Mengenal Operasi LASIK Mata - Bagaimana Prosesnya, Serta untuk Siapa Aja?

Di Indonesia ini operasi LASIK memang udah popular sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi sekarang pun, ada juga orang-orang yang masih takut untuk melakukannya. Sebenernya kayak gimana sih proses operasi LASIK itu? Trus siapa aja yang melakukan operasi LASIK? Mari simak ulasannya…

 

LASIK
Bagaimana proses melakukan operasi LASIK mata?

Apa kabar, teman-teman?


Beberapa tahun yang lalu, operasi LASIK mulai popular. Pada majalah atau tabloid yang kami langganan, begitupun dengan tayangan TV, ramai menanyangkan para public figure yang baru aja melakukan operasi LASIK.


Walau banyak yang terkagum dengan cerita orang-orang itu - yang udah nggak perlu pake kacamata atau contact lens lagi, tapi banyak juga yang kepikiran… Ntar kalo salah-salah gimana? Malah jadi tambah parah dong?


Bahkan sampe sekarang pun masih ada yang mendengar kata “operasi LASIK mata” dari beragam mitos yang ada. Makanya, perlu juga kita pelajari. Emang sebenernya operasi LASIK itu kayak gimana sih?


Trus siapa aja yang boleh melakukan operasi LASIK mata. Karena nggak dipungkiri, semakin bertambah umur, banyak orang yang harus pake kacamata. Jadi macam lansia gitu boleh nggak sih, kalau mau ikutan operasi LASIK juga.

 


Operasi LASIK Mata pada Awalnya


Operasi LASIK atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis merupakan operasi mata yang tentunya dilakukan oleh dokter spesialis mata. Pada orang-orang yang profesinya nggak disarankan untuk berkacamata, adanya operasi LASIK tentunya jadi menguntungkan. Karena pemilik mata minus maupun silinder, jadi bisa menjalani aktivitas tanpa menggunakan kacamata maupun lensa kontak.


Pada awalnya, operasi LASIK menggunakan teknik microceratome, yaitu memotong lapisan pada permukaan kornea yang sangat tipis. Tujuannya untuk mengubah bentuk.


Lama kelamaan setelah diadakan penelitian lagi, hadirlah sebuah metode baru, yaitu operasi LASIK mata yang menggunakan laser, untuk memberbaiki bentuk kornea tanpa harus mengubahnya.


Pada metode laser ini, keberhasilannya pun makin maksimal. Sampe akhirnya udah 40 juta orang yang melakukan operasi LASIK mata. Wow…

 


Bagaimana Proses Melakukan Operasi LASIK Mata?


Bagi teman-teman yang pingin melakukan operasi LASIK mata, ada 3 proses yang mesti dilewati, yaitu proses sebelum operasi, saat operasi, hingga sesudah operasi. Berikut ini beberapa hal yang teman-teman bisa persiapkan, sebelum ingin melakukan operasi LASIK.

 


Proses Sebelum Melakukan Operasi LASIK Mata


Kisaran 2 hingga 3 minggu sebelum melakukan operasi LASIK mata, nggak disarankan untuk menggunakan contact lens. Nah bagi teman-teman yang aktivitasnya harus menggunakan lensa kontak, jadi bisa dipertimbangkan ya. Misalnya meminta izin atasan untuk menggunakan kacamata pada sementara waktu.


Setelah melakukan operasi lasik, pasien nggak disarankan untuk melihat laptop maupun handphone dalam waktu yang lama. Jadi untuk teman-teman yang lagi banyak kerjaan - yang menggunakan laptop maupun handphone, bisa diatur juga waktunya.


Karena untuk ibu hamil enggak boleh, jadi alangkah baiknya untuk melakukan tes kehamilan dulu. Bukankah banyak para ibu maupun calon ibu, yang tau-tau lagi hamil. Jadi mesti dipastikan dulu yes.


Selebihnya tentu berdasarkan hasil konsultasi dengan rumah sakit maupun klinik yang teman-teman kunjungi.

 


Proses Melakukan Operasi LASIK Mata


Sebelum dilakukan proses inti, pasien akan dikasih obat yang bikin rileks. Ada juga obat tetes mata, biar matanya jadi mati rasa.


