Liburan ke Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto

Meer Von Kandi Heritage merupakan tempat wisata alam di Sawahlunto, Sumatera Barat yang menyuguhkan cantiknya Danau Kandi, waterpark untuk anak-anak dan dewasa, taman, serta beberapa spots berfoto. Nggak cuma untuk wisata keluarga aja, Meer Von Kandi Heritage juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin mengadakan gathering, perpisahan sekolah, dan sejenisnya. 


Apa kabar, teman-teman?


Alkisah, ibu saya dan bestie-bestie senamnya ngadain semacam penutupan senam, karena udah mau Ramadan. Mereka pun berencana ke Meer Von Kandi Heritage yang berada di Kota Sawahlunto.


Karena di sana ada waterpark-nya juga, Mama pun ngajak adek untuk liburan sekeluarga aja. Jadi mama nggak bareng bestie-bestie nya naik bus, tapi ketemuan di sana aja. Adek pun setuju. Sehari sebelum berangkat, capcuslah saya dan Mama ke rumah adek di Kota Padang. Karena berangkat dari Padang tentu lebih dekat ketimbang dari rumah.

 


Perjalanan Melewati Solok dan Sawahlunto yang Berkelok-Kelok



Perjalanan dari Padang menuju Sawahlunto kisaran 3 jam, haha... Di sini tempat wisatanya memang jauh-jauh. Kami berangkat sekitar jam 8, dengan cuaca pagi di Kota Padang yang sangat cerah.


Dari Padang menuju Solok, melewati tikungan Sitinjau Laut yang ngeri-ngeri sedep, hehe... Tapi sekarang jalanan di Sitinjau Laut mah udah diperlebar dan cakep. Cuaca pun berganti dari panas menuju adem dan banyak anginnya, di tengah hari yang cerah.


Perjalanan yang lebih banyak berkelok-kelok, tapi pagi menjelang siang kala itu nggak rame sih. Lanjut perjalanan kami melewati Kota Sawahlunto. Cuaca pun kembali gersang, hehe... Kami melewati bangunan dan jembatan layaknya Kota Tua. Seneng deh lihatnya...


Hingga sampailah kami pada semacam gerbang komplek tempat wisata. Jadi di sana tuh ada kebun binatang, taman buah, serta tentunya Meer Von Kandi Heritage yang letaknya pada berdekatan. Nyampe deh di gerbang tempat wisata Meer Von Kandi Heritage.

 


Alamat Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto



Meer Von Kandi Heritage berada di Sijantang Koto, Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat.


Dulunya ini merupakan area pertambahan batubara, yang kemudian dijadikan tempat wisata. Dari seberang jalan pun, kita udah bisa melihat perbukitan serta danaunya.


 

Harga Tiket Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto



Harga tiket Meer Von Kandi Heritage ini terbilang terjangkau. Untuk anak-anak dikenakan sebesar Rp. 5 ribu, sementara orang dewasa Rp. 10 ribu. Kami ke sana hari Minggu. Rasanya baik weekdays maupun weekends, harga tiketnya sama aja deh.

 


Berkeliling Meer Von Kandi Heritage



Begitu masuk, pengunjung langsung bisa menjumpai Meer Von Coffee Shop. Kemudian juga ada cafetaria dan kantin minuman. Pada area depan ini juga ada gazebo yang dilengkapi alat musik. Jadi kalau ada pengunjung yang mau nyanyi, dipersilakan.


Lanjut kami berjalan ke arah tengah. Di sana ada mini pentas gitu, dengan gazebo juga. Sebenernya saya mau nganterin Giva ke toilet dulu. Hingga tibalah saya dan Giva di area belakang, ada musholla dan kamar mandi.


BTW saya boleh cerita yak, hal terkampret ketika lagi nemenin Giva di toilet, haha... Kan Giva lagi ngantri. Eh datang nenek-nenek, yang tau-tau main diri aja di depan Giva.


Saya tegur dong, “Ibu maaf, ngantri ya.”


Doi, “Saya mau pipis aja sebentar.”


“Iya, sama! Tolong antri!”


Hahah... Masalahnya yang antri kan anak-anak. Hadehhh... baru dateng, aye udah ribut aja sama nenek-nenek.

 


Selesai dari toilet, saya dan Giva pun bergabung dengan rombongannya Mama. Teman-teman mama ini sistemnya potluck. Makanya mama waktu itu juga bikin rendang, hehe... Karena kita kan perginya sekeluarga, jadi bawa rendang aja biar simple.



Rombongan mama mengambil gazebo tepat di depan danau. Jadi selesai makan, saatnya melihat cantiknya Danau Kandi dengan background perbukitan. Danau Kandi ini luas juga, dengan beberapa background untuk berfoto.


Abis sholat Dzuhur, mama dan teman-temannya udah siap untuk mengadakan games. Saya dan Giva sekeluarga juga pun siap-siap menuju kolam renang.



Kolam renang ini berada di area depan, dekat pintu masuk. Di area depan ini juga nggak kalah cantiknya. Ada taman yang bikin sejuk, dengan beberapa background foto juga. Trus ada kincir yang bikin kite serasa lagi di Belande, haha...


Meer Von Kandi Heritage kalau dibilang luas, enggak juga. Tapi kalau teman-teman nggak biasa jalan kaki, mungkin akan capek juga, haha... Tenanggg, ada mobil odong-odong wisata, yang akan membawa pengunjung wara-wiri.


Cerita berenangnya Giva dan Adek, saya buat pada post selanjutnya ya...

 


Tips Mengunjungi Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto



Meer Von Kandi Heritage ini terbilang panas. Jadi gunakan pakaiannya yang nyaman, mungkin bisa dilengkapi dengan topi. Gunakan juga alas kaki yang nyaman, karena jalanannya nggak semuanya pakai beton.


Walau ada cafetaria, tapi saya sarankan bawa bekal makanan juga ya, apalagi kalau teman-teman bawa anak kecil. Karena kantinnya ini nggak banyak. Oh ya, di kolam renang juga ada kantin, ini boleh masuk kok kalau mau jajan.


Kalau teman-teman bawa anak-anak juga, siapkan baju ganti ya. Mana tau terpikir mau berenang juga. Lagipula rasanya sayang kalau ke sini, tapi nggak berenang. Karena kolam renangnya bagus dan nggak mahal pula.

 


Oke, ini dia cerita kami sewaktu liburan ke Meer Von Kandi Heritage di Sawahlunto. Moga bisa jadi rekomendasi juga ya, bagi teman-teman yang lagi hunting tempat wisata keluarga bernuansa alam di Sumatera Barat. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P