Resep Bakwan Kuah Lado – Bakwan Padang

Bakwan khas Minang merupakan bakwan sayur dengan bumbu yang berempah, serta gurih dari udang rebon juga. Disantapnya dengan kuah lado, alias kuah sambal merah yang rasanya perpaduan gurih pedas, serta sedikit manis dan asam segar pula. Mari simak cara membuatnya…


Apa kabar, teman-teman?


Kalau di kampung ini, kedai-kedai sarapan umumnya menjual ketupat sayur, dengan berbagai jenis gulai. Selain juga ada ketupat pical maupun lotek khas Minang. Sebelumnya saya udah pernah post tentang ragam ketupat sayur di Ranah Minang ini, yang teman-teman bisa mampir dalam artikel Ragam Ketupat Sayur Padang


Biasanya di kedai ketupat sayur, juga dilengkapi dengan berbagai macam gorengan. Yang paling familiar adalah sala lauak, berupa bola-bola dari olahan ikan teri. Teman-teman juga bisa menyimak cara memasaknya dalam artikel Resep Sala Lauak ya.


Selain sala lauak, juga ada bakwan. Hemm… awalnya saya juga mikir, ah cuma bakwan. Nggak usah deh, mending beli sala lauak aja, haha… Tapi setelah dicobain, wah… ternyata bakwan khas Minang ini punya rasa yang cukup unik.


Bakwan khas Minang merupakan bakwan sayur perpaduan kol dan wortel yang diiris halus. Yang membuatnya unik adalah rasanya yang berempah sekali. Bumbunya yang juga ditambahkan udang rebon, makin melengkapi rasa gurih yang unik dari bakwan padang ini. Bukan cuma masakan padang aja yes, yang bumbunya kuat rempah, tapi cemilannya pun, haha…


Selain di kedai ketupat, bakwan khas Minang ini juga suka dijual di kedai jajanan. Nah kalau di kedai jajanan, bakwannya disantap dengan kuah lado. Sambal balado merah yang digiling halus, kemudian dikasih air sedikit sampe mengental. Rasanya tuh perpaduan gurih pedas, kemudian ada asam segar dan sedikit manis juga.


Bakwan kuah lado juga suka dijadikan menu takjil berbuka puasa. Entah memasak sendiri, maupun dibeli di kedai pabukoan, atau kedai yang menjual jajanan berbuka puasa.


Yuk kita siapkan bahan-bahannya. Cara memasak bakwannya, saya nyimak di akun youtube favorit saya, yaitu Dapur Uni Et. Kemudian kuah ladonya saya nyimak di akun tiktoknya @bundakia_kitchen dengan takaran yang saya sesuaikan dengan selera saya.  

 


Cara membuat bakwan kuah lado, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


¼ kol ukuran sedang, iris halus

2 buah wortel ukuran sedang, iris halus

1 batang daun bawang, iris

1 batang seledri, iris

 

250 gram tepung terigu

50 gram tepung beras

2 sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

 

375 ml air atau 1,5 gelas kecil

Secukupnya minyak goreng

 


Bumbu giling:


5 siung bawang merah

1 siung bawang putih

¼ ruas jahe

½ ruas kunyit

 

½ sdt lada

1 sdt ketumbar

1 butir kemiri

1 sdt udang rebon

 


Bahan kuah lado, blender halus:


10 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 siung bawang merah

1 buah tomat sedang

1 sdt udang rebon

 


Tambahkan:


2 ruas jeruk nipis

¼ sdt garam

¼ sdt kaldu bubuk

 

½ sdt gula

125 ml air atau ½ gelas kecil

Secukupnya minyak goreng

 


Lalu ini ya cara memasak bakwan kuah lado:


Campurkan semua bahan, kemudian aduk merata.


Masukkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk. Kalau saya, takaran airnya pas segitu. Adonannya nanti agak kental ya.


Panaskan minyak, masukkan adonan sebanyak 2 sdm. Bakwannya ini biasanya memang kering garing gitu, tapi saya kurang suka. Doyannya bakwan gemoy yang lembut.


Goreng bakwan dengan api sedang, jangan lupa dibalik. Goreng sampe kuning keemasan yes.


Angkat dan tiriskan.


Selanjutnya kita masak kuah ladonya. Kurangin aja minyaknya, kemudian masukkin gilingan sambal, jeruk nipis, garam, kaldu bubuk, dan gula. Masak kurang lebih 10 menit, sampe warnanya agak oranye dan bau langunya hilang. Pake api sedang ya.


Kalau udah matang, masukkan air sedikit demi sedikit sampe kuah sambalnya terlihat mengental.


Masak dengan api pelan, kurang lebih 10 menit sampe rasanya udah menyatu.

 


Adonan bakwan ini mungkin bisa jadi sekitar 20 buah, dengan 1 mangkok sedang kuah lado. Adonannya bisa disimpan di kulkas, tapi jangan kelamaan yak. Karena pake kol, jadi cepat basi. 


Ini rekaman cara memasaknya ya...




Oke, itu dia resep bakwan kuah lado yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman juga ya, terutama penyuka gorengan. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P