5 Tips Sulap Halaman Rumah jadi Taman Bergaya Cina


Kredit tanpa agunan kini dapat mendukung kita untuk mempercantik rumah. Salah satunya menyulap halaman depan menjadi taman yang indah. Taman memiliki fungsi yang beragam. Selain membuat rumah semakin indah, taman dapat digunakan sebagai area hijau serta tempat bersantai dengan keluarga.


Taman memiliki perkembangan dan gaya yang berbeda, contohnya Amerika, Mediterania, Jepang, Cina dan masih banyak lagi. Dari beberapa perkembangan tersebut, gaya Cina memiliki karakteristik yang unik, filosofi mendalam dan cocok diterapkan untuk halaman rumah. Namun, bagaimana cara dan tips merancang taman tersebut? Yuk kita cari tau di sini.


Apa Itu Taman Bergaya Cina? Mari Terapkan pada Rumah


Taman bergaya Cina diciptakan untuk menghadirkan nuansa kembali ke alam yang natural. Taman ini identik dengan filosofi yang mendalam terkait Masyarakat Cina. Makanya, elemen disusun sedemikian rupa untuk menciptakan makna dan suasana yang khas.


Berdasarkan sejarah, setelah Dinasti Han, taman-taman yang berada di istana memiliki fungsi sebagai tempat kaisar beristirahat dan memperbarui energi. Makanya terdapat beberapa komponen penting yang mendukung, seperti dekorasi, tanaman, hingga arsitektur yang digunakan.


Beberapa elemen taman seperti unsur lunak dan keras ditata sedemikian rupa, sehingga menghadirkan kesan yang berbeda di setiap bagiannya. Taman bergaya Cina kini sering diterapkan pada halaman rumah. Ini karena gaya Cina menghadirkan suasana suasana sejuk yang menenangkan.


Tips dan Langkah Membuat Taman Bergaya Cina di Halaman Rumah


Taman bergaya Cina memiliki detail dan filosofi yang harus diperhatikan dengan baik. Makanya dibutuhkan langkah yang tepat, biar perencanaan dapat dilakukan dengan tepat.


Apa aja hal penting dan tips dalam merancang taman Cina untuk rumah? Mari ketahui segera di bawah ini:


      Ketahui Luas Halaman Rumah


Sebelum merancang taman, ketahuilah space yang tersedia. Hal ini penting untuk menentukan komposisi taman serta peletakkan elemen yang tepat.


Jika lahan yang ada tergolong luas, kita bisa menerapkan berbagai elemen dengan lebih leluasa. Tenang saja, kita dapat menggunakan KTA dengan syarat kredit tanpa agunan yang praktis untuk mendukung perancangan taman.


Selain luas lahan, tentukan juga lokasi perancangan. Apakah taman akan dirancang di halaman depan atau belakang rumah? Kedua lokasi ini juga menentukan desain taman yang akan dibuat. Contohnya, kita dapat membuat taman dengan lebih privat jika terletak di halaman belakang.


      Air dan Kolam Merupakan Elemen Penting


Air adalah elemen yang wajib diterapkan pada taman bergaya Cina. Air dalam kolam bebatuan dipercaya membawa energi positif ketika diletakkan secara tepat. menurut Feng Shui, peletakan kolam nggak boleh bersebelahan dengan tempat tidur ataupun berada di tengah rumah, karena dapat menolak energi positif.


Pada kolam ini, kita bisa memelihara ikan koi yang juga membawa keberuntungan. Ikan koi memiliki filosofi kesuksesan, kemakmuran, dan ambisi. Ekor ikan juga kerap dikaitkan dengan Yin dan Yang, simbol penting Tionghoa.



      Pemilihan Unsur Keras yang Tepat


Taman memiliki unsur keras yang membentuk landscape. Beberapa unsur keras di antaranya gazebo, pagar, batuan, jalan setapak, jembatan, hingga lampu. Dalam taman Cina, unsur keras yang selalu ada yaitu gazebo dan jembatan.


Gazebo dengan atap bertingkat adalah elemen penting dalam taman. Bangunan ini harus dibangun menghadap ke kolam.


Dikutip dari smartgardenindonesia.id, gazebo dirancang agar bayangan bulan jatuh ke air. Selain memberikan arsitektur Cina yang kuat, keberadaan gazebo dapat berfungsi sebagai tempat berteduh, bersantai, dan bercengkrama dengan keluarga.


Selain gazebo, jembatan kecil yang menyeberangi kolam juga dapat diaplikasikan. Jembatan ini identik dengan material kayu dan penggunaan warna merah yang khas. Setelah kedua unsur tersebut ada, kita dapat menghias taman dengan bebatuan, dekorasi lampu, lampion, dan sebagainya.


      Ketahui Unsur Lunak yang Cocok Diterapkan


Unsur lunak dari taman meliputi pohon, bambu, semak, rumput, dan sebagainya. Kita dapat menggunakan semua unsur tersebut jika memungkinkan. Umumnya, satu pohon hias cukup untuk menaungi taman rumah yang relatif sempit. Selanjutnya, kita bisa menggabungkannya dengan tanaman lain.


Beberapa tanaman hias yang identik dengan taman bergaya Cina antara lain lotus, azalea, magnolia, peoni, dan masih banyak lagi. Tanaman tersebut dapat kita pilih jika menginginkan taman dengan tanaman berfilosofi mendalam. Contohnya magnolia menyimbolkan kemurnian dan bangsawan dalam budaya Cina.


Penyusunan elemen lunak ini dapat dilakukan sesuai keinginan. Namun, taman bergaya Cina identik dengan penyusunan tanaman yang terkesan berdesakan. Hal ini memperkuat suasana alam yang ada.


      Air Terjun Menambah Suasana Alami


Pada taman bergaya Cina, air terjun dapat mendukung suasana yang menenangkan dan alami. Selain mempercantik taman, air terjun ini juga mendukung ekosistem pada kolam serta meminimalisir timbulnya lumut.


Air terjun pada taman bergaya tradisional seperti Cina ini dapat diciptakan dengan penyusunan batuan alam yang natural, seperti di alam bebas. Hal ini dapat membawa suasana yang lebih khas pada taman.


Itulah beberapa tips dan langkah yang dapat kita ikuti untuk memiliki taman bergaya Cina di rumah. Taman Cina memang memiliki filosofi yang mendalam dan detail yang harus diperhatikan. Bagaimana? Siap merancang taman, teman-teman?


Taman Cina memiliki banyak komponen dan detail yang tinggi. Makanya diperlukan dana yang cukup besar untuk merealisasikannya.


Tapi nggak perlu khawatir, memiliki taman yang indah kini dapat dilakukan bersama kredit digibank KTA. Kredit berlimit hingga Rp200 juta ini memiliki banyak keunggulan dan tentunya praktis. Salah satunya proses approval hanya membutuhkan waktu 60 detik saja.


DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Bersama kredit tanpa agunan digibank KTA, taman impian bergaya Cina dapat teman-teman miliki. Tunggu apalagi? Dapatkan info selengkapnya di sini.

1 comment:

  1. Cuma bisa ngayalin dulu, mau bikin begini di rumahku ga mungkin bisa, lah wong halaman aja ga ada 🤣🤣. Mau bikin di apartemen apalagi wkwkwjwjwk.

    Pengeeen sih, tapi ya nikmatin taman China di tempat lain dululah 😁.

    Tapi memang kalo liat taman2 berdesign China, jepang, itu adeem banget. Karena mereka suka taro kolam, yg mana itu bikin perasaan tenang memang. 👍

    ReplyDelete