Resep Bumbu Nasi Goreng dan Mie Tek Tek

Memasak nasi goreng maupun mie goreng tek tek ala abang-abang gerobak keliling, bukan cuma tentang takaran bumbu yang pas. Mari simak tips lainnya, biar nasi goreng dan mie goreng tek tek yang kita buat, seenak buatan abang-abang gerobak keliling.

 


Apa kabar, teman-teman?


Jakarta memang menyuguhkan kuliner yang beragam banyaknya. Mulai dari restoran mewah hingga jualan ibu-ibu maupun abang-abang gerobak keliling. Salah satunya adalah nasi goreng dan mie goreng.


Ada yang menyebutkan nasgor tek tek, adapula yang bilangnya nasgor dok dok. Ya, tergantung macam mana kita mengartikan bunyi pukulannya ya, haha… Kalau bunyi tek tek, biasanya yang dipukul itu adalah kuali. Jadilah bunyinya tek tek tek… Kemudian kalau yang dipukul itu gentong air, bunyinya pun jadi dok dok dok…


Selepas Maghrib, biasanya abang-abang gerobakan udah mulai berkeliling. Kalau pas pulang malam, seringkali saya beli nasi goreng maupun mie goreng jualan abang-abang tersebut. Selain itu juga ada mie rebusnya.


Lalu ketika udah tinggal di kampung, tentunya saya kangen dengan segala jenis jajanan yang biasa saya beli di Jakarta. Begitupun dengan nasi goreng dan mie goreng tek tek. Bukan berarti di sini nggak ada yang jual, tapi untuk taste yang mirip, saya belum dapat, hehe…


Jadilah saya googling resep bumbu tek tek, yang mirip dengan jualannya abang-abang gerobak keliling. Kemudian terdamparlah saya di akun youtube-nya Chef Devina. Jadi takaran resep yang saya gunakan ini merupakan recook dari Chef Devina, tapi dengan sedikit pengubahan takaran sesuai selera saya,


Selesai hunting takaran resep, kemudian saya tonton lagi video ala abang-abang nasi goreng. Rasanya beliau pernah jualan nasi goreng, kemudian sekarang fokus jualan frozen bumbu nasi goreng. Sayangnya saya lupa nama akun youtube-nya, huhuhu… Nanti saya mau searching lagi deh.


Saya tetap pake takaran resepnya Chef Devina, tapi berikut ini tips memasak nasi goreng dan mie goreng tek tek, sesuai dengan yang disarankan oleh mas penjual bumbu nasi goreng.

 


Tips Memasak Nasi Goreng dan Mie Goreng Tek Tek


 

Jangan Langsung Gunakan Bumbu Setelah Diulek


Pada umumnya, begitu kita kepikiran mau masak nasi goreng, langsung ngulek bumbu, trus memasak. Nah ini yang bikin nasi goreng buatan kita, nggak sama dengan buatan abang-abang gerobak keliling.


Jadi bumbu yang kita ulek itu, disimpan dulu di dalam kulkas minimal 1 hari. Besoknya baru digunakan. Rasa semua bumbu ini akan blend, kemudian aroma bawang putihnya akan menguar. Ini yang bikin nasi goreng maupun mie goreng tek tek yang kita buat, jadi makin gurih dan wangi.


Makanya kita bikin bumbunya langsung banyak. Dulu waktu jualan, saya bikin bumbunya langsung untuk 10 porsi. Pada resep yang saya tulis di bawah, untuk 4 porsi ya.


Kalau teman-teman nantinya bikin dalam porsi banyak, bisa disimpan di freezer aja. Tentunya akan lebih awet penggunaannya.

 


Bumbunya Nggak Usah Dimasak Dulu


Memang ada penjual nasi goreng, yang bumbu dasarnya ini udah ditumis dulu. Biasanya untuk mempercepat proses memasak saat jualan. Nah kalau Mas yang saya tonton videonya, beliau menyetok bumbu mentah aja. Jadi rasanya pun akan lebih fresh ketika dimasak.

