Insto Dry Eyes untuk Solusi Mata Kering Bagi Food Blogger

Ranah digital memang memudahkan banyak orang untuk bekerja dari rumah. Bahkan lewat dunia dapur pun, seseorang bisa mendapat uang dengan menjadi food blogger maupun food vlogger. Cuma adakalanya, kita jadi bablas menatap layar handphone maupun laptop. Akibatnya mata pun perih, buram, kayak berpasir – akibat dari mata kering. Berikut ini solusi saya ketika menghadapi mata kering, yang salah satunya adalah menyiapkan Insto Dry Eyes.
 

Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes untuk solusi mata kering

Apa kabar, teman-teman?


Saya memang senang menulis. Mulai dari menulis fiksi yang akhirnya menjadi 4 teenlit, yang terjual di beberapa toko buku di seluruh Indonesia. Serta beberapa buku antologi, alias 1 buku yang ditulis dengan keroyokan.


Kala industri buku meredup, terutama genre fiksi, banyak teman-teman penulis yang akhirnya fokus menghidupkan blog. Oh ya, sejak menulis teenlit pun saya udah punya blog, tapi sekedar untuk menyimpan catatan hang out dan traveling aja, dikala belum ada ide untuk menulis teenlit selanjutnya.


Makin hari makin ramailah kerjasama brands dengan bloggers. Tentu blog saya harus makin aktif dan berkualitas baik, biar bisa dilirik oleh team brands maupun agency dan komunitas.


Awalnya blog ini masih ber-niche lifestyle. Apa aja saya tulis. Kemudian setelah membaca buku tentang ngeblog karya Mba Carra, ternyata yang lebih bagus itu kalau blog kita punya niche khusus.


Apa ya enaknya niche khusus untuk blog saya… Dikala galau tentang niche, hehe… Salah seorang teman yang hobi masak, bikin blog bertema makanan. Ahaaa… saya pun jadi terpikir. Saya kan juga senang memasak. Hasil masakan saya pun sering saya bagian di facebook. Kenapa saya nggak fokus aja bikin food blog juga.


Jadilah nitalanaf.com ini lebih banyak menulis tentang resep masakan, review jajanan, serta rekomendasi restoran dan sejenisnya. Selain itu juga tentang traveling diary dan tempat-tempat hang out yang saya kunjungi.


Seiring waktu berjalan, ketika tawaran kerjasama makin beragam, tema blog ini pun saya perluas, menjadi Food n Woman Blog by nitalanaf. Biar saya bisa menulis banyak hal, namun dalam 1 tema besar yaitu woman world.


Menjadi blogger yang menerima kerjasama dengan brands, tentu harus sepaket dengan monetize media sosial juga. Kalau dulu lebih ke instagram, sedangkan sekarang banyak pula yang sepaket dengan tiktok.


Sama dengan blog, awalnya instagram saya postingannya masih campur-campur. Seiring berjalan, saya fokus ke instafoodie aja. Berawal dari postingan foto, kemudian ramailah dunia reels.


Teman-teman food bloggers lainnya udah mulai membuat video masakan atau review jajanan serta restoran. Trend itu memang harus kami ikuti, biar blog dan media sosial kami tetap dilirik clients.


Banyak saya belajar dengan Mba Is HM Zwan, bagaimana Mba Is bisa bikin video masakan dan food video lainnya dengan cantik. Walau food video saya mungkin nggak secantik yang Mba Is buat, tapi yang penting moga bermanfaat ya untuk teman-teman pecinta masak, serta kuliner.


Well, kalau yang tadinya fokus menulis blog aja, sekarang kegiatan saya pun jadi bertambah dengan mengedit video. Menggunakan laptop dan handphone yang tanpa sadar, ternyata udah berjam-jam, tau-tau mata pun jadi perih dan kayak ada pasirnya gitu. Ditambah lagi pas mau posting nih, mata itu jadi buram. Pusing kan kalau mau nulis caption-nya jadi salah-salah.


Saya pun bilang saya adek, kenapa mata jadi buram dan kayak berpasir gitu ya? Lalu kata adek saya, itu berarti mata kering. Bentar nanti sekalian keluar, dibeliin obat tetes mata ya…

 


Apa itu Mata Kering?


Kalau yang saya baca dari web kesehatan, sindrom mata kering merupakan sebuah kondisi ketika mata kita nggak mendapatkan cukup pelumas dari air mata. Masya Allah ya, apapun yang Allah ciptakan memang semuanya berguna. Termasuk adanya air mata.


Selain bikin mata jadi nggak nyaman, kalau mata kering nggak diatasi, sindrom mata kering ini lama-lama juga bisa merusak lapisan bening di bola mata. Tentunya nanti bisa terjadi gangguan penglihatan. Olalaaa… serem juga ya.


Air mata terdiri dari air, garam, minyak, lendir, serta protein. Gunanya untuk melumasi dan bikin permukaan mata jadi tetap halus. Uww… ibarat skincare alami gitu kali ya, hehe…


Selain itu, air mata juga berfungsi untuk melindungi mata dari benda-benda asing yang masuk, serta kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Makanya kita kalo kelilipan, langsung keluar air mata. Ini malah bagus ternyata ya. Oh ya, air mata juga akan mengikuti permukaan mata, ketika kita berkedip.


