Kerupuk Jengkol Padang – Rekomendasi Oleh Oleh Khas Minang

Karupuak jariang alias kerupuk jengkol merupakan salah satu rekomendasi oleh oleh khas Minang, yang bisa teman-teman borong kala berlibur ke Sumatera Barat. Umumnya dijual masih mentah per-kilo. Tinggal digoreng, kemudian disantap dengan sambal balado merah. Mari simak cara menggorengnya biar nggak pahit, serta cara memasak sambal balado merah untuk olesan sambalnya.

 


Apa kabar, teman-teman?


Semasa tinggal di rumah almarhumah nenek di Jakarta dulu, kami memang nggak dibiasakan makan jengkol. Nenek memang nggak pernah masak. Jengkol di Jakarta itu kan baunya minta ampun ya, pemirsahhh… Kami yang pada sekolah, bekerja, berdagang, jangan sampe mulutnya pada bau jengkol, hahahah…


Sementara kalau jengkol padang itu nggak berbau menyengat. Biasanya nenek atau siapapun yang pulang kampung, akan puas-puasin makan jengkol, hahah… Kecuali saya, karena jarang pulang kampung, hehe…


Pas nenek balik ke Jakarta, atau ibu saya yang lagi liburan, salah satu oleh oleh yang dibawa adalah kerupuk jengkol mentah. Lalu tinggal digoreng hingga kuning keemasan. Trus makannya pake sambal balado merah. Bisa diaduk langsung di kuali, atau bisa juga diolesin pas mau makan aja.


Kalau kerupuk jengkol, kami boleh makan. Tapi tetap nggak boleh banyak-banyak, haha...

 


Kala itu, ibu saya dikasih kerupuk jengkol sama sepupunya. Cukup banyak juga, mungkin ada setengah kilo. Udah mau abis, saya baru inget belum bikin videonya. Kan sayang ya, apalagi kerupuk jengkol cukup mahal juga, haha…


Setelah saya post, beberapa teman pun bilang, baru lihat kalau ada kerupuk jengkol yang tipis begini. Pasti krispi banget ya…

 


Kerupuk Jengkol Padang – Si Krispi dari Ranah Minang



Kerupuk jengkol - kalau orang Minang bilangnya “karupuak jariang”. Karupuak merupakan kerupuk, lalu jariang itu sebutan untuk jengkol. Jengkol yang dijadikan olahan kerupuk jengkol adalah jengkol tua.

 

Jengkol yang udah dibelah dua, bisa direbus maupun digoreng. Kemudian satu persatu dipipihkan sampe tipis melebar. Tipisnya melebihi dendeng batokok pokoknya, hahahah… Eh ya kalau teman-teman mau masak dendeng batokok, bisa mampir dalam artikel Resep Dendeng Batokok ini ya.


Selanjutnya jengkol yang udah dipipihkan, dijemur dulu sampe kering. Baru deh dijual atau untuk dikonsumsi sendiri. Karena kerjanya yang mesti satu-satu banget, di sini pun orang-orang pada beli mentah aja di pasar.

 


Di Mana Bisa Membeli Kerupuk Jengkol Padang?


Kalau teman-teman lagi berlibur ke Ranah Minang, kerupuk jengkol mentah ini bisa dijumpai di pasar maupun toko oleh oleh. Kalau di pasar biasanya dijual minimal 1 kilo, tapi ada juga kok yang boleh beli setengah kilo.


Teman-teman lainnya yang pingin icip kerupuk jengkol khas Minang, juga bisa ngeborong di Shopee atau sejenisnya. Ada beberapa toko online di Sumatera Barat ini yang menjualnya kok.


Harga 1 kilonya kisaran 140 – 150 ribu. Memang terbilang mahal, namanya juga dari jengkol asli.

 


Cara Menggoreng Kerupuk Jengkol Padang



Kerupuk jengkol ini warnanya kuning keemasan hingga coklat muda. Setelah minyak panas, pelankan aja apinya, biar kerupuk yang kita masukkan nggak cepat menggelap.


Goreng bolak balik sebentar aja, jadi warnanya tetap kecoklatan muda. Jangan sampe coklat menggelap banget, karena nantinya bakalan pahit.


Goreng satu-satu aja, biar bisa dilebarkan dengan sutil. Kalau goreng kerupuk sekali banyak kan suka melengkung ya.


Setelah panasnya hilang, bisa disimpan di dalam toples biar tetap garing.

 


Cara Membuat Sambal Balado Merah untuk Sambal Kerupuk Jengkol



Sambal kerupuk jengkol ini sebenernya sama dengan sambal balado merah khas nasi padang. Cuma diuleknya sampe halus, biar nempel pas diolesin di atas kerupuknya. Cara memasak sambalnya bisa disimak di bawah ini ya…


 

Cara membuat sambal balado merah khas Minang, ini dia yang perlu disiapkan:


20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 buah bawang merah

2 ruas jeruk nipis atau 1 sdt cuka

 

½ sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

Secukupnya minyak goreng

 


Cara memasaknya, kita giling adonan sambalnya dulu ya. Campurkan cabe merah, cabe rawit merah, bawang merah, dan jeruk nipis. Kemudian giling sampe halus. Kalau susah, kasih air sedikit-sedikit aja biar lebih gampang halusnya.


Kalau udah, kita panaskan secukupnya minyak, kemudian masukkan gilingan sambal, garam, dan kaldu bubuk. Masak dengan api sedang hingga kurang lebih 10 menit. Hingga warna sambalnya itu merah agak oranye, serta bau langunya udah hilang.


Minyaknya jangan sedikit banget ya, nanti sambalnya kering. Bakalan susah nanti ngoles ke kerupuknya.


Kerupuk jengkol yang udah digoreng, bisa langsung diaduk dengan sambal, kalau untuk dimakan langsung. Kalau dimakan sedikit-sedikit, dioleskan saat mau makan aja, biar nggak cepat lembek.


Sambal balado merah ini, kalau nggak pake tomat, bisa awet sampe 2 hari tanpa dipanasin.


Oh ya, sambal balado ini akan lebih enak kalau digiling pake tangan. Tapi kalau teman-teman nggak terbiasa, gunakan chopper juga bisa.

 


Ini rekaman cara memasaknya ya…



 

Oke, itu dia cara memasak kerupuk jengkol balado padang yang saya buat. Mungkin bisa jadi rekomendasi cemilan, bagi teman-teman penyuka dunia per-kerupuk-an. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P