubuh kita:


Edema, yaitu penumpukan cairan pada area perut


Perlemakan hati


Rambuh mudah rontok, kulit lebih kering, serta kuku mudah rapuh


Kehilangan massa otot


Gangguan pada tulang


Gangguan tumbuh kembang anak, termasuk stunting


Lebih sering infeksi

 


Jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi


Makanan yang mengandung protein tinggi yang kita harapkan, tentunya yang mudah didapat dalam keseharian. Apalagi kalau ada di kedai sayur dekat rumah. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Mungkin di antaranya ada yang menjadi favorit teman-teman:

 


Protein hewani:


Daging merah

Ayam

Hewan Laut

Telur

 


Protein nabati:


Kacang-kacangan

Biji-bijian

Tahu, tempe

Sayuran

 


Melngkapi Asupan Protein Daging Sapi di Steak Hotel by Holycow



Memenuhi asupan protein hewani dari daging merah, bisa dengan menyantap daging sapi. Makanan olahan daging sapi nan lezat, salah satunya bisa didapat dari beef steak.


Bagi kita-kita yang pecinta steak, tentunya kita pingin menyantap steak dari daging yang segar, juicy, serta diolah dengan bumbu dan proses memasak yang bikin steak-nya jadi maknyusss...


Steak Hotel by Holycow bisa menjadi rekomendasi bagi kita-kita penyuka steak nih. Berawal dari Ibu Wynda Mardio – sang founder Holycow, seorang ibu rumah tangga yang ingin menyajikan steak dari daging wagyu dengan harga terjangkau.


Kalau yang namanya ibu-ibu, biasanya paham banget deh cara memasak yang enak dengan biaya terjangkau, hehe...


Oh ya, teman-teman tentunya udah tau ya, kalau wagyu merupakan potongan daging dari berbagai ras sapi terbaik di Jepang. Ciri-ciri daging wagyu ini punya corak macam marmer gitu. Selain rasanya yang lebih juicy, daging wagyu ini juga punya asam lemak omega 3 dan 6 yang lebih besar. Nutrisi lainnya pun juga lebih banyak.


Steak Hotel by Holycow mengajikan berbagai macam menu daging sapi, mulai dari sirloin, tenderloin, hingga rib eye. Bagi teman-teman yang ingin menyantap daging yang lebih gurih lemak, bisa memilih sirloin steak. Lalu bagi yang lagi diet, bisa memilih tenderloin steak yang rasa lemaknya lebih sedikit. Rib eye tentu ditujukan bagi penggemar iga.


Selain beef steak, menu lainnya pun juga ada. Mulai dari chicken, fish, nggak lupa dilengkapi dengan menu salad dan sayuran lainnya juga.


Steak Hotel by Holycow bisa jumpai di beberapa restoran di Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, Pekanbaru, dan Surabaya. Moga nanti Holycow juga hadir di kota-kota lainnya ya...

 


Oke, ini dia sharing saya tentang makanan yang mengandung protein tinggi, serta rekomendasi kulineran steak daging sapi premium di Steak Hotel by Holycow. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P