Abis itu dipasang penyangga kelopak mata, biar mata jadi nggak berkedip.


Trus dipasang juga alat khusus untuk mencegah biar mata nggak bergerak.


Baru deh dilakukan proses inti dari operasi LASIK. Yang pertama akan dibuat flap, atau selaput tipis untuk membuka lapisan luar kornea.


Selanjutnya ada proses laser lagi untuk membentuk kecembungan kornea, sesuai dengan kebutuhan pasiennya. Misalnya kalau matanya minus atau silinder, nantinya akan disesuaikan.


Udah selesai. Nanti flap-nya itu bakalan melekat dengan sendirinya. Nggak perlu dijahit segala. Udah gitu melekatnya juga dalam hitungan menit aja.

 


Berapa Lama Melakukan Operasi LASIK Mata?


Ternyata proses operasi LASIK itu terbilang sebentar. Kurang lebih cuma 30 menit.

 


Siapa Aja yang Boleh Melakukan Operasi LASIK Mata?


Hasil dari operasi LASIK yang bisa menjadikan penghilatan jadi membaik, bikin banyak orang jadi kepingin melakukannya. Cuma tetap nggak semua orang boleh melakukan operasi LASIK mata.

 


Berikut ini orang-orang yang nggak boleh melakukan operasi LASIK mata:

 

Berusia di Bawah 18 Tahun


Operasi LASIK boleh dilakukan saat pasien udah berusia 18 tahun. Jadi di usia dewasa awal ini, kondisi kornea itu udah terbilang stabil. Beda dengan saat masih remaja, masih ada perubahannya.

 


Lansia


Nggak boleh terlalu muda, tapi nggak boleh juga yang terlalu tua. Makanya alangkah baiknya, kalau keuangan dan waktunya cukup, ketika masih usia produktif cepat-cepatlah melakukan operasi lasik mata ini.

 


Ibu Hamil dan Menyusui


Kala masa kehamilan dan menyusui, kondisi mata juga bisa jadi nggak stabil. Jadi kalau ingin melakukan operasi lasik mata, bisa ditunggu sampe masa menyusui selesai.

 


Lagi Minum Obat-Obatan


Orang-orang yang melakukan operasi lasik harus dalam keadaan sehat. Jadi untuk pasien yang juga lagi ada dalam kondisi medis, di mana harus minum obat-obatan secara rutin, nah ini nggak diperkenankan. Moga segera disehatkan, biar bisa melakukan operasi LASIK.

 


Berapa Biaya Melakukan Operasi LASIK Mata?


Besarnya biaya yang mesti disiapkan saat ingin melakukan operasi LASIK, tentu pada tiap rumah sakit atau klinik mata, punya kebijakan yang berbeda-beda.


Tapi kalau yang saya lihat dari website KMN EyeCare, kurang lebih rinciannya kayak di bawah ini.

 


Estimasi Biaya untuk Operasi LASIK


1 mata : Rp. 14 juta


2 mata : Rp. 28 juta


Biaya pemeriksaan pra-operasi : +_ Rp. 7 juta


Total biaya jadinya +_ Rp. 35 juta yang udah termasuk biaya pemeriksaan awal serta administrasi.


Pada biaya operasi LASIK untuk kedua mata, biayanya belum termasuk konsultasi dokter yes.

 


Ini estimasi aja ya, karena yang namanya biaya kan terkadang ada kondisi tertentu yang bisa berubah. Lebih lengkapnya teman-teman bisa konsultasi langsung aja yes.

 


Oke, itu dia sharing saya tentang operasi LASIK. Moga bermanfaat untuk teman-teman. Makasih banyak ya udah mampir. 

1 comment:

  1. Aku udh cari tahu ttg ini mba. Pengen sih LASIK. Apalagi minus mataku udh tinggi juga. Memang mahal sih yaa, makanya nabung dulu. Tapi kdg kalo udh kekumpul, ntah kenapa godaan terbesarnya traveling lagi 😂😂😂..


    Makanya sampe Skr ga jadi2 lasik.

    Tapi jujur aku juga msh serem bayangin mata diutak Atik gitu hahahaha. Pernah nonton youtubenya Felicia pas dilasik, dan dia bilang sakitnya ttp ada, walo msh bearable. Tapi JD dag dig dug bayanginnya 🤣

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P