Aqua Solok One Day Trip ke Rumah Maggot dan Perkebunan Strawberry

Maggot – si uget-uget yang terlihat menjijikkan, ternyata memiliki banyak protein yang baik untuk pakan ternak. Makanya maggot juga banyak dibudidayakan, yang salah satunya oleh para ibu dari kelompok tani di Solok. Di lain tempat, juga ada ibu-ibu kelompok tani yang mengelola perkebunan strawberry. Dua dari beberapa yang turut diberdayakan oleh Aqua Solok, Sumatera Barat.


Aqua Solok
Kunjungan ke kelompok tani binaan Aqua Solok

Apa kabar, teman-teman?


Solok merupakan salah satu daerah pegunungan di Sumatera Barat. Layaknya dataran tinggi pada umumnya, langit Solok itu ademnya minta ampun dan banyak angin. Pada ruas lainnya bahkan sampai berkabut.


Cuaca yang adem cenderung dingin, ditambah lagi ada beberapa wisata alam yang terkenal, bikin saya seneng banget tiap kali liburan ke Solok. Minggu kala itu, liburan saya ke Solok terbilang unik, karena tujuan wisata kami salah satunya adalah… melihat maggot, hahahah….

 


Minggu, 27 Agustus 2023 lalu, dari ruas jantung kota Padang, berangkatlah kami pagi-pagi menuju Solok. Iyess, saya berangkat barengan teman-teman dari Bloggers Padang dalam acara One Day Trip to Solok bersama Aqua Solok.


Jalanan yang terbilang lancar, ngerumpi ngalor ngidul di dalam mobil, tau-tau sampailah kami pada kunjungan yang pertama, yaitu ke Rumah Budidaya Maggot. Di sana kami disambut oleh ibu-ibu setempat yang mengelola, dan dijelaskan banyak hal tentang manfaat budidaya maggot. Baik untuk pundi-pundi rupiah, maupun manfaatnya untuk lingkungan.


Masya Allah, ternyata binatang yang terlihat menjijikan pun, juga punya manfaat untuk alam ya….

 


Mengenal Budidaya Maggot di Rumah Maggot


Rumah Maggot Solok
Rumah Budidaya Maggot - salah satu binaan Aqua Solok

Rumah Maggot ini memiliki 2 lapak. Di sisi kanan ada 1 ruang yang ditutup dengan jaring, yang dikasih resleting di tengahnya, untuk buka tutup. Di dalamnya berterbangan lalat hitam yang cukup banyak. Bukan kayak lalat ijo yang suka hinggap di makanan gitu ya.


Kemudian di sisi kiri, ada ruang layaknya bilik berisi kotak-kotak lumayan besar. Di sinilah ditempatkan maggot, mulai dari baby hingga maggot dewasa. Uget-ugetlah tuh maggot di atas tanah.


 

Maggot BSF – Si Pengurai Sampah yang Juga Laku untuk Dijual


Aqua Solok
Maggot dewasa di Rumah Maggot Solok

Teman-teman tentu udah sering mendengar juga, bukan, kalau berdasarkan data dari The Economics Intelligence Unit, Indonesia ini merupakan negara penghasil sampah makanan atau food loss and waste, nomer 2 di dunia.


Ketika sampah dibuang ke tempat penampungan sampah, maka tumpukan yang paling bawah itu akan mengalami pembusukan. Kemudian terbentuklah gas metana, salah satu gas rumah kaca (GRK) yang bisa mendatangkan efek rumah kaca.


Lapisan ozon bumi pun akan rusak, kemudian terjadilah perubahan iklim dan global warming atau pemanasan global.


Kalau sampah rumah tangga aja kadang banyak banget ya, apalagi se-Indonesia ini. Tentu harus ada solusi untuk mengurangi sampah makanan, bukan.


Hingga terciptalah salah satu metode pengolahan sampah organik, yaitu biokonversi dengan metode Black Soldier Fly (BSF), yang akan menghasilkan maggot dan kompos.

 


Semua berawal dari lalat BSF yang memiliki nama latin Hermetia Illucens. Kemudian lalat ini akan menghasilkan larva yang disebut dengan maggot BSF.


Lalat ini nggak mengeluarkan bau busuk. Udah gitu nggak mendatangkan penyakit juga, karena lalat BSF ini di badannya juga punya zat antibiotik alami. Peternak maggot akan membuat metode fermentasi untuk memancing datangnya lalat BSF ini.


