Ingin Servis Motor, Apa Saja yang Perlu Dicek?

Baik dalam perjalanan jauh maupun dekat, tentunya pengendara motor ingin selalu aman dan nyaman. Makanya diperlukan servis motor secara rutin. Berikut ini apa aja yang perlu dicek, saat ingin melakukan servis motor.

 


Apa kabar, teman-teman?


Lebaran lalu, adik saya dan suaminya pulang kampung. Dari Jakarta ke SumBar, tentu yang paling efisien bagi mereka adalah naik pesawat. Setiba di kampung ini, mereka juga nggak pingin melewatkan liburan ke tempat-tempat wisata. Apalagi suami adik saya bukanlah orang SumBar. Mumpung ada host-nya, yaitu suaminya sepupu, mereka berdua pun berencana untuk jalan-jalan ke Puncak Mandeh.


Dari kampung kami ke Puncak Mandeh terbilang cukup jauh. Tentunya motor yang mau dibawa harus diservis dulu. Namanya bukan pegangan mereka, tentunya adek nggak tau banget, apa aja yang mesti dicek, haha… Yang penting itu motor udah bisa diajak melancong ke Puncak Mandeh.

 


Part Motor yang Perlu Dicek Saat Ingin Diservis


Tiap orang yang memiliki motor, tentunya ingin bepergian dengan nyaman. Motor yang nyaman salah satunya tentu yang selalu dalam kondisi baik. Makanya dalam jangka waktu tertentu, motor kesayangan perlu dibawa ke bengkel untuk ceki-ceki.


Apalagi kalau yang berencana ingin melakukan perjalanan jauh, kayak yang dilakukan adek saya, tentu alangkah baiknya dicek ini itunya dulu, karena nggak semua rute perjalanan akan menemukan bengkel yang aman.


Biasanya apa aja sih bagian motor yang perlu dicek? Di antaranya ada saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli garden, dan ban. Yuk kita bahas satu-satu.

 


Oli Mesin


Oli mesin pada motor berguna sebagai pelumas, pendingin, serta pelindung mesin. Biasanya oli mesin perlu diganti, kalau motor udah melewati jarak tempuh 2.500 KM. Biayanya ini mencakup harga oli yang tergantung merk-nya, serta biaya jasanya.


Beberapa tahun belakangan ini, ternyata udah ada pabrikan atau retailer otomotif yang merekomendasikan pergantian oli, sampai dengan 5 ribu KM. Wow… ini dikarenakan oli yang dipasarkan udah menggunakan teknologi ester, yang merupakan base oli tertinggi dalam ranah per-oli-an.

 


Oli Garden


Bagi pengguna motor matic, wajib banget untuk rutin mengganti oli garden. Oli motor matic ini gunanya sebagai pelumas gear pada Continuously Variable Transmission (CVT).


Sistem pergantiannya, kalau misalnya teman-teman udah mengganti oli mesin yang kedua, nah dibarengi deh dengan mengganti oli garden. Jadi 2:1 ya.

 


Busi


Busi berguna untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, sehingga mesin motor dapat menyala. Jadi kalau businya nggak dalam kondisi baik, motornya jadi nggak bisa nyala deh.

 


Kampas Rem


Seringkali kita dengar tentang kecelakaan akibat rem blong. Jadi kalau kampas rem udah tipis, rem pun jadi kurang pakem, yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

 


Filter Udara


Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, biar nggak ada kotoran yang masuk. Kalau misalnya ada kotoran, nanti bisa menyumbat injeksi dan karburator.


Nanti mekanik yang akan menentukan, apa filter udara ini masih bisa dibersihkan, atau harus diganti yang baru.

 


Aki atau ACCU


Dalam kondisi mesin mati, tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3 – 12,6 Volt. Kemudian pada saat menyala, 13,7 – 14,2 Volt.


Kalau nggak sesuai, entah karena ada kebocoran atau kondisi terminal yang berkarat, harus diperiksa secara detail.


Aki dalam kondisi yang baik juga berpengaruh pada kenyamanan saat membawa motor.

 


Ban


Namanya yang bikin motor jalan, juga karena ada ban yang muter ya, hehe… Makanya tekanan udara pada ban, kondisi ban apakah gundul atau enggak, serta hal lainnya juga mesti dicek secara rutin.

 


Tune Up Motor Rutin


Servis motor tune up ini merupakan servis motor secara rutin yang meliputi pemeriksaan pada semua komponen motor.


Biasanya servis ini fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karbukator atau saringan udara, memeriksa tegangan rantai, rem, serta klakson.


Adakalanya service tune up juga meliputi ganti oli mesin, ganti oli garden, serta pergantian sparepart.

 


Rekomendasi Bengkel Servis Motor yang Aman


Ketika ingin servis motor, tentu pemilik motor pingin mendatangi bengkel yang memang aman. Bukankah seringkali kita dengar, ada petugas bengkel yang bohong akan kerusakan ini itu alias ditambah-tambahin. Kemudian ada juga yang udah diservis, lah kok masih tetap motornya nggak dalam kondisi baik.


