Manfaat Minum Susu Bagi Lansia

Minum susu memang disarankan untuk segala umur, termasuk juga para lansia atau orang-orang lanjut usia. Karena ada beberapa manfaat yang didapat dalam segelas susu. Tentu, ada susu yang memang khusus dikonsumsi oleh para lansia. Berikut ini ulasannya...


Manfaat minum susu bagi lansia
Mengapa minum susu penting untuk lansia?

Apa kabar, teman-teman?


Dulu salah seorang murid privat saya, punya nenek yang terbilang sangat aktif. Sejak pagi, Eyang udah mengantar cucunya sekolah dengan nyetir mobil sendiri. Lalu kalau pas jadwalnya les renang dll, lanjut siangnya Eyang mengantar ke tempat-tempat tersebut.


Pada akhir pekan, seringkali Eyang menghabiskan waktu ke mall atau tempat-tempat hang out lainnya. Saya pun beberapa kali diajak menemani Eyang belanja. Bonusnya, ditraktir makan, haha... Lagi-lagi Eyang menyetir sendiri.


Lalu yang bagi saya paling hebat, Eyang menyetir mobil sendiri hingga ke Jogja, kampung halamannya. Wow...


Lantas gimana kalau di rumah? Eyang memang punya asisten rumah tangga. Tapi untuk memasak dan seringkali beberes, Eyang lakukan sendiri.


Pernah kala itu saya tanya, di usia yang rasanya udah lebih dari 60, kok masih kuat ke sana kemari – bawa cucu pula. Ternyata ada 3 hal yang selalu Eyang jaga. Mulai dari perhatikan pola makan. Olahraga, Eyang memang senang berenang. Lalu 1 lagi, Eyang sangat menjaga kesehatan tulang dengan rutin minum susu lansia.

 


Kenapa Minum Susu Penting Bagi Lansia?


Minum susu memang identik dengan bayi dan anak-anak. Padahal, minum susu juga dianjurkan untuk semua umur, termasuk para lansia.


Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang paling banyak. Kedua nutrisi ini bermanfaat sekali untuk menjaga tulang tubuh kita biar lebih kuat.


Ketika seseorang menua, tentu kondisi tulangnya udah nggak sekuat kayak sebelumnya. Makanya diperlukan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang pada lansia. Sementara vitamin D berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium tersebut.


 

Berikut ini 5 manfaat minum susu bagi lansia:


Biar Tulang Nggak Tipis dan Rentan Patah


Salah satu manfaat dari vitamin D pada susu adalah untuk menjaga tulang biar nggak tipis dan rentan patah.

 


Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis pada perempuan biasanya lebih rentan saat udah memasuki masa menopause. Sementara pada lelaki di saat hormon testosterone dalam tubuhnya menurun. Minum susu secara rutin bisa untuk mencegah osteoporosis.


 

Menjaga Kesehatan Jantung


Selain terdapat kalsium dan vitamin D, susu juga mengandung kalium yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga bisa untuk menjaga tekanan darah pada lansia biar tetap normal.

 


Mencegah Osteoarthritis


Ini merupakan sejenis radang sendi. Jadi kalsium, vitamin D, serta protein pada susu, bisa untuk mencegah radang sendi. Nutrisi pada susu ini lebih besar ketimbang turunannya, macam keju atau yogurt.

 


Menjaga Massa Otot


Tubuh yang mengalami proses penuaan, akan memproduksi protein yang lebih sedikit dari biasanya. Dengan rutin minum susu, asupan protein pun jadi bertambah.

 

 

Susu Seperti Apa yang Bagus untuk Lansia?


Susu khusus untuk lansia, alangkah baiknya yang mengandung rendah gula dan juga lemak. Namun tentunya penting juga bagi para lansia, untuk memperhatikan kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Bisa juga dengan mengkonsultasikan pilihan susu pada dokter.


Karena susu ini merupakan pelengkap nutrisi, jadi nggak ada ketentuan khusus juga, berapa banyak sehari boleh diminum. Namun dalam 1 gelas susu rendah lemak, terdapat asupan kalsium hingga 306 mg. Tentu ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

 


Ensure – Rekomendasi Susu untuk Lansia

Ensure
Ensure - rekomendasi susu untuk lansia

Saya juga pingin, orang tua saya rutin mengkonsumsi segelas susu setiap harinya. Apalagi bapak ibu saya masih aktif ke ladang dan kegiatan lainnya. Dari info yang saya baca, rekomendasi susu lansia adalah Ensure – dari Abbott Nutrition.


Ensure memiliki 2 jenis, yaitu Ensure Gold Vanila dan GoldSure by Ensure. Kalau rasa vanila gini, orang tua saya pasti suka.


Kenapa Ensure? Tentu ada beragam keunggulan yang teman-teman juga bisa baca di -) Susu Lansia


 

Oke, ini dia sharing saya tentang pentingnya para lansia mengkonsumsi setidaknya segelas susu setiap harinya. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya, terutama yang lagi hunting susu lansia. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P