Lalat BSF ini ditempatkan dalam 1 ruang dari bambu atau kayu, yang ditutup dengan jaring. Kalau nanti lalatnya udah bertelur, nanti telurnya akan ditempatkan dalam wadah sampai menetas.


Kalau udah menetas dan jadi baby maggot, akan diletakkan dalam biopond yang dikasih tanah gembur. Baby maggot ini akan makan ampas tahu. Kalau nggak ada, makannya nasi yang diblender. Udah kayak MPASI aja yak, haha…


Baby maggot pun tumbuh jadi maggot dewasa, yang akan menjadi pengurai sampah organik. Tiap 15 ribu maggot akan menghabiskan kurang lebih 2 kilo sampah organik, dalam waktu sehari. Makanya Rumah Maggot juga bekerja sama dengan Bank Sampah Umum (BSU).


Masya Allah ya. Kalau makin banyak budidaya maggot, alangkah banyaknya sampah sisa makanan di dunia ini yang akan berkurang…

 


Kenapa Maggot Baik untuk Pakan Ternak?


Rumah Maggot
Baby maggot di Rumah Maggot Solok

Entah karena mereka rajin makan sayur kali ya, hahahah… Padahal sayur sisa pula. Kagak deng.


Dalam tubuh maggot mengandung banyak protein, hingga 30-45%. Makanya peternak ayam, ikan, burung, serta ternak lainnya juga ngasih asupan makanan yang bergizi untuk ternak mereka, berupa rendang gulai ikan goreng ayam maggot.


Maggot yang diberikan bisa berupa maggot segar, maggot kering, telur dari lalat BSF, maupun turunannya kayak tepung maggot, pellet maggot, prebiotik, serta pupuk organik.


Panen maggot ini biasanya sekitar 2-3 minggu setelah telur lalat menetas.

 

Aqua Solok
Bloggers Padang bersama ibu-ibu dari Rumah Maggot Solok

Mengingat budidaya maggot ini sangat berguna untuk lingkungan hidup, hewan ternak, serta mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi pengelolanya, Aqua Solok pun turut membantu memberdayakan budidaya maggot di Rumah Maggot – Solok.

 

 

Berkeliling Kebun Strawberry di Solok



Menjelang siang, lanjut kami menuju kunjungan berikutnya yang nggak jauh dari Rumah Maggot. Tibalah kami di perkebunan strawberry.


Selain perkebunan teh yang terhampar sedemikian luasnya, di Solok juga banyak perkebunan sayur dan buah organik. Begitupun dengan perkebunan strawberry – tanaman khas dataran tinggi.


Sayangnya pas kami ke sana, kata ibunya baru aja selesai panen. Baru akan mulai menanam lagi pas awal bulan September. Huhuhu… padahal saya udah siap-siap mau raup strawberry banyak-banyak, mumpung gretong, hahahah…


Strawberry memang tumbuh saat musim kemarau. Dia nggak bisa tumbuh kalau misalnya ada curah hujan tiap hari. Udah gitu, strawberry juga akan tumbuh di atas 1.000 – 1.500 DPL, dengan suhu kisaran 17-20 derajat celcius.

 


Cara Menanam Strawberry



Ketika ingin menanam strawberry, yang pertama kali disiapkan tentu menyiapkan bibitnya. Tapi bisa juga dengan melakukan pembibitan vegetatif, yaitu dengan mengambil batangnya.


Kemudian siapkan polybag yang akan diisi dengan media tanam. Media ini berupa tanah, pupuk, serta sekam dengan perbandingan 1:1:2. Kenapa sekamnya lebih banyak, biar tanaman nggak menyimpan banyak air.


Jangan lupa disiram secara rutin, saat pagi dan sore.

 


Oh ya, perkebunan strawberry milik ibu-ibu kelompok tani ini merupakan perkebunan strawberry organik ya. Jadi pas ada sisa-sisa panen, kita langsung hap aja, hahahah… 


Strawberry bisa dipanen kisaran 45-60 hari sejak ditanam. Strawberry bisa dipanen kalau buahnya udah terasa kenyal dan empuk. Kemudian rasanya pun asam segar. Lalu warna kulitnya itu merah muda atau merah merona, serta tangkainya berwarna cokelat kekuningan.