Planet Ban merupakan rekomendasi bengkel servis motor yang aman untuk dipilih. Planet Ban memberikan fasilitas berupa “servis motor rasa mesin baru”. Eh gimana maksudnya?


Jadi di Planet Ban ini ada sistem servis terpadu, yang tujuannya untuk meng-upgrade performa dan ketahanan motor dengan cepat dan hemat. Pada servis mtor terpadu ini, pengecekan juga akan dilakukan lebih detail, termasuk juga pada part yang jarang dicek.

 


Berikut ini beberapa manfaat dari servis motor di Planet Ban


Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Mesin motor pun otomatis jadi lebih awet atau jarang rusak.


Kalau dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan pun enteng


Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5 ribu KM aja, atau antara 4-6 bulan sekali. Jadi teman-teman nggak perlu sering-sering ke bengkel kan. Selain itu, biaya servis pun jadi lebih hemat.


Dengan servis motor di Planet Ban ini, teman-teman juga jadi bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup, karena emisi dan polusi dari motor akan berkurang.

 


Keunggulan Servis Motor di Planet Ban


Melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, nanti seluruh bagian part mesin akan dibersihkan. Jadi kelihatan kayak motor baru deh, acikkk… Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin piston, throttle body, semuanya bakalan bersih dari sisa-sisa pembakaran debu dan kotoran, kayak mesin baru.


Hasilnya pun nanti tarikan motor bakalan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, serta mesin pun jadi bersih total.


Wah kalo sebegitu canggihnya, pasti harga servis motor di Planet Ban mahal dong, hehe… Enggak kok, harganya masih terbilang terjangkau. Untuk servis motor injeksi, biayanya cuma Rp. 20 ribu. Kemudian servis CVT sekaligus rantainya, biayanya cuma Rp. 19.500. Bahkan servis throttle body pun biayanya cuma Rp. 20 ribu.

 


Oke, itu dia rekomendasi bengkel servis motor yang aman bersama Planet Ban. Moga bisa jadi rekomendasi teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir.

14 comments:

  1. Planet ban ada dimana2 nih deket rumah aja ada 2. Penasaran dengan jasanya yg bikin mesin kayak motor baru lagi.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget nih pelayanan mereka keren banget kebetulan ada juga dekat rumahku , rutin ganti oli di planet ban... Kemarin juga ganti ban motor depan disana juga in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti ban biar bawa motor makin nyaman ya, Mba Utie :D

      Delete
  3. Wah, urusan servis motor matic ini memang sudah jadi agenda bulananku, Nit. Karena kudu rajin dan jangan sampai kelupaan. Apalagi sering dipakai ke sana kemari. Ganti oli, cek rem, ban motor dan sebagainya itu penting banget. Asyiknya di Planet Ban ini montirnya oke dan produknya juga berkualitas. Recommended pokoknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biar urusan lancar ya mba nurul, termasuk juga kalau mungkin mau dipake Fakhri ya, hehe...

      Delete
  4. Baru tahu harga servisnya terjanyata terjangkau ya cukup Rp 20.000. Gitu kenapa aku jadi lupa urusan seris motor, secara dipakai melulu jarang diservis. Jangan sampai deh ya, jadi semakin rumit urusan motor yang diibaratkan kaki kita ini. Makasih Miss, jadi ga ragu lagi deh kalau mau mampir ke Planet ban. Namanya pun gampang diingat dan didengar ga ribet buat emak 3 anak dengan banyak urusan kayak diriku ini haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang karena udah sibuk urusan anak ya, selama motor masih masih nyala, jadi abai dicek, haha...

      Delete
  5. Planet Ban, deket rumah ada nggak yaa!! Tapi, emang siy perawatan kendaraan itu penting, apalagi kalau ada bengkel langganan yg pelayanannya oke, makin nyaman khan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak aman serem sih, karena kendaraan ini kan urusannya dg nyawa juga.

      Delete
  6. Aku jujurnya ga ngerti soal perawatan kendaraan gini, tapiiii untungnya suami telaten bangett ngerawat mobil2 dan motor dia 😄. Ga pernah lupa nyervis, bersihin dll. Makanya tiap pas dijual, selalu cepeeet banget laku. Ada mobil yg bahkan udah ditag ama temennya, kalo mau dijual, jual kedia. Krn mereka tahu suami rajin merawat, jadi mesinnya pasti masih bagus tiap kali dijual. Dan itu ngaruh ke harga jual, ttp tinggi 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nenek dulu, gak paham ttg mobil tapi bawelnya minta ampun nyuruh om untuk servis rutin, hahahah... Sama mba, pas dijual cepat aja lakunya.

      Delete
  7. Bener banget mbk, kalo mau perjalanan jauh wajib banget ceki ceki motor. Jadi kl udah di servis ganti oli, pastinya di jalan lebih aman dan ngerasa nyaman.

    Baru tau kalo Planet Ban bisa servis motor, kirain jual ban aja lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya planet ban komplit juga fasilitasnya :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P