Resep Sambalado Merah Masakan Padang

Sambalado merah merupakan sambal khas Minang yang dikukus atau direbus. Sambalado merah bisa disantap dengan rebusan daun singkong, timun, maupun lalapan lainnya. Bisa juga sebagai pelengkap lauk yang dimasak tanpa sambal. Salah satu rekomendasi masakan padang olahan sambal.

 


Apa kabar, teman-teman?


Kala itu saya memasak telur barendo – telur dadar nan krispi dengan bumbu khas Minang. Karena ini merupakan masakan yang enggak pedas, jadilah saya memasak sambal sebagai pelengkapnya. Bagi teman-teman yang pingin memasak telur barendo juga, bisa langsung mampir aja ya ke sini -) Resep Telur Barendo – Telur Dadar Padang Krispi


Karena udah pernah berbagi cerita memasak sambalado hijau, jadi kali ini sambalnya saya buat sambalado merah aja. Sambal dari olahan cabe merah dan tomat merah yang dikukus atau direbus, kemudian dicampurkan bawang merah yang mentah, serta bahan lainnya. Oh ya, bagi teman-teman yang pingin mampir ke postingan sambalado hijau, bisa mampir ke sini ya -) Resep Sambalado Hijau Anti Langu


Sambalado merah maupun hijau biasanya disajikan dengan rebusan daun singkong, serta lalapan lainnya. Bisa juga dengan telur rebus, maupun lauk yang dimasak tanpa sambal, kayak telur barendo gitu.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya…



Cara membuat sambalado merah masakan padang, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 siung bawang merah

1 buah tomat merah

 

2 ruas jeruk nipis atau 1 sdt cuka

½ sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

+_ 3 sdm minyak kelapa

 


Ini dia cara memasak sambalado merah khas Minang:


Didihkan secukupnya air, kemudian masukkan cabe merah, cabe rawit merah, serta tomat. Iyes, bawang merahnya nggak ikut direbus ya, nantinya mentah aja. Rebus sampe cabenya layu dan kulit tomatnya pecah. Bisa juga dikukus +_ 10 menit, atau ditumpangin di atas magic com pas masak nasi. Angkat dan tiriskan.


Getok kasar dulu bawang merahnya, karena mentah kan jadi masih keras. Kemudian campurkan cabe merah, cabe rawit merah, tomat, jeruk nipis, garam, dan kaldu bubuk. Giling hingga halus, maupun setengah halus. Mana yang menjadi selera teman-teman aja.


Biar makin enak, biasanya sambalado merah ini ditambahkan minyak kelapa. Kalau misalnya dituang langsung, rasa sambalnya akan lebih segar. Tapi kalau dipanaskan dulu minyaknya, rasa sambalnya akan lebih wangi. Jadi teman-teman cobain aja mana yang lebih disuka ya.


Sajikan sambalado merah dengan rebusan daun singkong, timun, serta lalapan lainnya yang teman-teman suka.

 


Sambalado merah yang saya masak ini menggunakan cabe padang yang rasanya udah pedas. Jadi nggak perlu ditambahkan cabe rawit merah lagi. Kalau di Jakarta dulu, cabe merahnya kurang pedas, makanya tiap kali masak selalu ditambahkan cabe rawit merah.


Ini dia video cara memasaknya…



 

Oke, itu dia resep sambalado merah masakan padang yang saya buat. Moga bermanfaat untuk teman-teman semua ya, terutama penyuka kuliner Minang, serta penyuka sambal. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P