Sewaktu kondangan ke Villa Danau kembar, Kakak Giva jajan strawberry Solok

Perkebunan strawberry di Solok juga ada yang dijadikan tempat wisata petik strawberry. Ada juga yang dijual dalam kemasan. Kalau jalan-jalan ke Solok, Kakak Giva juga selalu jajan strawberry. Gemoy-gemoy dan rasanya asam segar gitu.


Perkebunan strawberry dari kelompok tani ibu-ibu setempat yang kami kunjungi, juga turut diberdayakan oleh Aqua Solok.

 


Hari makin siang, saatnya kami berpamitan untuk makan siang, sebelum kembali pulang ke Kota Padang.


Ini rekaman kami selama di sana ya…



Makasih banyak Aqua Solok untuk one day trip yang sangat menambah pengetahuan ini. Moga nanti Bloggers Padang bisa kembali melihat-lihat usaha kelompok tani lainnya yaaa...


Moga sharing ini juga bermanfaat untuk teman-teman. Makasih banyak ya udah mampir. 

18 comments:

  1. Kalau di kotaku, bukan di sebut maggot, mungkin singkatnya kadang aku nyebut uget uget hahaha
    ternak budidaya maggot ini prospeknya menjanjikan ya mba
    seru juga bisa ikutan trip kayak gini ditambah mampir ke kebun strawberry pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya pun baru tau kalo ternyata bisa diternak juga ya

      Delete
  2. Pantesan strawberry kalo di LN juga selalu dijual pas summer. Makanya aku jrg Nemu tiap kesana winter 😂.

    Btw, setelah denger ttg maggot, aku jadi ga jijik lagi Ama mereka. Gede juga jasanya dlm mengurai sampah ya mba 😁

    Masalah sampah di Indonesia ini udh case serius sih memang. Mana kebanyakan orang2nya blm sadar juga ttg buang sampah di tempatnya, ditambah lagi sisa makanan yg bikin efek rumah kaca. Makin jadi deh perubahan iklim 😔

    Moga aja si maggot ini semakin banyak dikembangkan, jadi setidaknya masalah sampah sedikit terurai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya sampah rumah tangga pun bisa. Di sini karena tanah luas, jadi perorangan pun mau bikin ternak maggot ini bisa :D

      Delete
  3. Oh, jadi begitu ya proses pengolahan sampah organiknya. Berawal dari si lalat nih. Jadi nambah ilmu soal maggot yang banyak proteinnya 30-40% ck..ck..ck. Keseruan berlanjut di kebun stroberi. Budidaya perkebunannya oleh Aqua Solok benar2 baik sekali ya. Lebih enak wisata petik sendiri kayaknya dibandingkan dari kemasan hehehe. Mantap deh bloggers Padang.

    ReplyDelete
  4. Masalah sampah tuh emang macem-macem. Kalau ada yang mengurai kaya Maggot ini, bisa jadi salah satu solusi ya meski aku agak geli juga lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya belatung, geli2 juga lihatnya ya, haha...

      Delete
  5. seru banget Mba NIt tempatnya kayaknya ya, tapi gagal fokus lihat baby manggotnya hehhee, tapi lihat jajanan strawberrynya langsung pengen makan strawberrynya, seger banget kayaknya ya adek suka banget kayaknya makanin strawberrynya

    ReplyDelete
  6. Seneng banget ih, bisa mengunjungi dan melihat manggot ya. Geli-geli gimana gitu ihat baby manggiot wkwkw. Stawberrynya endul-endul bangeeet

    ReplyDelete
  7. Wahh luar biasa juga yaa jasanya si maggot ini, bisa menyelamatkan bumi dari efek rumah kaca. Btw, maggot ini bisa kita pelihara di rumah kah? Supaya biasa mengurai sampah makanan di rumah kita, kan lumayan tuh jadi gak merasa bersalah buang-buang makanan karena bisa langsung dikasih ke maggot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba, kalau memang ada lahan sedikit, kayak di belakang rumah gitu.

      Delete
  8. Pengen banget bisa ke kebun stawberry karena aku dan binar suka banget stawberry, asyik kayaknya kalau bisa ke sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kebun strawberry idolanya anak2 nih ya mba :D

      Delete
  9. Wahsenangnya bisa jalan jalan ke solok ya mbak. Aku juga ada keluarga yang tinggal di sana. Cuma jauh aja belum pernah jadinya. Btw asyik ya bisa jalan jalan ke kebun strawberry dan lihat cara membydidayakan maggot. Geli tapi banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P