 


Dikasih Minyak Saat Menyimpannya


Bumbu dan segala kecap saus yang udah kita aduk, nantinya disiram minyak. Nggak usah banyak-banyak, yang penting sampe bumbunya terendam aja. Minyak ini juga yang bikin bumbu jadi makin awet.


Nanti saat memasaknya udah nggak perlu pake minyak lagi.

 


Gunakan Ulekan dan Wadah yang Kering


Saat mengulek bumbu, pastikan ulekannya kering ya. Kemudian kalau nguleknya rada seret gitu, kasih sedikit minyak aja, jangan air. Kemudian untuk menyimpannya, juga gunakan kotak yang kering dan tertutup rapat. Kalau masuk air nanti bumbunya jadi kurang awet.

 


Gunakan Sendok Kering Saat Mengambil


Saat mengambil untuk memasak nanti, gunakan sendok yang juga kering ya. Biar bumbunya nggak kena air juga.

 


Bumbu Tek Tek Ala Oriental vs Ala Jawa


Dari beberapa bumbu yang digunakan, ada 1 bumbu yang berpengaruh sekali untuk soal rasa, yaitu ebi vs terasi.


Kalau teman-teman menggunakan ebi, nanti nasi goreng maupun mie goreng tek teknya, taste-nya akan lebih oriental. Sementara kalau menggunakan terasi, taste-nya akan lebih ke nasgor atau miegor Jawa.

 


Oke, itu dia beberapa tips untuk menyiapkan bumbu nasi goreng dan mie goreng tek tek. Selanjutnya mari kita siapkan semua bumbunya.


 

Cara membuat bumbu nasi goreng dan mie goreng tek tek, ini dia yang perlu disiapkan:

 


Untuk 4 porsi


12 siung bawang merah

4 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sachet terasi atau 5 gram ebi

½ sdt lada

 

4 sdt kecap ikan

4 sdt saus tiram

2 sdt saus sambal

1 sdt garam

 

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt gula pasir

Secukupnya minyak goreng

 


Note:


Takaran bumbu ini memang belum pedas, karena mana tau untuk anak-anak.


Kalau untuk pedasnya, biasa saya tambahkan 12 buah cabe merah.

 

 

Lalu ini ya cara memasak bumbu nasi goeng dan mie goreng tek tek:


Giling bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi atau ebi, serta lada hingga halus. Ulekannya kering ya. Kalau rada seret saat menggilingnya, bisa tambahkan sedikit minyak, jangan air.


Letakkan bumbu giling ke sebuah piring, kemudian campurkan dengan kecap ikan, saus tiram, saus sambal, garam, kaldu bubuk, dan gula. Kemudian aduk merata.


Letakkan bumbu dalam wadah yang kering dan ada tutupnya.


Tuang minyak goreng sampe bumbunya terendam.


Kalau udah, ditutup rapat ya.


Simpan bumbu di dalam kulkas, sampe besoknya baru digunakan.


Bumbu ini bisa untuk 4 porsi. Saat mengambilnya, gunakan sendok yang kering ya.

 


Ini rekaman cara membuatnya ya…



 

Oke, itu dia resep bumbu nasi goreng dan mie goreng tek tek yang saya buat. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga. Makasih banyak ya udah mampir.

1 comment:

  1. Mbaaaa, tengkiuuuu resepnya 😍😍😍. Kebetulan Minggu ini aku ada menu mau masak Nasi goreng, tapi bumbunya mau pake bumbu dasar machelwie. Cumaaaa, aku pun bakal bikin bumbu dasar mba Nita ini.

    Jadi ntr bisa tahu beda rasanya 😄.

    Makasih juga buat tips2 nya. Dan aku jadi inget aku tuh kalo giling, pasti suka basah penggilingan. Krn kuatir debu dan lain2 😅. Ternyata hrs kering yaa.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P