Resep Samosa Kentang Menggunakan Kulit Pangsit

Samosa merupakan cemilan khas Arab dan India, semacam gorengan dari kulit pangsit yang berisi daging cincang, sayuran, maupun kentang. Berikut ini  cara membuat samosa khas Arab dengan isian kentang dan wortel. 

Samosa Arab
Cara membuat samosa kentang

Apa kabar, teman-teman?


Pada post sebelumnya, saya udah cerita tentang samosa daging sapi yang sering disuguhkan mamanya murid, tiap kali saya mengajar anak-anak ke rumah mereka. Hingga kalau lihat-lihat instagram dan snack video-nya Mba Is HM.Zwan, Mba Is tuh sering banget bikin cemilan dari kulit pangsit.


Saya pun jadi keingetan akan samosa daging sapi maupun keju, yang dulu sering saya makan tiap ngajar. Kalau di sini tentu saya harus bikin sendiri, haha... Karena di sini kulinernya memang terbatas sekali.


Pelan-pelan saya pun googling akan resep samosa. Maunya yang mirip dengan yang saya makan, tapi kalau bisa yang bahan-bahannya gampang didapat. Haha... emang banyak maunya deh.


Sampailah saya pada akun youtube Dapur Ummi Ghaida. Beliau dulunya seorang TKW, lalu menikah dengan orang Arab dan menetap di sana. Jadi ada beberapa postingan kuliner khas Arab yang Ummi Ghaida pelajari juga, dari ibu mertua yang orang lokal.


Selain itu pas saya lihat, bahan-bahannya terbilang mudah dijumpai di sini. Ummi Ghaida bikinnya memang samosa ayam, yang biasanya untuk takjil berbuka puasa di Arab sana. Kalau di kita ibaratnya bakwan sambel kacang kali ya, haha...


Oh ya, sebelum saya menuliskan cara membuatnya, mungkin ada teman-teman yang belum tau, samosa itu apa sih. Samosa merupakan cemilan gorengan khas Arab dan India, yang terbuat dari kulit tepung dengan isian daging cincang, sayuran, maupun kentang yang dihaluskan. Lain negara, lain pula samosanya. Sebelumnya udah pernah saya ulas juga, tentang bedanya samosa Arab dan India. Teman-teman bisa mampir ke link ini aja ya -) Apa Bedanya Samosa Arab dan Samosa India


Karena belum pernah nyobain sama sekali, jadilah saya bikin pake kentang aja dulu. Andai gagal, bahannya lebih murah, hahah... Kemudian saya googling lagi cara membuat samosa kentang. Oh ternyata kentangnya dikukus dulu, biar lembut.


Ummi Ghaida memang bikin adonan kulit sendiri. Tapi katanya kalau mau yang instant, gunakan kulit pastry atau kulit pangsit aja. Nah pas banget main ke rumahnya adek di Padang, jadilah saya beli kulit pangsit aja.


Oh ya, Ummi Ghaida cuma menuliskan bahan-bahan dan bumbunya aja. Jadi takarannya ini merupakan takaran yang saya buat ya. Ini bisa kurang lebih untuk 20 buah adonan. Saya goreng setengah, sisanya saya frozen.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...



Cara membuat samosa kentang menggunakan kulit pangsit, ini dia bahan-bahan yang disiapkan:


250 gram kentang, bersihkan kulitnya

100 gram wortel, parut

4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, chop, iris

 

1 batang daun bawang, iris halus

1 batang daun seledri, iris halus

Secukupnya kulit pangsit

Secukupnya minyak goreng

 

1 sdm margarin

1 sdt margarin

Secukupnya air


 

Bumbu semuanya dalam bubuk:


½ sdt kunyit 

½ sdt ketumbar

½ sdt garam

 

½ sdt penyedap

¼ sdt lada

¼ sdt jinten

 


Pelengkap:

Saus sambal

Mayonnaise 



Note


Kalau teman-teman lebih suka samosa yang berasa bumbu kari, bubuk kunyitnya bisa ditukar dengan bumbu kari aja.

 


Lalu ini ya cara memasak samosa kentang menggunakan kulit pangsit:


Letakkan secukupnya air pada panci, masukkan kentang, tambahkan ¼ sdt garam, rebus hingga empuk. Tiriskan, kupas kulitnya.


Bejek-bejek kentang hingga halus.


Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.


Masukkan daun bawang, seledri, dan semua bumbu bubuk, lalu aduk merata.


Masukkan kentang dan parutan wortel, lalu aduk merata.


Kalau udah merata, masukkan 1 sdt margarin, lalu aduk lagi. Margarin ini biar tambah gurih ya. Kalau yang Ummi Ghaida buat, nggak pakai sih.


Letakkan selembar kulit pangsit di piring, lalu tarok 1 sdt adonan isi. Lipat bentuk segitiga. 


Panaskan minyak dan 1 sdm margarin. Goreng samosa hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.


Sajikan dengan saus sambal dan mayonnaise.

 


Kalau teman-teman mau pedas, bisa ditambahkan irisan cabe ijo aja ya. Ada juga samosa yang ditambahkan irisan cabe ijo. Jangan dikasih lada banyak-banyak ya, nanti kerongkongan panas, hahah...


Oke, ini dia resep samosa kentang menggunakan kulit pangsit yang saya buat. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P