Rekomendasi Oleh Oleh Khas Bali, Mulai dari Cemilan Hingga Hiasan Rumah

Bagi sebagian orang, membeli oleh oleh merupakan bagian dari berwisata. Begitupun dengan saya. Mulai dari oleh oleh untuk diri sendiri, maupun orang-orang terdekat. Berikut ini rekomendasi oleh oleh dari Bali. Mulai dari cemilan ringan, hingga yang bisa dijadikan hiasan rumah.


Oleh oleh khas Bali
Rekomendasi oleh oleh khas Bali

Apa kabar, teman-teman?


Saya sendiri memang belum pernah liburan ke Bali. Dulu tiap kali mau ke Bali, ada aja ini itunya, haha... Mulai dari tiket yang tau-tau harganya melonjak, ada tawaran tempat lain dari travelmates, dan sebagainya.


Tapi kalau soal oleh oleh khas Bali, saya terbilang cukup familiar. Karena dulu ada murid private 1 keluarga, yang tiap traveling itu ke Bali terus. Sepulang dari Bali, mereka selalu menyelipkan oleh oleh buat saya.


Membeli oleh oleh memang identik dengan pergi berwisata, terutama bagi orang Indonesia. Bagi saya, membeli oleh oleh nggak perlu dijadikan beban. Ketika memang ada uang lebih, serta koper atau ransel pun masih muat, biasanya saya membelinya. Untuk diri sendiri, maupun orang-orang terdekat. Semampu saya aja, dengan niat untuk berbagi bahagia.

 


Ragam Pilihan Oleh Oleh dari Bali


Seringkali juga murid-murid saya nggak bilang, akan berwisata kemana. Pada social media pun, mereka nggak begitu senang update on the spot. Kemudian, ketika saya kembali mengajar dan disuguhkan pie susu atau pia legong, langsung lah saya tanya,


“Eh abis dari Bali ya...”


Kue-kue tersebut memang identik ya dengan oleh oleh khas Bali. Selain itu, tentu aja ada beberapa ragam pilihan lain, yang mungkin teman-teman juga senang membeli atau menerimanya. Ada apa ajaaa...

 


Makanan


Makanan atau jajanan biasanya menjadi oleh oleh paling favorit. Harganya lebih murah, jadi bisa dibagi ke banyak orang, misalnya teman-teman di kelas maupun di kantor.


Mulai dari pie susu, pia legong, serta kopi kintamani yang merupakan kopi khas Bali, bisa menjadi pilihan teman-teman. Tentu masih banyak yang lainnya.


 

Pakaian dan Sejenisnya

Selain makanan, biasanya oleh oleh dari Bali juga identik dengan baju barong dan joger. Kaos bergambar yang biasanya dibuat dengan ukuran lebih besar. Bahannya adem, bisa dipakai kala bersantai di rumah maupun saat tidur. Baju barong dan joger ini ada pula yang 1 stel dengan celana pendek, mulai dari ukuran balita hingga dewasa.


Kain Bali juga nggak kalah uniknya. Biasanya di sana, bule-bule di pantai pada pake kain Bali ya, hehe... Kain Bali merupakan kain panjang dengan nuansa khas Bali yang bisa dililit. Bisa digunakan saat bersantai di rumah, untuk tidur, maupun untuk alas meja dan sejenisnya. Oh ya, saya pernah dikasih taplak lebar dengan nuansa Bali.


Siapa teman-teman yang senang berkebaya? Kebaya khas Bali pun juga ada dan bisa dijadikan rekomendasi oleh oleh. Setidaknya untuk diri sendiri nih, biar mirip gadis Bali, hehe...

 


Art and Craft

Bagi pecinta art and craft, membeli oleh oleh berupa hiasan kamar maupun rumah, tentunya menyenangkan ya. Saya pernah melihat rumah orang yang dilengkapi dengan hiasan topeng barong khas Bali. Walau bagi saya terlihat seram, hehe maapin saya penakut, tapi dari sisi seni tentunya keren ya.


Kemudian juga ada tas-tas rotan. Biasanya ini ada pecintanya sendiri juga ya. Kalau saya lebih suka tote bag khas Bali aja deh, hehe...


Dulu murid-murid saya juga senang ngasih gelang-gelang art and craft gitu. Jadi oleh oleh dari mamanya lain, dari anak-anaknya pun juga lain, haha... Asyik pokoknyaaa...

 


Untuk rekomendasi lengkap oleh oleh dari Bali, teman-teman bisa mampir aja ya ke -) Oleh Oleh Khas Bali

 

Uww... Jadi pingin liburan ke Bali deh. Nanti kalau saya liburan ke Jakarta, mau capcus ke Bali juga ah, haha...


Oke, ini dia rekomendasi oleh oleh dari Bali, yang beberapa di antaranya menjadi favorit saya. Moga bermanfaat untuk teman–teman juga. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P