Rekomendasi Restaurant Games dari Mortgage Calculator Money Games

Menjadi bos itu perlu dilatih, termasuk juga ketika ingin menjadi bos atau owner restoran. Sebelum pundi-pundi rupiah merapat, tentu ada modal yang dikumpulkan sedikit demi sedikit, kemudian memberikan kepuasan pada customers, dengan menyediakan produk atau jasa yang diinginkan - sesigap mungkin. Mari kita latihan menjadi bos restoran, dengan bermain games di Mortgage Calculator Money Games.

Apa kabar, teman-teman?


Semasa mengajar privat dulu, murid saya ada yang punya koleksi beberapa games di laptop-nya. Iya, rasanya yang namanya anak-anak pada senang main games ya. Entah lewat laptop maupun hape. Cuma bedanya, koleksi games murid saya dulu lebih ke tentang bisnis atau manajemen keuangan.


Widiwww berat banget dong, Nit, haha… Ya enggak lah. Jadi games-nya itu tentang bagaimana cara kita mendapat uang dari membangun bisnis. Misalnya game tentang Pizza Restaurant. Nanti kita akan melayani setiap customer yang datang. Mulai dari ngasih buku menu, kemudian memasak pesanan yang diminta, mengantarkan, kemudian barulah mereka bayar. Setelah itu, nggak lupa kita membereskan alat makan, biar mejanya bersih lagi untuk customers berikutnya.


Semua harus dilakukan dengan sesigap mungkin. Kalau enggak, nanti customers-nya bisa cemberut, kemudian ngeloyor pergi deh, haha… Kalau semua customers pada begitu, jadi nggak dapat uang kan.


Adakalanya, ketika chef salah memasukkan bahan-bahan masakan, atau salah memasak pesanan. Customers-nya tentu enggak mau. Jadilah makanan itu harus dibuang. Bahan masakan yang habis, tentu harus dibeli lagi. Sementara uang belum didapat dari customers sebelumnya, karena masakannya udah terbuang.


Mungkin ini sederhana. Tapi untuk anak-anak dan remaja, tentu secara nggak langsung, orang tua jadi bisa mengajarkan, betapa hati-hatinya kalau kita ingin punya uang. Kemudian setelah punya uang, anak-anak juga jadi belajar, bahwa uang itu mesti diatur sedemikian rupa.


Lewat games tersebut, misalnya kalau seluruh uang dibelikan keju, sementara ketika sosis habis, uangnya udah nggak ada.


Ini makanya, selama bisa mengatur waktu, mamanya senang-senang aja dengan anak-anak yang bermain games tentang bisnis ini.


Sedari dulu, saya pun juga senang dengan dunia makanan, restoran, serta jualan-jualan, hehe… Murid saya pun menyimpankan copy games tersebut dalam flashdisc saya. Nggak melulu tentang restaurant games, tapi ada beberapa yang sejenis, misal games tentang bisnis parkir atau salon.

 


Berkenalan dengan Mortgage Calculator Money Games



Kala itu saya membaca blog Mba Nurul dari nurulsufitri.com. Eh saya baru tau kalau ternyata Mortgage itu juga punya kumpulan games. Wow… kirain mah ya cuma tentang real estate calculator aja. Itu tuh, kalau misalnya kita berencana mau beli rumah secara kredit – atau bisa juga untuk hitung tabungan wajib perbulan, nah kita bisa menghitungnya dengan Mortgage Calculator ini.


Jadilah saya kepoin Mortgage Calculator Money Games. Uwww… tentunya saya senang banget kalau ini ternyata games tentang bisnis atau manajemen keuangan juga. Jadi kembali teringat saya akan games yang dikasih murid dulu.


Bedanya, dulu games yang dikasih murid saya, nggak semuanya bisa dimainkan dengan full. Jadi ada yang cuma trailer-nya aja. Kemudian kalau mau main selanjutnya, kita kudu download dan itu bayar, haha…  


Nah kalau di Mortgage Calculator Money Games ini, kita bisa mainkan dengan full secara free juga. Nggak perlu download segala. Tinggal nyalain lewat laptop maupun hape. Praktis banget kan, tinggal modal kuota aja. Hape kita nggak kepenuhan memory karena banyak games, hehe…

 


Ada games apa aja? Ini dia free online games yang ada di Mortgage Calculator Money Games:


Real Estate Games -) Berkenaan dengan games perumahan, perkantoran, gedung-gedung. Mulai dari membangun perumahan, ada lego city juga, termasuk pula membersihkan area real estate biar orang-orang kaya itu bahagia, haha…


Money Games -) Ini games hitungan atau matematika gitu. Bagus ini buat ngetes anak-anak. Kalo kite yang udah dewasa, nggak usah lah, hahahah…


Cryptocurrency Games -) Oww my God, belajar tentang crypto lewat games. Seru juga kayaknya ya…


Farming Simulation Games -) Bagi yang suka dengan tanam-tanam, miara hewan ternak, nah ini cocok nih.


Grocery Store Games -) Nah ini games shopping di Supermarket. Kalau ini kayaknya kita mah udah lancar banget ya, hahahah… Eh tapi di sini, kita latihan jadi bosnya, uww… kan mantap, yes.