Nah kalau pada mata kering, berarti produksi air mata lagi mengalami gangguan. Makanya mata pun nggak bisa terlumasi dengan baik. Tadi di atas kan udah saya tulis ya, kalau air mata itu punya beberapa komponen. Nah kalau salah 1 komponen itu nggak terproduksi atau kurang cukup, akan terjadi penguapan air mata. Ini yang bikin mata jadi kering.



Apa Aja Gejala Mata Kering?


Kalau yang alami adalah mata jadi pegal, buram, serta rasanya pun berpasir. Berikut ini beberapa gejala mata kering lainnya:

 


Mata merah

Mata terasa panas

Mata seperti berpasir

Mata berair karena iritasi

Mata jadi sensitif terkena sinar matahari

Mata jadi buram, tapi kembali membaik setelah berkedip

Terdapat lendir di dalam maupun sekitar mata, terutama saat bangun tidur

Mata jadi cepat lelah

 


Siapa Aja yang Sering Mengalami Mata Kering?


Sindrom mata kering ternyata paling banyak dialami oleh perempuan serta orang-orang yang lanjut usia. Wow, kita sebagai perempuan harus lebih aware berarti, saat bekerja di depan layar laptop maupun handphone.

 


Selain itu, sindrom mata kering juga biasa dialami oleh:


Lanjut usia

Wanita – terutama yang mengalami perubahan hormon karena kehamilan, pil KB, maupun menopause

Kondisi kesehatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Mengalami kerusakan kelenjar air mata

Kekurangan vitamin A

Memakai lensa kontak yang terlalu lama

Pernah mengalami operasi refraktif

 


Kegiatan Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Mata Kering?


Salah satu yang menyebabkan mata kering adalah karena mata jarang berkedip. Biasanya karena membaca, maupun menatap layar laptop dan handphone dalam waktu yang cukup lama. Makanya walau kegiatan kita memerlukan komputer maupun laptop seharian, harus diseling istirahatkan mata juga.

 


Selain itu berikut ini yang menjadi penyebab mata kering lainnya:


Blefaritis posterior

Mata jarang berkedip

Gangguan pada kelopak mata

Alergi pada mata

Cuaca kering maupun berangin

Polusi udara

Kekurangan vitamin A

 


Lalu Gimana Cara Mengatasi Mata Kering Dikala Bekerja?


Kala itu memang karena lagi menginap di rumah adek, jadi saya nggak membawa obat tetes mata. Selama ini saya kalau pake obat tetes mata, kalau mata lagi merah karena debu, atau kayaknya saya mau sakit mata.


Ternyata adek saya pun bilang, kalau obat tetes mata itu juga bisa untuk obat mata kering. Pas pulang, adek saya pun ngasih Insto – obat tetes mata yang selama ini selalu saya simpan. Mata saya memang rentan banget merah, kalau abis perjalanan jauh. Bahkan naik mobil pun yang nggak kena debu, mata saya bisa merah juga.


Obat mata kering
Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes – obat mata kering yang udah berizin BPOM. Cara menggunakannya cukup 2-3 tetes pada tiap mata. Gunakan 3-4 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter.


Nah kalau misalnya belum stabil juga, atau malah kondisinya makin memburuk, teman-teman bisa konsultasi lebih lanjut dengan dokter mata ya.

 


Perawatan Mata Biar Nggak Terkena Mata Kering


Mata yang sehat tentu akan memudahkan kita saat berkegiatan setiap harinya. Makanya mata pun perlu dijaga kesehatannya.

 


Berikut ini tips biar terhindar dari sindrom mata kering:


Atur waktu bekerja saat menggunakan laptop maupun handphone

Lindungi mata dari cuaca berangin, kering, berasap, maupun berdebu

Pakai kacamata kalau kondisi di luar rumah lagi nggak kondusif

Gunakan penyaring udara di dalam ruangan

Hindari dulu riasan pada mata

Tidak merokok

Bersihkan mata secara rutin dengan menggunakan kain bersih yang dibasuh dengan air hangat

Kurangi penggunaan lensa kontak

Konsumsi suplemen vitamin A

Konsumsi sumber asam lemak omega 3, kayak ikan tuna, sardine, atau salmon

Minum air putih yang cukup

Istirahat yang cukup

Gunakan obat tetes mata kala dibutuhkan

 


Oke, itu dia sharing saya tentang mata lelah, buram, dan berpasir yang sering saya alami, akibat mata kering. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak udah mampir.

 

3 comments:

  1. Aku dulu juga ga mengira sih aktif bikin konten video di Instagram, pemalu banget kalo harus bikin video, ga PD hiks. Tapi mau gimana lagi, tuntutan pekerjaan 😄
    Semangat Mbak Nita nulis blog & ngontennya.. Kita punya andalan yang sama saat mata kering apalagi pas ngonten, Insto Dry Eyes 😊

    ReplyDelete
  2. Disadari atau ga, terlalu lama mata menatap layar hp, laptop dan gadget lainnya ternyata bisa berdampak kurang baik bagi mata kita. Mata lelah, pedih, lama-lama kering deh. Produksi air mata dari kelenjar maat berkurang. Untung ada Instro Dry Eyes sebagai salah satu solusi terbaik dan cepat untuk mengatasinya. Harga terjangkau, mudah dibeli di pasaran :)

    ReplyDelete
  3. mata kering nggak enak banget, dibuat melek aja terasa kering
    kadang kalau obat mata tetes aku abis, aku kasih air biasa hahaha, sebagai pertolongan pertama dulu
    beruntung sekarang udah ada Insto khusus untuk mata kering, jadi bisa dibawa kemana-mana juga

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P