Restaurant Simulation Games -) Ini juga games latihan jadi owner pizza, coffee shop, dan sejenisnya. Menyimak suka dukanya bisnis resto, hehe…


Business Simulation Games -) Sama juga tentang games membangun bisnis, tapi kayak toko bunga, toko perhiasan, dan sejenisnya.


Software Development Games -) Ini lebih kayak games tentang coding, tapi menyenangkan dan direkomendasikan untuk anak-anak juga.


Office Politics Games -) Denger kata politik, kesannya agak berat ya, haha… Ini games lebih tentang dunia kantor atau perusahaan gitu.


Environmental Games -) Untuk pecinta lingkungan hidup nih. Games-nya tentang daur ulang, area hijau, dan sejenisnya.


Other Fun Games -) Serta tentu masih ada beberapa fun games lainnya.

 


Dalam 1 tema aja, itu bisa ada beberapa pilihan games. Teman-teman bisa langsung ceki-ceki aja ya di link ini -) Mortgage Calculator Money Games

 


3 Restaurant Games Favorit Saya


Saya seneng banget kalau di Mortgage Calculator Money Games ini juga ada food games tentang bisnis restoran dan sejenisnya. Mungkin karena berkaitan dengan dunia kuliner juga ya. Jadi sedikit banyak merasakan riweuhnya para crew resto, hehe… Ini dia 3 rekomendasi restoran favorit saya…

 


Chocolate Shop



Ini merupakan game tentang bisnis toko cokelat. Jadi ketika customer datang, kita klik untuk dia memilih model cokelat yang ada di buku menu. Setelah terpilih, kita klik alatnya, kemudian nanti ada pilihan model cokelat yang akan kita cetak.


Jangan sampai salah klik, nanti customer-nya nggak mau beli. Setelah jadi, kita antar itu cokelat ke customer. Barulah customer membayar pesanannya.




Kesulitan dari games ini adalah ketika lama-lama customers banyak, sementara alatnya cuma bisa bikin 2 model aja, haha… Customers yang nggak sabar bakalan cemberut deh, trus pergi.

 


Pizza Café



Kalau ini merupakan game bisnis tentang restoran pizza. Lebih mirip ke pizza bar, dimana customers akan duduk berderetan.


Ketika customer datang, mereka langsung menunjukkan model pizza yang ingin dipesan. Kemudian kita klik bahan-bahan masakannya, klik pan-nya untuk memasak. Setelah pizza matang, klik biar pizza berjalan menuju customer yang pesan.



Kalau nanti bahan masakannya abis, kita bisa menelepon untuk restock. Jangan sampai salah memasak, karena nanti akan buang-buang bahan masakan. Belilah bahan masakan secukupnya aja, biar uangnya cukup.


Kesulitan dari game ini adalah karena pizza akan muncul dari kiri. Nah ketika yang pesan itu customer paling kanan, sementara ada customer yang datang kemudian pesan yang sama, langsung deh mereka hap, haha… Customer paling ujung pun lama-lama kesal kemudian pergi.

 


Tap Supermarket



Walau ini bukan restaurant games, tapi supermarket juga bagian dari food kan. Makanya saya suka.


Tap supermarket ini dimulai dari jualan yang awalnya sedikit. Yang terpenting jangan lupa untuk restock, biar customers-nya nggak marah trus keluar, haha…



Setelah uangnya cukup, kita bisa upgrade jualan. Isi supermarket-nya ini macam-macam, mulai dari sayur sampe ke laptop pun ada, haha… Makin mahal yang dibeli customers, tentu cuan yang didapat makin banyak.


Game ini lebih fokus ke restock-restock aja sih. Cuma ketika penjualan makin meluas, tentu staf gudang akan kewalahan untuk restock yang berbarengan.

 


Ini dia 3 restaurant games yang menjadi favorit saya, yang bisa dimainkan untuk segala usia. Mengingatkan kita juga, untuk nggak dikit-dikit marah ketika pelayan antar makanannya agak lama, mejanya masih belum dibersihkan, maupun stock barang yang belum di-update. Kita jadi makin paham, betapa riweuhnya para crew resto maupun pekerja jasa lainnya.


Tentu teman-teman juga punya tema games favorit lainnya ya, sesuai dengan passion teman-teman. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.  

3 comments:

  1. Seruuuuuu Mbaaa 😍. Aku baru baca, blm mulai mainin, tapi udah langsung tertarik.

    Games kayak gini yg aku suka juga. Jadi bisa sekalian mikir. Ga cuma sekedar main. Dan jadi bisa ajak anak2 main bareng. Kalo udah dibalut dalam kemasan games, biasanya anak2 langsung semangat dan lebih nangkep caranya.

    Anak Skr itu LBH cepet nangkep kalo dalam bentuk begini, atau dlm bentuk video, drpd zaman kita dulu lewat text book 🤣🤣. Bosenin kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sekalian bayangin riwehnya suasana restoran ya :D

      Delete
  2. Kita kok sama yaa.. Hahaha.. Ade juga demen banget tuh pizza cafe. Walau tampilannya masih game 2D, masih seru aja sih.

    Barubaja ade jajal beberapa game resto. Ade juga suka tuh yang pizza cafe. Niatnya mau jajal malah ketagihan.

    Kalau Adek Fi sukanya yang kayak roblox dan minecraft tuh.. Yang real estate games. Seneng dia bangun2 gitu. Jadi mau buat tulisannya juga deh.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P